Muatan Politis dalam Pencopotan Sekda Tanah Bumbu Kantongi 3 Barang Bukti, Bawaslu Dalami Dugaan Pelanggaran BirinMU BW, Eks Pimpinan KPK Buka-bukaan Alasan Turun Gunung Bantu H2D Gandeng BW, Tim H2D Laporkan Dugaan Pelanggaran Petahana Kalsel ke Bawaslu Duel Juventus vs Barcelona Liga Champions Malam Ini Tanpa Ronaldo vs Lionel Messi, Link Live Streaming SCTV!

Sembuh dari Corona, Dua Warga HST Tetap Isolasi Mandiri

- Apahabar.com Rabu, 6 Mei 2020 - 16:57 WIB

Sembuh dari Corona, Dua Warga HST Tetap Isolasi Mandiri

Data Covid-19 dirilis Dinkes HST melalui Kominfo setempat. Foto-Istimewa

apahabar.com, BARABAI – Dua dari tiga pasien merupakan satu keluarga yang terkonfirmasi positif virus corona atau Covid 19 di Hulu Sungai Tengah (HST) akhirnya dinyatakan sembuh.

Kedua pasien itu memiliki kode yakni, HST-02 dan HST-03. “Hasil swab sudah negatif. Hasil itu keluar pada Senin (4/5),” kata Jubir Gugus Tugas Covid 19 HST, Dokter M Asnal ditemui apahabar.com di gedung eks Akper Murakata Barabai, Rabu (6/5).

Sementara pasien berkode HST-01, masih positif dan tetap menjalani perawatan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

“Kita tetap lakukan pemeriksaan sesuai SOP. 14 hari ke depan, Tim Gugus Tugas Covid 19 HST akan dilakukan tes Swab lagi terhadap pasien,” ujar Asnal.

Sebelumnya, mereka diisolasi atau dikarantina di RSUD H Damanhuri Barabai selama 24 hari.

Walau dinyatakan positif Corona, mereka disebut OTG alias orang tanpa gejala terkait virus itu, seperti batuk, sesak nafas dan demam.

Selama di sana, pasien terkonfirmasi Covid-19 ini mendapat penanganan, pengawasan maupun pemantauan medis.

“Untuk pengawasan dan pemantauan tetap menjadi tugas dinkes. Kami sekadar menyiapkan ruang, fasilitas dan makan,” kata Asnal.

Sekretaris Dinkes HST, Sakdillah memaparkan, selama di RSUD Damanhuri, ketiga pasien diberikan penanganan sesuai SOP. Ketiganya diawasi 24 jam.

“Diberi konsumsi layak, pengawasan secara kesehatan kita berikan obat-obatan yang mendorong imun mereka terutama yang mengandung vitamin C dosis tinggi,” terang Sakdillah.

Sekalipun dinyatakan sembuh, kedua pasien asal Kecamatan Barabai ini harus mengisolasi diri sendiri di rumah hingga 7 hari ke depan.

“Selama masa pemulihan 7 hari itu, kita mengantisipasi hal-hal yang di luar dugaan kita bisa kembali (terjangkit-red) karena virus ini bisa timbul di mana saja. Jadi harapan kita, keduanya mematuhi regulasi dengan tetap berada di sekitar rumah dan jaga jarak atau physical distancing,” kata Sakdillah.

Berdasarkan data Covid-19 yang dirilis Dinkes HST melalui Diskominfo setempat, per 6 Mei 2020 pukul 13.15, orang yang dinyatakan selesai pemantauannya sebnayak 216. Sementara yang dipantau kondisi terkait Covid-19 sisa 21.

Untuk kasus pasien dalam pengawasan (PDP) nihil. Sementara kasus positif atau konfirmasi Covid-19 yang masih dalam perawatan sisa 1 orang dengan kode HST-01.

“Di HST belum ada ditemukan transmisi lokal. Sebab itu kami mengimbau kepada masyarakat agar tetap pakai masker, jaga jarak, dan terapkan pola hidup sehat,” tutup Sakdillah.

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Kalsel

KPK dan ESDM Kalsel Temukan 3 Pertambangan Tanpa Izin di Tala
apahabar.com

Kalsel

Cari Tahu Tentang Pengelolaan Aset, Wakil Rakyat Madiun Sambangi DPRD Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Hari Bhayangkara ke-74, Media Group Serahkan Bantuan Alkes di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Terjebak Macet, Penjambret di Sungai Andai Nyaris Tewas Dimassa !
apahabar.com

Kalsel

Banjarmasin Dukung Pegunungan Meratus Masuk Geopark 

Kalsel

Resmi, 10 Kapolsek di Tanah Bumbu Kalsel Diganti

Kalsel

Dipimpin Guru Zuhdi, Ribuan Jemaah Salat Id Jejali Masjid Jami Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Polsek Banjarbaru Barat Amankan Kawanan Pencuri Kabel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com