Video Viral Pria Bawa Jenazah Ibunya Pakai Motor di Atas Bronjong, Sang Perekam pun Ketakutan! Video Detik-detik Mobil Tabrak Gerbang Masjidil Haram Mekkah dengan Kecepatan Tinggi Video Viral Rombongan Klub Harley Keroyok 2 Anggota TNI, Polisi Melerai Dicuekin, Ini Gara-garanya Biang Kebakaran Hebat di Patmaraga Kotabaru Mulai Terungkap Nasib Terkini 505 Warga Korban Kebakaran di Patramarga Kotabaru

Tangani Covid-19, Indonesia Terima 101 Dukungan Internasional

- Apahabar.com Rabu, 6 Mei 2020 - 21:31 WIB

Tangani Covid-19, Indonesia Terima 101 Dukungan Internasional

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan keterangan pers secara virtual dari Jakarta, Rabu. Foto-Antara/Yashinta Difa

apahabar.com, JAKARTA – Indonesia menerima 101 dukungan internasional dengan nilai total 80,1 juta dolar AS untuk penanggulangan wabah COVID-19.

Dari jumlah tersebut, sebesar 27,9 juta dolar AS telah terealisasi dan sekitar 52,1 juta dolar AS belum terealisasi.

“Hingga saat ini, Indonesia telah menerima 101 dukungan internasional dari 9 dukungan pemerintah, 82 dukungan nonpemerintah, dan 10 organisasi internasional,” ujar Pelaksana Tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah saat menyampaikan keterangan pers secara daring dari Jakarta, Rabu (06/05).

Negara-negara yang telah memberi dukungan kepada Indonesia adalah Jepang, Korea Selatan, China, Singapura, Vietnam, Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, dan Uni Emirat Arab.

Sementara organisasi internasional yang turut membantu Indonesia yaitu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) , Bank Pembangunan Asia (ADB) , Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) , Badan Energi Atom Internasional (IAEA) , Program Pembangunan Perserikatan Bangsa Bangsa (UNDP) , Global Fund, Bank Pembangunan Islam (IDB), Uni Eropa (EU), serta Komite Internasional Palang Merah (ICRC).

“Bantuan ini beragam bentuknya, mulai dari hibah tunai maupun hibah barang,” ujar Faizasyah.

Guna menangani Covid-19, Indonesia terus bekerja sama dengan mitra-mitra internasional khususnya dalam pengadaan alat kesehatan seperti masker, alat pelindung diri, PCR, ventilator, mobile X-ray, dan tenda besar.

Selain itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam berbagai kesempatan juga selalu mendorong kerja sama dengan berbagai pihak dalam upaya memenuhi kebutuhan obat-obatan dan vaksin Covid-19 bagi seluruh negara di dunia.

Secara khusus, Menlu Retno menyuarakan pentingnya akses bagi negara-negara berkembang untuk mendapat obat dan vaksin Covid-19 dengan harga terjangkau.(Ant)

Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Warga Sebut Perusuh di Slipi Bukan Penduduk Setempat
apahabar.com

Nasional

59 Mahasiswa UI Korban Tsunami Banten Ditemukan Selamat
apahabar.com

Nasional

Terjadi Lonjakan, Kematian Karena Corona di Italia Bertambah Jadi 4.032 Orang
apahabar.com

Nasional

BMKG: Gempa Jembrana Magnitudo 6,0 Akibat Subduksi Lempeng Indo-Australia
apahabar.com

Nasional

Debat Kelima Capres 2019, Relawan Kalsel: Prabowo-Sandi Lebih Banyak Senyum
apahabar.com

Nasional

BNPB: Kalteng dan Kalbar Penyumbang Hotspot Terbesar
apahabar.com

Ekbis

Wow, Indonesia Punya Potensi Energi Terbarukan 442,4 GW
apahabar.com

Nasional

Fenomena Sensen Komara di Garut, ‘Rasul’ Menyesatkan dengan Ribuan Jemaah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com