Kadesnya Dijebloskan ke Bui, Plh Bupati Kotabaru Buka Suara Breaking! Heboh Mobil Terbakar di Tapin, 1 Warga Jadi Korban Masih Ada 122 Ribu Rumah di Kalteng Tak Layak Huni Dituding Gelembungkan Suara, Komisioner KPU Banjar Belum Berniat Polisikan Saksi Pencuri Mobil di Balikpapan Tak Ditahan Polisi, Kok Bisa?

Salat Ied Massal Saat Pandemi, Wapres: Tidak Sesuai Prinsip Islam

- Apahabar.com Sabtu, 23 Mei 2020 - 05:15 WIB

Salat Ied Massal Saat Pandemi, Wapres: Tidak Sesuai Prinsip Islam

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. sumber: net

apahabar.com, JAKARTA – Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin menyoroti pelaksanaan ibadah salat Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19. Menurutnya, kondisi sekarang tidak memungkinkan untuk dilakukan dengan banyak orang.

“Tahun ini kita masih dalam suasana mudharat. Andai kata kita memaksakan untuk mengadakan (salat Idul Fitri) di masjid atau di lapangan, kemudian terjadi penularan, itu berarti tidak sesuai dengan prinsip ajaran agama,” kata Kiai Ma’ruf dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (22/5).

Kiai Ma’ruf, yang juga Ketua Umum non-aktif Majelis Ulama Indonesia (MUI) menegaskan, Islam mengajarkan umatnya untuk membangun maslahat atau yang mendatangkan kebaikan.

Oleh karena itu, sambung Kiai Ma’ruf, jika ada umat Islam yang memaksakan diri untuk menyelenggarakan dan menghadiri ibadah salat Idul Fitri secara berjamaah, maka itu sama dengan memperbesar bahaya bagi masyarakat secara keseluruhan.

“Agama Islam mengajarkan untuk senantiasa memperbesar kemaslahatan, ta’dzimul al-mashalih; karena itu di dalam menjalankan ajaran agama, kita senantiasa menyesuaikan dengan keadaan tahun ini. Dan Hari Raya tahun ini, kita masih dalam suasana kedaruratan, kebahayaan,” katanya.

Seruan untuk melakukan ibadah salat Idul Fitri di rumah gencar disampaikan pemerintah dan juga ulama dari berbagai organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam, seperti Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU).

Sumber: republika
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Religi

Ustadz Riza Rahman: Dajjal 40 Hari Kuasai Dunia di Akhir Zaman, Bisa Perlihatkan Surga dan Neraka
apahabar.com

Habar

GP Al Washliyah Banjarmasin Mengutuk Keras Penusukan Syekh Ali Jaber
apahabar.com

Habar

Arab Saudi Pasang Kamera Termal, Siap Pantau Jemaah Umrah
apahabar.com

Religi

Tidur Siang Dianjurkan Rasulullah, Ada Keutamaannya
apahabar.com

Habar

TGB: Aku Ingin Masuk ke Sana (Sekumpul) dalam Keadaan Suci
apahabar.com

Habar

Haul Guru Sekumpul ke 15 Akan Digelar Layaknya di Makkah
apahabar.com

Habar

Siap Dipamerkan, Pemilik Artefak Rasulullah Datang Langsung ke Martapura
apahabar.com

Habar

8 Minuman Menyegarkan Sekaligus Menyehatkan Saat Berbuka
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com