Malu-maluin! Pemuda di Kotabaru Jambret Wanita demi Komix Terungkap, Korban Tewas Kecelakaan di Tapin Warga Wildan Banjarmasin INALILAHI Hujan Lebat, Pengendara Vario di Tapin Tewas 7 POPULER KALSEL: Ibu Bunuh Anak di Benawa HST hingga Ketua Nasdem Tala Buron Banjir Masih Merendam Rumah Warga, Dinsos Tabalong Bagikan Sembako

Sektor Ekonomi Melemah, HSS Diminta Lebih Mandiri

- Apahabar.com Sabtu, 30 Mei 2020 - 18:18 WIB

Sektor Ekonomi Melemah, HSS Diminta Lebih Mandiri

Pemkab HSS melakukan Exit Briefing melalui Video Conference bersama Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Kalimantan Selatan. Foto-Istimewa

apahabar.com, KANDANGAN – Kondisi ekonomi Indonesia sedang melemah karena dampak Covid-19 yang belum juga usai.

Kepala BPK Perwakilan Kalsel, Tornanda, menyarankan Pemkab Hulu Sungai Selatan (HSS) untuk memulai kemandirian fiskal dengan mencari keunggulan daerah guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dia mengatakan nyaris semua pemerintah daerah sudah tidak bisa mengandalkan pemasukan dari bagi hasil penerimaan negara.

“Apalagi saat ini ekonomi kita melemah, sehingga penerimaan negara seperti pajak sangat tajam sekali penurunannya. Dan ini tentunya juga ikut memengaruhi bagi hasil yang disampaikan ke daerah,” jelasnya dalam Exit Briefing melalui Video Conference bersama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kalimantan Selatan.

Sementara Bupati Achmad Fikry menyampaikan bahwa dirinya bersama jajarannya sudah mengevaluasi semua Perda terkait dengan PAD.

“Ternyata Peraturan Daerah tersebut sudah banyak dari tahun-tahun yang lama semua, sehingga ini berpotensi untuk bisa dilakukan perbaikan dan penyempurnaan sesuai dengan keadaan yang sekarang ini,” terangnya

Di lain pihak Fikry menjelaskan sebagai solusi penanganan Covid-19, Pemkab HSS justru melakukan kebijakan yang mengurangi penerimaan pendapatan.

“Pungutan dan retribusi pedagang kaki lima kita bebaskan, tarif sewa toko juga kita turunkan sementara ini, untuk membantu agar roda perekonomian rakyat di HSS tetap bisa berjalan,” tutupnya.

Editor: Puja Mandela

Editor: Reporter: Muhammad Fauzi Fadilah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

HSS

Peraih Nilai USBN dan UNBK Tertinggi Dapat Bonus
apahabar.com

HSS

MTQ ke-47 HSS Resmi Digelar
apahabar.com

HSS

Warga Desa Hamayung Panen Padi, Paman Birin Serahkan Traktor
apahabar.com

HSS

Izinkan Belajar Tatap Muka, Disdik HSS: Hanya untuk Pelajaran tertentu ‎
apahabar.com

HSS

Sambut Idul Fitri, HSS Gelar Festival Tanglong
apahabar.com

HSS

Program Baru HSS, Pejabat Asuh Lansia
apahabar.com

HSS

Maklumat Keluar, Pelaku Setrum Ikan di HSS Diancam 5 Tahun Penjara atau Denda Rp 2 Miliar
apahabar.com

HSS

Resmikan Musda Perhiptani, Wabup HSS Minta Eksistensi Pengurus
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com