Duh, Wali Kota Balikpapan Dipolisikan Terkait Dugaan Ijazah palsu Satresnarkoba Polres Kapuas Ringkus Pengedar 30 Gram Sabu Sempat Bungkam, 2 Kurir Tapin Akhirnya Beberkan asal Sabu 9 Kg  ‘Kehabisan Napas’, Truk di Kotabaru Timpa Pedagang Pentol! Vaksinasi Tahap 2, Bupati Tapin Jadi Role Model Lansia

Sembuh dari Corona, Dua Warga HST Tetap Isolasi Mandiri

- Apahabar.com Rabu, 6 Mei 2020 - 16:57 WIB

Sembuh dari Corona, Dua Warga HST Tetap Isolasi Mandiri

Data Covid-19 dirilis Dinkes HST melalui Kominfo setempat. Foto-Istimewa

apahabar.com, BARABAI – Dua dari tiga pasien merupakan satu keluarga yang terkonfirmasi positif virus corona atau Covid 19 di Hulu Sungai Tengah (HST) akhirnya dinyatakan sembuh.

Kedua pasien itu memiliki kode yakni, HST-02 dan HST-03. “Hasil swab sudah negatif. Hasil itu keluar pada Senin (4/5),” kata Jubir Gugus Tugas Covid 19 HST, Dokter M Asnal ditemui apahabar.com di gedung eks Akper Murakata Barabai, Rabu (6/5).

Sementara pasien berkode HST-01, masih positif dan tetap menjalani perawatan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

“Kita tetap lakukan pemeriksaan sesuai SOP. 14 hari ke depan, Tim Gugus Tugas Covid 19 HST akan dilakukan tes Swab lagi terhadap pasien,” ujar Asnal.

Sebelumnya, mereka diisolasi atau dikarantina di RSUD H Damanhuri Barabai selama 24 hari.

Walau dinyatakan positif Corona, mereka disebut OTG alias orang tanpa gejala terkait virus itu, seperti batuk, sesak nafas dan demam.

Selama di sana, pasien terkonfirmasi Covid-19 ini mendapat penanganan, pengawasan maupun pemantauan medis.

“Untuk pengawasan dan pemantauan tetap menjadi tugas dinkes. Kami sekadar menyiapkan ruang, fasilitas dan makan,” kata Asnal.

Sekretaris Dinkes HST, Sakdillah memaparkan, selama di RSUD Damanhuri, ketiga pasien diberikan penanganan sesuai SOP. Ketiganya diawasi 24 jam.

“Diberi konsumsi layak, pengawasan secara kesehatan kita berikan obat-obatan yang mendorong imun mereka terutama yang mengandung vitamin C dosis tinggi,” terang Sakdillah.

Sekalipun dinyatakan sembuh, kedua pasien asal Kecamatan Barabai ini harus mengisolasi diri sendiri di rumah hingga 7 hari ke depan.

“Selama masa pemulihan 7 hari itu, kita mengantisipasi hal-hal yang di luar dugaan kita bisa kembali (terjangkit-red) karena virus ini bisa timbul di mana saja. Jadi harapan kita, keduanya mematuhi regulasi dengan tetap berada di sekitar rumah dan jaga jarak atau physical distancing,” kata Sakdillah.

Berdasarkan data Covid-19 yang dirilis Dinkes HST melalui Diskominfo setempat, per 6 Mei 2020 pukul 13.15, orang yang dinyatakan selesai pemantauannya sebnayak 216. Sementara yang dipantau kondisi terkait Covid-19 sisa 21.

Untuk kasus pasien dalam pengawasan (PDP) nihil. Sementara kasus positif atau konfirmasi Covid-19 yang masih dalam perawatan sisa 1 orang dengan kode HST-01.

“Di HST belum ada ditemukan transmisi lokal. Sebab itu kami mengimbau kepada masyarakat agar tetap pakai masker, jaga jarak, dan terapkan pola hidup sehat,” tutup Sakdillah.

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Buka Pendaftaran Awal Oktober, Demokrat Kalsel Tunggu Paman Birin
apahabar.com

Kalsel

Nasib Wanita Tunagrahita Korban Pemerkosaan Bocah Cabul di Tapin
apahabar.com

Kalsel

RSUD Ulin Siapkan Ruang dan Lab untuk Cek Covid 19
apahabar.com

Kalsel

SDM Kalsel Disorot Menteri Arief, Prodi Kepariwisataan Jadi Solusi?
apahabar.com

Kalsel

Hari ini, Hujan Lebat Berpotensi Guyur Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Pemerintah Perlu Perhatikan Teknologi Pengrajin Sasirangan
apahabar.com

Kalsel

Rapid Test di DPRD Batola, 2 Orang Reaktif
apahabar.com

Kalsel

Nekat, Pemilik Warung di Basirih Nyambi Jual Sabu dan Ineks
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com