Malu-maluin! Pemuda di Kotabaru Jambret Wanita demi Komix Terungkap, Korban Tewas Kecelakaan di Tapin Warga Wildan Banjarmasin INALILAHI Hujan Lebat, Pengendara Vario di Tapin Tewas 7 POPULER KALSEL: Ibu Bunuh Anak di Benawa HST hingga Ketua Nasdem Tala Buron Banjir Masih Merendam Rumah Warga, Dinsos Tabalong Bagikan Sembako

Sukamta Serahkan BLT-DD di Kecamatan Takisung

- Apahabar.com Minggu, 17 Mei 2020 - 18:01 WIB

Sukamta Serahkan BLT-DD di Kecamatan Takisung

Bupati Tanah Laut H. Sukamta menyerahkan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) di lima desa di Kecamatan Takisung, Sabtu (16/05). Foto-Istimewa

apahabar.com, PELAIHARI – Bupati Tanah Laut H. Sukamta menyerahkan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) di lima desa di Kecamatan Takisung.

Penyerahan BLT-DD itu dilaksanakan di Desa Ranggang Dalam, Benua Tengah, Banua Lawas, Kuala Tambangan dan Desa Tabanio pada Sabtu (16/05) kemarin.

Diketahui ada 10 penerima dari Desa Ranggang Dalam, 20 penerima dari Desa Benua Tengah, 48 penerima dari Desa Banua Lawas, 24 penerima dari Desa Kuala Tambangan serta 65 penerima dari Desa Tabanio yang selama ini belum mendapat bantuan dari program pemerintah seperti Program Keluarga Harapan (PKH), bantuan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) serta program bantuan Pemerintah Lainnya

Kebijakan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, BLT yang berasal dari Dana Desa disalurkan pada April-Juni 2020, yakni sebesar Rp600 ribu per bulan, dengan begitu setiap warga penerima akan memperoleh Rp1,8 juta untuk tiga bulan.

Sukamta menghimbau agar para penerima bantuan tersebut dapat menggunakannya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari dan tidak menggunakan untuk hal yang tidak perlu.

“Gunakanlah bantuan ini dengan bijak untuk kebutuhan sehari-hari dan untuk merayakan hari raya Idulfitri di rumah, jangan digunakan untuk uang muka kredit sepeda motor,” tegasnya.

Ia menjelaskan pemerintah pusat telah menginstruksikan terkait Dana Desa agar dipergunakan untuk tiga hal, yakni untuk penanganan Covid-19, untuk padat karya serta BLT.

Hal itu bertujuan untuk membantu keluarga yang saat ini kesusahan membeli bahan kebutuhan pokok, serta ada beberapa program bantuan pemerintah lainnya di antaranya Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) melalui APBD yang disalurkan pemerintah Kabupaten Tanah Laut untuk warga lanjut usia (lansia), bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Sosial Tunai (BST) serta bantuan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Seluruh jaring pengaman sosial tersebut terus meluncur ke masyarakat di Kabupaten Tanah Laut agar jangan sampai ada rakyat Tanah Laut yang kelaparan,” ucap Sukamta.

Sukamta menekankan agar sementara waktu tidak bepergian ke wilayah zona merah yang saat ini memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) karena di wilayah tersebut sudah terjadi penyebaran Covid-19 dengan transmisi lokal.

Kalaupun mendesak harus pergi ke wilayah tersebut agar melapor kepada kepala desa untuk dilakukan pemeriksaan di Puskesmas, selalu gunakan masker dan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir.

“Saya sudah memerintahkan jajaran terkait untuk melakukan rapid test secara besar-besaran, sementara ini kami akan melakukan rapid test kepada 6.500 warga Tanah Laut untuk dapat memisahkan warga yang reaktif dan non reaktif rapid test,” ujar Kamta.

Selain menyerahkan BLT-DD di lima desa tersebut Sukamta juga menyerahkan bantuan sembako dari Anggaran Dana Desa (ADD) di Desa Benua Tengah, menandai salah satu rumah warga penerima program bantuan pemerintah di Desa Tabanio serta menyerahkan 435 kilogram beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) untuk 87 kepala keluarga di Desa Kuala Tambangan.

Reporter: Ahc14
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Sukamta Pastikan Perizinan di Tala Tak Berbelit-belit
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Hujan Deras, Merah Putih Tetap ‘Berkibar’ di Tala
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Dies Natalis Politeknik Tala; dari Senam Sehat hingga Komitmen Jaga NKRI
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Pemkab Tala Rencanakan Rapid Test Besar-Besaran
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Panen Lahan Serasi Lok Serapang Hasilkan 1,620 Ton Padi
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Tak Ingin Warganya Kelaparan, Sukamta Salurkan Beras Lewat PMI Tala
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Jelang Idul Adha, Warga Pelaihari Antusias Sambut Pasar Sembako Murah
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Sukamta Minta Penyedia Barang dan Jasa Siap Berkompetisi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com