Datangi KPU, PSI Selipkan Aspirasi Rakyat melalui Tulisan di Kaos Polda Kalsel Respons Desakan IPW Copot AKBP AB Dkk Dukung Perubahan Iklim, PSI Apresiasi Pendaftaran Parpol melalui Sipol Demonstrasi di DPRD Kalteng, Massa Protes Penertiban Tambang Emas Tradisional Tanpa Solusi Dugaan Penggelapan Mobil Rental, IRT Tabalong Terpaksa Diamankan Polisi
agustus

Sektor Ekonomi Melemah, HSS Diminta Lebih Mandiri

- Apahabar.com     Sabtu, 30 Mei 2020 - 18:18 WITA

Sektor Ekonomi Melemah, HSS Diminta Lebih Mandiri

Pemkab HSS melakukan Exit Briefing melalui Video Conference bersama Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Kalimantan Selatan. Foto-Istimewa

apahabar.com, KANDANGAN – Kondisi ekonomi Indonesia sedang melemah karena dampak Covid-19 yang belum juga usai.

Kepala BPK Perwakilan Kalsel, Tornanda, menyarankan Pemkab Hulu Sungai Selatan (HSS) untuk memulai kemandirian fiskal dengan mencari keunggulan daerah guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dia mengatakan nyaris semua pemerintah daerah sudah tidak bisa mengandalkan pemasukan dari bagi hasil penerimaan negara.

“Apalagi saat ini ekonomi kita melemah, sehingga penerimaan negara seperti pajak sangat tajam sekali penurunannya. Dan ini tentunya juga ikut memengaruhi bagi hasil yang disampaikan ke daerah,” jelasnya dalam Exit Briefing melalui Video Conference bersama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kalimantan Selatan.

Sementara Bupati Achmad Fikry menyampaikan bahwa dirinya bersama jajarannya sudah mengevaluasi semua Perda terkait dengan PAD.

“Ternyata Peraturan Daerah tersebut sudah banyak dari tahun-tahun yang lama semua, sehingga ini berpotensi untuk bisa dilakukan perbaikan dan penyempurnaan sesuai dengan keadaan yang sekarang ini,” terangnya

Di lain pihak Fikry menjelaskan sebagai solusi penanganan Covid-19, Pemkab HSS justru melakukan kebijakan yang mengurangi penerimaan pendapatan.

“Pungutan dan retribusi pedagang kaki lima kita bebaskan, tarif sewa toko juga kita turunkan sementara ini, untuk membantu agar roda perekonomian rakyat di HSS tetap bisa berjalan,” tutupnya.

Editor: Puja Mandela

Editor: Reporter: Muhammad Fauzi Fadilah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tak Berkategori

BOSDA untuk Tenaga Pendidikan Non PNS
apahabar.com

Tak Berkategori

Awal Mula Pertemuan dengan Lihan Versi Korban
Balikpapan

Tak Berkategori

Sikat Barang Tetangga Senilai Rp70 Juta, Pria Pengangguran di Balikpapan Ditangkap
Haji masa pandemi Covid-19

Tak Berkategori

Arab Saudi Sukses Laksanakan Haji 2021 Tanpa Penularan Covid-19
UPBS

Tak Berkategori

UPBS di Tabalong Gelar Simulasi Pemadaman Kebakaran
apahabar.com

Tak Berkategori

Arus Balik Libur Natal, Konsumsi Pertamax dan Pertamina Dex Meningkat

Tak Berkategori

Kembali Berulah, Residivis Curi Tas di Mataraman Dihajar Massa
apahabar.com

Tak Berkategori

Hujan Lebat, Desa Hangui di Tapin Ikut Terendam
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com