Cerita Sukses Trader Forex Banjarmasin, Modal Rp 15 Juta Berangkatkan Umrah Keluarga 3 Jam Hujan Deras, Ratusan Rumah Warga Desa Miawa Tapin Kebanjiran Kisah Pilu Istri Korban Disambar Buaya di Kotabaru, Harus Rawat 4 Anak, 1 di Antaranya Berusia 6 Bulan Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah Produksi Migas Kalimantan-Sulawesi Lampaui Target, Kok Bisa?

Ratusan Pedagang Pasar Ahad Kertak Hanyar Di-Rapid Tes, 16 Reaktif

- Apahabar.com Rabu, 20 Mei 2020 - 18:04 WIB

Ratusan Pedagang Pasar Ahad Kertak Hanyar Di-Rapid Tes, 16 Reaktif

Rapid tes massal di Pasar Ahad Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, Rabu (20/5). Foto-Puskesmas Kertak Hanyar for apahabar.com.

apahabar.com, MARTAPURA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banjar melaksanakan rapid tes kepada ratusan pedagang di Pasar Ahad, Kertak Hanyar, Rabu (20/5).

Dilakukannya rapid tes secara massal ini mengingat kasus Covid-19 di Kabupaten Banjar didominasi dari warga di Kecamatan Kertak Hanyar.

Hasilnya, dari sebanyak 231 orang yang di-rapid tes, ada 16 orang yang reaktif. Hal ini diungkapkan Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Banjar.

“Ada 231 orang yang di-rapid tes.  Alhamdulillah cuma 16 orang yang reaktif, dan langsung di-swab di tempat bagi yang reaktif,” kata dr Diauddin, Jubir GTPP Covid-19 Banjar.

Dokter Dia, sapaan akrabnya, menuturkan, rapid tes di Pasar Ahad mengutamakan para pedagang. Kendati demikian, sebagian kecil juga ada pengunjung yang ikut rapid tes.

Lebih lanjut Dokter Dia menjelaskan, rapid tes kali ini mengambil serum darah tidak dari ujung jari, tetapi dari lengan yang biasanya untuk mendonor darah.

Hal ini dilakukan karena darah yang diambil hasilnya lebih sensitif atau lebih akurat dibandingnkan dengan mengambil darah di ujung jari.

“Tadi juga menurunkan tim swab, jadi apabila ada yang reaktif maka langsung di-swab. Jadi tanpa perlu lagi ke Labkesda,” imbuh Kepala Dinkes Banjar ini.

Memang, di Kertak Hanyar kasus penyebaran virus Corona begitu tinggi dibandingkan kecamatan lainnya. Ini erat kaitanya Kertak Hanyar yang berbatasan langsung dengan Kota Banjarmasin, yang penyebarannya sudah secara transmisi lokal.

Reporter: Hendra Lianor
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Banjarmasin Mulai Ditinggal Mudik
apahabar.com

Kalsel

Tahun Ini PDIP Tanbu Kurban 12 Ekor Sapi
apahabar.com

Kalsel

Perbaikan Pasar Wangkang Marabahan Realistis Dilakukan Mulai 2021
apahabar.com

Kalsel

Edo TS, Gamer Tangan Satu dari Batola yang Dibantu Youtuber Elit dan Aktor Sinetron
Kakek Basri

Kalsel

Viral Pengeroyokan Kakek di Banjarbaru, ‘Macan’ Kalsel Turun Tangan
apahabar.com

Kalsel

Uniknya Arsitektur Masjid Lancip Amuntai, Peneliti Luar Negeri Pun Tertarik Mempelajari 
apahabar.com

Kalsel

Viral Pria Melawan Saat Ditilang, Polisi Tanbu: Entah Kerasukan Apa
apahabar.com

Kalsel

Lintas Sektoral di Sungai Durian, Bahas Kesehatan Hingga Tangkal Radikalisme
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com