Tak Cuma Wali Rakyat, Wali Kota Banjarmasin Juga Minta Mobdin Baru! Fakta Baru Pengeroyokan Wildan: Pelaku Habis Minum Gaduk, Tapi Tak Berani Lawan Korban Sendirian Tak Sempat Telan Sabu, Warga Amuntai Keburu Diringkus Satresnarkoba HSU Pemerintah Tetapkan 1,3 Juta Formasi CPNS 2021 Pandemi Covid-19, Wakil Rakyat Banjarmasin Malah Minta Mobil Baru

Putus Penularan Covid-19, Banjarbakula Serempak PSBB

- Apahabar.com Jumat, 8 Mei 2020 - 11:07 WIB

Putus Penularan Covid-19, Banjarbakula Serempak PSBB

Kawasan Objek Wisata Siring Banjarmasin menjadi sepi imbas pembatasan sosial berskala besar saat pandemi Covid-19. Foto-Humas Polda Kalsel for apahabar.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Kawasan Strategis Provinsi (KSP) Banjar Bakula bakal menyusul Banjarmasin melakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) guna memutus rantai penularan Covid-19 di Kalimantan Selatan. Tiga daerah tersebut adalah Banjarbaru, Kabupaten Banjar dan Barito Kuala.

“Terkait pengajuan PSBB sudah dikirim pada kemarin malam (6/5) dan sudah berproses ke Jakarta,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kalsel, HM Muslim dalam keterangan resminya, kemarin.

Oleh karena itu, saat ini pemerintah kabupaten/kota saat ini tengah menunggu hasil penilaian dari Kementerian Kesehatan RI terhadap usulan tersebut.

Seperti diketahui, Banjarmasin menjadi wilayah pertama yang menerapkan PSBB dan periode pertama telah berakhir.

“Semua sudah kita lakukan validasi terkait kelengkapan data. Tentu saja kita akan menunggu bagaimana proses penilaian oleh Kementerian Kesehatan,” ulang Muslim

Menyusulnya 3 daerah tersebut diharapkan dapat berjalan secara efektif dalam menekan angka penyebaran Covid-19. Pemprov Kalsel juga meminta Gugus Tugas kabupaten/kota untuk mempersiapkan diri dan menyosialisasikan aturan ini kepada masyarakat dari jauh-jauh hari.

“Kemudian menentukan target yang berkaitan dengan identifikasi terhadap kelompok-kelompok, baik kluster atau kontak yang lain,” lanjutnya.

Melalui target tersebut, Gugus Tugas akan lebih mudah melakukan pelacakan (tracking) dan pengujian (testing) pada kelompok-kelompok yang dimaksud.

Untuk informasi, Wali Kota Ibnu Sina secara resmi memperpanjang PSBB di Banjarmasin hingga 14 hari ke depan.

Keputusan ini didukung penuh oleh Gugus Tugas provinsi dengan catatan, Pemkot harus serius dalam mengevaluasi apa yang telah dilaksanakan dan rencana yang akan dilakukan selanjutnya.

“Kita akan mendukung segala keputusan. Ini akan menjadi bahan evaluasi secara bersama-sama baik Gugus Tugas kota maupun provinsi,” ujarnya.

Apabila berjalan lancar, maka PSBB ini diyakini dapat memutus rantai penularan. Termasuk mencegah terjadinya kluster-kluster baru yang memungkinkan atau berpotensi terjadi.

Reporter: Musnita Sari
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Silaturahmi dengan Media, Fraksi PKS DPRD Banjarmasin Minta Masukan
apahabar.com

Kalsel

49 Catar Akpol Polda Kalsel Jalani Tes Psikologi
Narkoba

Kalsel

Akibat Pandemi, Pengungkapan Kasus Narkoba Polres Tapin Turun
SPBU

Kalsel

Honda Mobilio Terbakar di SPBU HST, Polisi Telusuri Dugaan Kelalaian
apahabar.com

Kalsel

Jelang UNBK 2019, Ini yang Dikhawatirkan SMA Negeri 11 Banjarmasin
APAHABAR.COM

Kalsel

Kekeringan, Penanaman Padi di Sari Gadung Tertunda
apahabar.com

Kalsel

Razia Valentine, Berikut Nama Hotel yang Melanggar di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Laporan Money Politics Adhariani Kedaluwarsa, Ini Alasannya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com