Ibadah Ramadan di Banjarbaru Diperbolehkan dengan Prokes, Petasan Jangan! Bawaslu Kalsel Tanggapi Santai Aduan Denny Indrayana ke Pusat Kronologi Lengkap Penemuan Jasad Tak Utuh di Gang Jemaah II Banjarmasin Mudik Dilarang, Terminal Pal 6 Banjarmasin Tutup Rute Antarkabupaten-kota Mudik Ramadan Dilarang, Pertamina Kalimantan Tambah 3 Persen Pasokan Gas

Ratusan Positif Covid-19, Pemprov Kalsel Masifkan Karantina Khusus

- Apahabar.com Selasa, 5 Mei 2020 - 20:43 WIB

Ratusan Positif Covid-19, Pemprov Kalsel Masifkan Karantina Khusus

Ilustrasi Covid-19. Foto-Shutterstock

apahabar.com, BANJARMASIN – Hasil tracking petugas surveilans terus menunjukkan peningkatan jumlah kasus positif penularan Covid-19 di Kalimantan Selatan.

Dari total 219 kasus, 35 orang masih dalam perawatan di rumah sakit dan 140 kasus lainnya melakukan isolasi mandiri atau karantina secara khusus. “Secara bertahap dipindahkan ke tempat karantina khusus provinsi Kalsel,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kalsel, HM Muslim, Selasa (5/5) sore.

Sebanyak 53 orang sudah ditempatkan dalam karantina khusus provinsi Kalsel, sedangkan sisanya dalam isolasi mandiri di masing-masing kabupaten/kota.

Secara rinci 53 orang yang menjalani karantina khusus tersebut terdiri dari 32,69 persen atau 17 orang dari Banjarbaru, 30,18 persen dari Tanah Bumbu, 16,98 persen dari Banjarmasin, 13,20 persen dari Tapin, 5,66 persen dari Batola, dan 1,88 persen dari Banjar.

“Tentu ini akan bertambah lagi seiring dengan proses pemindahan ke tempat karantina khusus yang ada di provinsi,” lanjut dia.

Salah satu lokasi yang difungsikan sebagai karantina khusus adalah Ambulung di Banjarbaru. Gedung ini dimanfaatkan untuk menampung pasien yang terkonfirmasi positif namun tidak memiliki gejala ataupun hanya gejala yang ringan. Serta tidak memiliki komorbid (penyakit penyerta) atau bukan berisiko tinggi.

“Sementara kriteria-kriteria lainnya tetap dirawat di rumah sakit yang ada di daerah maupun rumah sakit rujukan yang telah ditetapkan kementerian maupun gubernur Kalsel,” tutur Muslim.

Sementara itu, dari data perkembangan Gugus Tugas Covid-19 Kalsel hari ini didapati 20 kasus baru penularan. 3 kasus berasal dari pasien dalam pengawasan (PDP) yang dinyatakan positif dan 17 lainnya merupakan hasil tracing dan melakukan karantina khusus, yaitu 1 kasus dari Batola, 1 kasus dari Tapin, 8 kasus dari Tanah Bumbu dan 7 kasus dari Banjarmasin.

“Ada 3 PDP yaitu 2 dari RS Idaman asal Kab Banjar dan 1 dari RS Ratu Zalecha asal Kab Banjar. 17 yang terkonfirmasi positif saat ini dilakukan karantina khusus,” bebernya

Untuk diketahui, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) hari ini mencapai 1.215 orang. Juga dilaporkan sebanyak 38 pasien dalam pengawasan (PDP) yang menjalani perawatan.

Selain itu, 1 pasien positif asal Tanah Laut dinyatakan sembuh, sehingga terdata sebanyak 32 kasus yang berhasil pulih dari wabah ini. Sedangkan kasus kematian masih bertahan di angka 12.

Reporter: Musnita Sari
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

HUT Bhayangkara ke-74, Batalyon A Pelopor Batulicin Berbagi Sembako
apahabar.com

Kalsel

Stand Dekrenasda Tapin Bawa 15 Motif Unggulan di BSF 2020
kakek

Kalsel

Warga Kuin Selatan Banjarmasin Geger Mayat Kakek Renta

Kalsel

Sidak Lapas Banjarbaru, Kemenkumham Kalsel Temukan Pisau Kecil hingga Catatan Togel

Kalsel

Satgas Normalisasi Sungai Sudah Bongkar 10 JBG di Jalan A Yani Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Inilah Nanang dan Galuh Balangan 2019
apahabar.com

Kalsel

PMI Banjar Siagakan Personel Waspadai Karhutla Meluas
Terpantau Sejumlah Wilayah Cerah Berawan Siang Ini

Kalsel

Terpantau Sejumlah Wilayah Cerah Berawan Siang Ini
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com