Sederet Prestasi Niha, Hafizah Cilik Kotabaru dari MTQ Tingkat Kabupaten hingga Provinsi Polisi Anulir Pernyataan Status Tersangka Dua Mahasiswa Kalsel 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Paula Verhoeven Hamil, Kiano Bakal Punya Adik, Baim Wong Ingin Mak Beti Ucapkan Selamat ke Sang Istri Hasil Liga Champions, Tanpa Ronaldo Juventus Ditekuk Barcelona, Messi Cetak Gol, Skor Akhir 2-0

Salat Ied Massal Saat Pandemi, Wapres: Tidak Sesuai Prinsip Islam

- Apahabar.com Sabtu, 23 Mei 2020 - 05:15 WIB

Salat Ied Massal Saat Pandemi, Wapres: Tidak Sesuai Prinsip Islam

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. sumber: net

apahabar.com, JAKARTA – Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin menyoroti pelaksanaan ibadah salat Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19. Menurutnya, kondisi sekarang tidak memungkinkan untuk dilakukan dengan banyak orang.

“Tahun ini kita masih dalam suasana mudharat. Andai kata kita memaksakan untuk mengadakan (salat Idul Fitri) di masjid atau di lapangan, kemudian terjadi penularan, itu berarti tidak sesuai dengan prinsip ajaran agama,” kata Kiai Ma’ruf dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (22/5).

Kiai Ma’ruf, yang juga Ketua Umum non-aktif Majelis Ulama Indonesia (MUI) menegaskan, Islam mengajarkan umatnya untuk membangun maslahat atau yang mendatangkan kebaikan.

Oleh karena itu, sambung Kiai Ma’ruf, jika ada umat Islam yang memaksakan diri untuk menyelenggarakan dan menghadiri ibadah salat Idul Fitri secara berjamaah, maka itu sama dengan memperbesar bahaya bagi masyarakat secara keseluruhan.

“Agama Islam mengajarkan untuk senantiasa memperbesar kemaslahatan, ta’dzimul al-mashalih; karena itu di dalam menjalankan ajaran agama, kita senantiasa menyesuaikan dengan keadaan tahun ini. Dan Hari Raya tahun ini, kita masih dalam suasana kedaruratan, kebahayaan,” katanya.

Seruan untuk melakukan ibadah salat Idul Fitri di rumah gencar disampaikan pemerintah dan juga ulama dari berbagai organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam, seperti Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU).

Sumber: republika
Editor: Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Respon Penusukan Syekh Ali Jaber, Habib Ali: Resiko Dakwah
apahabar.com

Hikmah

Begini Tanggapan Sayidina Umar RA Ketika Ditanya Penyebab Hancurnya Suatu Daerah
apahabar.com

Habar

Ied Adha Tanpa Sebaran Covid-19, Patuhi Protokol Kesehatan
apahabar.com

Habar

Hari Ini, Masjid Nabawi Dibuka untuk Umum
apahabar.com

Habar

Kiai Ma’ruf Hadiri Pengajian Guru Bakhiet

Habar

Masjid di Jalur Gaza Kembali Dibuka
Jelang Haul Sekumpul ke 15; Dapur Mulai Sibuk

Habar

Jelang Haul Sekumpul ke 15; Dapur Mulai Sibuk
apahabar.com

Habar

Ada Banyak Ulama yang Dihauli di Syawal, Berikut Daftarnya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com