Keren, RSD Idaman Banjarbaru Ditetapkan Sebagai RS Unggulan Pelayanan KB Simakalama Pembelajaran Tatap Muka OTT Amuntai, Giliran Orang Dekat Bupati HSU Diperiksa KPK KPK Tangkap Tangan Maliki, Bupati HSU Tunjuk Plt Kadis PUPRP Baru PLN Suplai Listrik untuk Kawasan Food Estate Kalteng

Sektor Ekonomi Melemah, HSS Diminta Lebih Mandiri

- Apahabar.com     Sabtu, 30 Mei 2020 - 18:18 WITA

Sektor Ekonomi Melemah, HSS Diminta Lebih Mandiri

Pemkab HSS melakukan Exit Briefing melalui Video Conference bersama Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Kalimantan Selatan. Foto-Istimewa

apahabar.com, KANDANGAN – Kondisi ekonomi Indonesia sedang melemah karena dampak Covid-19 yang belum juga usai.

Kepala BPK Perwakilan Kalsel, Tornanda, menyarankan Pemkab Hulu Sungai Selatan (HSS) untuk memulai kemandirian fiskal dengan mencari keunggulan daerah guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dia mengatakan nyaris semua pemerintah daerah sudah tidak bisa mengandalkan pemasukan dari bagi hasil penerimaan negara.

“Apalagi saat ini ekonomi kita melemah, sehingga penerimaan negara seperti pajak sangat tajam sekali penurunannya. Dan ini tentunya juga ikut memengaruhi bagi hasil yang disampaikan ke daerah,” jelasnya dalam Exit Briefing melalui Video Conference bersama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kalimantan Selatan.

Sementara Bupati Achmad Fikry menyampaikan bahwa dirinya bersama jajarannya sudah mengevaluasi semua Perda terkait dengan PAD.

“Ternyata Peraturan Daerah tersebut sudah banyak dari tahun-tahun yang lama semua, sehingga ini berpotensi untuk bisa dilakukan perbaikan dan penyempurnaan sesuai dengan keadaan yang sekarang ini,” terangnya

Di lain pihak Fikry menjelaskan sebagai solusi penanganan Covid-19, Pemkab HSS justru melakukan kebijakan yang mengurangi penerimaan pendapatan.

“Pungutan dan retribusi pedagang kaki lima kita bebaskan, tarif sewa toko juga kita turunkan sementara ini, untuk membantu agar roda perekonomian rakyat di HSS tetap bisa berjalan,” tutupnya.

Editor: Puja Mandela

Editor: Reporter: Muhammad Fauzi Fadilah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

HSS

Berharap Berkah Haul Abah Guru Sekumpul di Sungai Raya
apahabar.com

HSS

HSS Jadi Tuan Rumah Bimtek Penyusunan Perencanaan Pengawasan Berbasis Risiko

HSS

Prinsip Gotong Royong pada JKN-KIS, Simak Paparan Guru SD di HSS

HSS

Kunker BP Perda DPRD Kalsel Disambut Sekda HSS
Pengendalian Limbah Tambang

HSS

Pengendalian Limbah Tambang Perusahaan Rampung 100 Persen, Pemkab HSS Terus Monitor
apahabar.com

HSS

Pindah ke BPN Tapin, Syamsu Wijaya Pamit Dengan Bupati HSS

HSS

Tewas di Rumah Sendiri, Pria di HSS Diduga Bunuh Diri
Pemkab HSS

HSS

Pemkab HSS Kumpulkan Ujung Tombak Percepatan Pembangunan Kesejahteraan Sosial
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com