2021, Kemenhub Kaji Wacana Pembangunan Bandara di Barabai HST Kalsel Cara Nonton Live Streaming El Clasico Barcelona vs Real Madrid di Bein Sport & Vidio.com Malam Ini Jam Tayang & Link Live Streaming UFC 254 Khabib vs Gaethje di ESPN+, Duel Dua Juara! Jadwal Timnas U16 Indonesia vs UEA Malam Ini, Live NET TV & Live Streaming Mola TV, Prediksi Skor! Kontroversi Pencopotan Sekda Tanah Bumbu, Ombudsman: Jangan Lampaui Kewenangan

Sempat Layani Pasien Covid-19, Simak Pernyataan Dokter Syarif

- Apahabar.com Rabu, 13 Mei 2020 - 23:42 WIB

Sempat Layani Pasien Covid-19, Simak Pernyataan Dokter Syarif

Dokter Syarif. Foto-Istimewa

apahabar.com, RANTAU – Pernah melayani RTU-12 berobat sebelum dinyatakan positif Covid-19, Dokter Syarif yang membuka praktik di Kecamatan Tapin Selatan mengimbau masyarakat Tapin tak perlu panik.

Diwartakan Selasa, 28 April, RTU-12 pernah berobat ke Dokter Syarif dengan keluhan sakit kepala dan tidak enak badan.

Dokter Syarif memberitahukan setelah dirinya mengetahui bahwa pasien yang pernah dilayaninya itu dinyatakan positif Covid-19, Minggu 10 Mei dari hasil swab, lantas ia dan asisten langsung memeriksakan diri.

Dari hasil Rapid Diagnoses Test (RDT) dinyatakan Non-Reaktif Covid-19.

“Tadi pagi saya dan asisten saya sudah periksa, hasilnya non-reaktif,” ujar Syarif kepada apahabar.com, Rabu, (13/5) melalui handphone genggam.

Selang waktu 14 Hari sejak 28 April sampai 12 Mei Kemarin, Dokter Syarif mengaku banyak pelanggan yang berobat kepadanya.

Karena kesadaran masyarakat yang tinggi setelah mengetahui RTU-12 sempat berobat Dokter Syarif, banyak pelanggan yang mempertanyakan apakah harus isolasi mandiri atau bagaimana?

Dokter Syarif menjawab untuk para pelanggan agar jangan terlalu kuatir dan tidak perlu melakukan isolasi. Namun tetap menjalankan anjuran pencegahan yaitu sering cuci tangan pakai sabun dan selalu gunakan masker jika keluar rumah.

“Untuk para pelanggan yang sempat berobat jangan kuatir dan jangan takut. Insya Allah mudah mudahan tidak tertular,” jawab Syarif.

Menghilangkan kegelisahan pelanggan, Dokter Syarif menjelaskan, bahwa ia saat menangani pasien menggunakan alat pelindung diri (APD) dan prosedur kesehatan masa pandemi Covid-19 juga diterapkannya untuk para pelanggan.

“Sebelum masuk ke tempat praktek harus cuci tangan dan pakai masker. Nah Ibu itu (RTU-12) pakai masker. Kami menggunakan masker, APD level 1 sesuai penerapan di tempat praktik,” ujar Syarif.

Tempat praktiknya juga tidak menerima pasien yang memiliki riwayat baru berpergian dari luar daerah saat masa pandemi Covid-19.

“Ibu itu tidak memiliki riwayat perjalanan dari luar daerah dan tidak ada riwayat kontak dengan orang yang dicurigai terpapar covid-19,” itu alasan Dokter Syarif menerima RTU-12 berobat.

Diintruksikan oleh atasannya Kepala Puskesmas Tamberangan, Mulyuno, Dokter Syarif yang juga bertugas di sana, pada 12 Mei, sudah menutup layanan praktik kesehatan untuk sementara waktu.

“Selanjutnya, minimal saya dan asisten akan melakukan RDT sekali lagi, mudah mudahan hasilnya non-reaktif lagi,” ujarnya.

Menambahkan, pernyataan Dokter Syarif Kepala Dinas Kesehatan Tapin, Alfian Yusuf mengimbau masyarakat yang pada Selasa, 28 April lalu melakukan pemeriksaan ataupun berobat di tempat praktik itu, harus melaporkan diri ke Puskesmas Tamberangan.

Hal itu pun juga dianjurkan oleh Dokter Syarif untuk pasien sebagai langkah antisipasi.

“Kalaunya, Dokter Syarif sudah dinyatakan non-reaktif, pelanggan yang sesudah tanggal 28 April aman aja. Namun bagi pelanggan yang berbarengan datang dengan RTU-12, saya harapkan melaporkan diri ke Puskesmas Tamberangan untuk diperiksa,” jelas Alfian Yusuf saat dihubungi apahabar.com Pukul 21.30 tadi.

Reporter: Muhammad Fauzi Fadilah
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Miliki Alat Canggih, PMI Banjarmasin Siap Bantu Periksa Sampel Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Pemuda di Barabai Tewas Ditusuk Berkali-Kali, Pelaku Serahkan Diri
apahabar.com

Kalsel

Siap-siap, Gugus Tugas Covid-19 Kotabaru Akan Bagikan 50 Ribu Masker Gratis
apahabar.com

Kalsel

Imlek di Tahun Politik, Begini Harapan Umat Konghucu Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Satu Bulan Jabat Kapolres, AKBP Andi Adnan Ajak Jurnalis Kotabaru Bersinergi
apahabar.com

Kalsel

Kabar Cuaca Kalsel: 10 Wilayah Hujan Lokal Siang Ini
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 di Tanbu, Tambah 1 Positif Asal Angsana
apahabar.com

Kalsel

Rendah Serap APBD, Penghasilan Tambahan Kepala SKPD Dipangkas
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com