Kalsel Tidak Izinkan Tenaga Kerja Asing Masuk Berhasil ke Antariksa, Miliarder Dunia Jeff Bezos Disebut Titisan Alien Demang Lehman Sosok Panglima Perang Banjar, Penelusuran Misteri Kematian dan Makamnya Hari Ini, Belasan Pasien Covid-19 Tanah Bumbu Sembuh! Khawatir Ada Korban, Warga Kotabaru Ramai-Ramai Tangkap Buaya Liar

Ratusan Pedagang Pasar Ahad Kertak Hanyar Di-Rapid Tes, 16 Reaktif

- Apahabar.com     Rabu, 20 Mei 2020 - 18:04 WITA

Ratusan Pedagang Pasar Ahad Kertak Hanyar Di-Rapid Tes, 16 Reaktif

Rapid tes massal di Pasar Ahad Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, Rabu (20/5). Foto-Puskesmas Kertak Hanyar for apahabar.com.

apahabar.com, MARTAPURA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banjar melaksanakan rapid tes kepada ratusan pedagang di Pasar Ahad, Kertak Hanyar, Rabu (20/5).

Dilakukannya rapid tes secara massal ini mengingat kasus Covid-19 di Kabupaten Banjar didominasi dari warga di Kecamatan Kertak Hanyar.

Hasilnya, dari sebanyak 231 orang yang di-rapid tes, ada 16 orang yang reaktif. Hal ini diungkapkan Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Banjar.

“Ada 231 orang yang di-rapid tes.  Alhamdulillah cuma 16 orang yang reaktif, dan langsung di-swab di tempat bagi yang reaktif,” kata dr Diauddin, Jubir GTPP Covid-19 Banjar.

Dokter Dia, sapaan akrabnya, menuturkan, rapid tes di Pasar Ahad mengutamakan para pedagang. Kendati demikian, sebagian kecil juga ada pengunjung yang ikut rapid tes.

Lebih lanjut Dokter Dia menjelaskan, rapid tes kali ini mengambil serum darah tidak dari ujung jari, tetapi dari lengan yang biasanya untuk mendonor darah.

Hal ini dilakukan karena darah yang diambil hasilnya lebih sensitif atau lebih akurat dibandingnkan dengan mengambil darah di ujung jari.

“Tadi juga menurunkan tim swab, jadi apabila ada yang reaktif maka langsung di-swab. Jadi tanpa perlu lagi ke Labkesda,” imbuh Kepala Dinkes Banjar ini.

Memang, di Kertak Hanyar kasus penyebaran virus Corona begitu tinggi dibandingkan kecamatan lainnya. Ini erat kaitanya Kertak Hanyar yang berbatasan langsung dengan Kota Banjarmasin, yang penyebarannya sudah secara transmisi lokal.

Reporter: Hendra Lianor
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

PSBB Banjarbaru Hari Pertama: Di Km 18, Pengendara Masih Leluasa Masuk
Zawawi

Kalsel

Eks Wali Kota Banjarbaru Zawawi M Aini Berpulang
apahabar.com

Kalsel

Satu-satunya di Kalsel, SMK Ini Mampu Buat Alat Pengolahan Limbah

Kalsel

PSU Pilgub Kalsel, Cagub Denny Indrayana Pantau Dua TPS di Martapura
Remaja Putri Tapin

Kalsel

Sempat Hilang, Remaja Putri di Binuang Tapin Ditemukan Tewas di Irigasi
Bawaslu

Kalsel

Jelang Masa Tenang, Bawaslu Kalsel Minta Paslon Copot APK
apahabar.com

Kalsel

Tekan Hipertensi, Ini Langkah Pemkab Banjar
Tanah Longsor

Kalsel

Tanah Longsor di Mataraman Banjar, 1 Rumah Ambruk
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com