Hitungan Hari, Kasus Covid-19 di Banjarmasin Diprediksi Tembus 300 Kasus PSBB Berakhir Esok, Banjarbaru Siap Menuju ‘New Normal’ via PKM Banjarmasin ‘New Normal’: Wali Kota Tunggu Pusat , Pakar Tak Sepakat Puncak Covid-19 di Kalsel, Jutaan Warga Diprediksi Terjangkit Tambah Satu Lagi, Balita di Kotabaru Positif Covid-19




Home Habar Religi

Minggu, 17 Mei 2020 - 09:56 WIB

Sidang Isbat Digelar 22 Mei, Menag akan Pimpin Langsung

Aam - Apahabar.com

Menteri Agama Fachrul Razi mengumumkan hasil sidang isbat pada penetapan 1 Ramadhan 1441 Hijriah secara daring, Kamis (23/4).
sumber:  net

Menteri Agama Fachrul Razi mengumumkan hasil sidang isbat pada penetapan 1 Ramadhan 1441 Hijriah secara daring, Kamis (23/4). sumber: net

apahabar.com, JAKARTA – Sidang Isbat Idul Fitri 1441 Hijriah//2020 Masehi akan digelar pada Jumat (22/5). Rapat yang akan dipimpin langsung Menteri Agama Fachrul Razi digelar dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Isbat awal Syawal digelar 22 Mei 2020. Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi hanya dihadiri Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia serta Komisi VIII DPR,” kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Agus Salim di Jakarta, Sabtu (16/5)

Dalam siaran persnya, Agus Salim mengatakan pembatasan peserta itu untuk mengurangi potensi berkumpulnya undangan dalam kerumunan sehingga peserta dari unsur pimpinan ormas Islam diundang sidang isbat melalui aplikasi pertemuan daring.

Baca juga :  Pemkab HSS Sediakan Bus untuk Jemaah Haul Abah Guru Sekumpul ke-14

Peliputan bagi insan media, kata dia, juga akan dilakukan secara terbatas. Kemenag bekerja sama dengan TVRI untuk menjadi TV Pool. Media yang ingin menyiarkan sidang isbat awal Syawal bisa berkoordinasi dengan TVRI.

“Kami juga memanfaatkan medsos Kemenag untuk melakukan live streaming,” kata dia.

Agus mengatakan tahapan sidang isbat dilakukan sebagaimana awal Ramadhan lalu. Sesi pertama dimulai pukul 17.00 WIB, berupa pemaparan posisi hilal Awal Syawal 1441 H oleh anggota Falakiyah Kemenag Cecep Nurwendaya.

Baca juga :  Demi Kenyamanan Bersama, Berikut Himbauan Panitia Haul ke 14 Abah Guru Sekumpul

Setelah Maghrib, kata dia, sidang Isbat dibuka Menag Fachrul dilanjutkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari 80 titik di seluruh Indonesia.

“Hasil sidang isbat akan diumumkan Menteri Agama secara telekonferensi dan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming medsos Kemenag,” jelas Agus.

sumber: Republika
Editor: Muhammad Bulkini

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Religi

7 Fakta Unik di Haul Abah Guru Sekumpul
MUI Kalsel: Begini Menyikapi Kematian Orang Tertular Covid-19

Habar

MUI Kalsel: Begini Menyikapi Kematian Orang Tertular Covid-19
apahabar.com

Habar

KPU dan Bawaslu Banjar Sepakat, Haul Sekumpul Steril dari “Politik”
apahabar.com

Religi

Saat Qarun Memilih Tunduk kepada Dewa Sobek
apahabar.com

Habar

Peziarah Ramai Jelang Ramadan, Petugas Ketiban Untung
3 Hari Jelang Puncak Haul, Peziarah Makin Ramai

Habar

3 Hari Jelang Puncak Haul, Peziarah Makin Ramai
apahabar.com

Religi

Sering Menginap di Rumah Abah Guru Sekumpul, Begini Cerita Guru Mulkani
apahabar.com

Habar

Sidang Isbat Digelar 5 Mei, Berikut Lokasi-lokasi Rukyatul Hilal di Kalsel