Belasan Terduga Pelaku Prostitusi Online Diamankan Polres Banjarbaru, 6 Masih di Bawah Umur Jelang Iduladha, Kalsel Siapkan Belasan Ribu Hewan Kurban MK Tunda Sidang, H2D Tetap Pede Diskualifikasi BirinMU Prostitusi Online di Banjarmasin Seret Anak-Anak, Sudah Puluhan Remaja Terjaring! 8 Tuntutan Mahasiswa Kalsel Saat Aksi #SaveKPK Sampai ke Sekretariat Presiden

Ratusan Kilo Sabu Dimusnahkan, Paman Birin: Energy of South Borneo

- Apahabar.com Rabu, 20 Mei 2020 - 12:13 WIB

Ratusan Kilo Sabu Dimusnahkan, Paman Birin: Energy of South Borneo

Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Kalsel memusnahkan 243.394 gram atau 243 Kilogram sabu di sebuah tanah lapang samping kantor Samsat, Jalan Ahmad Yani Kilometer 21, Landasan Ulin, Banjarbaru, Rabu (20/5) pagi. Foto-apahabar.com/Nurul Mufidah

apahabar.com, BANJARBARU – Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Kalsel memusnahkan 243.394 gram atau 243 Kilogram sabu.

Pemusnahan digelar di sebuah tanah lapang samping kantor Samsat, Jalan Ahmad Yani Kilometer 21, Landasan Ulin, Banjarbaru, Rabu (20/5) pagi.

“Luar biasa, Polda Kalsel. Energy of South Borneo melalui Polda Kalsel mengungkap ini. Ini harus kita bantu sama sama, ini bukan Paman Birin yang membantu tapi masyarakat Kalsel yang membantu dan menyelamatkan,” ujar Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor sebelum pemusnahan secara simbolis.

Gubernur yang akrab disapa Paman itu memberikan apresiasi terhadap Polda Kalsel atas temuan terbesarnya.

Yang mana diakuinya, 200 kilogram lebih temuan narkoba tersebut terbesar di luar Pulau Jawa.

“Kita berharap barang saja yang masih beraksi di lapangan bisa diungkap (pelaku). Dan lebih penting sebenarnya masyarakat kita menyadari dan menjauhi narkoba, karena dampaknya luar biasa bagi bangsa, bukan orang perorangan,” jelasnya.

Oleh karenanya, pada momen ini Paman Birin mengapresiasi besar kinerja Polda Kalsel.

“Karena di luar pulau Jawa ini yang terbesar. Kita tajam dan benar benar membuahkan hasil. Terima kasih juga kepada masyarakat yang sudah menyadari bahwa dampak yang ditimbulkannya luar biasa,” ujarnya.

Kapolda Kalsel, Irjen Pol Nico Afinta menambahkan kesuksesan di balik penangkapan besar ini tidak lepas dari sinergitas tim.

“Pertama saya ucapkan terima kasih kepada seluruh anggota, stakeholders atas keberhasilan ini. Ini keberhasilan bersama, kita akan meningkatkan sinergitas guna menghadapi dan memberantas narkoba di masa yang akan datang, berantas narkoba sampai ke akar-akarnya,” tambahnya.

Ratusan kilogram narkoba sitaan dari jaringan internasional dan lokal dimusnahkan Ditresnarkoba Polda Kalsel di Banjarbaru, Rabu (20/5) pagi. Tampak enam tersangka ikut menyaksikan.

Enam orang tersangka terdiri dari tiga kasus jaringan internasional Malaysia-Kaltara-Kaltim-Kalsel dan 3 tersangka jaringan lokal.

Adapun barang haram yang dimusnahkan terdiri dari sabu dengan berat kotor 243.394,75 gram (berat bersih 237.335,4 gram), lalu Xtc atau ekstasi 54.932 butir, dan serbuk Xtc 237,32 gram (berat bersih 220,76 gram).

Untuk kepentingan penyidikan uji laboratorium sebanyak sabu 4,38 gram, Xtc 4,5 butir, dan serbuk Xtc 1,72 gram disisihkan.

Lalu, yang disisihkan untuk kepentingan penyidikan atau pembuktian, yakni sabu 4,1 gram, Xtc 15 butir, dan serbuk Xtc 0,60 gram

Sebelum dimusnahkan seluruhnya menggunakan mobil mixer, terlebih dahulu 6 kilogram sabu dimusnahkan secara simbolis oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

Sementara sisanya barulah sabu sebanyak 231.354,5 gram/ 231 kilogram dengan Xtc 54.899 butir, dan serbuk Xtc 218,4 gram akan dimusnahkan dengan mobil mixer. Adapun barang bukti (barbuk) dimusnahkan dengan cara dicampur dengan ditergen.

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Program Perumahan Nelayan Tanbu, Arkani: Layak Jadi Percontohan di Tala
apahabar.com

Kalsel

Kafilah MTQ Tingkat Provinsi Bakal Disuguhi Keindahan Pesisir Pulau Laut
apahabar.com

Kalsel

Icha dan Ozan Juara di SMAMUDA Competition Season 5
apahabar.com

Kalsel

Ketika Pos Pam Terpadu Polres Banjar Menjadi Posko Kesehatan Dadakan
apahabar.com

Kalsel

Duel Maut di Hotel Banjarmasin Internasional, Satu Tewas Ditikam Belati
apahabar.com

Kalsel

Letkol Arm Siswo Budiarto: Jangan Paksa Buka Pesantren
apahabar.com

Kalsel

ULM Tambah Guru Besar, Pertama di Fakultas Kedokteran Gigi
apahabar.com

Kalsel

Horee, ULM Buka Jalur Khusus untuk Anak Dayak Meratus
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com