Keren, RSD Idaman Banjarbaru Ditetapkan Sebagai RS Unggulan Pelayanan KB Simakalama Pembelajaran Tatap Muka OTT Amuntai, Giliran Orang Dekat Bupati HSU Diperiksa KPK KPK Tangkap Tangan Maliki, Bupati HSU Tunjuk Plt Kadis PUPRP Baru PLN Suplai Listrik untuk Kawasan Food Estate Kalteng

Terindikasi Covid-19? Periksakan Segera, Biaya Ditanggung Pemerintah

- Apahabar.com     Selasa, 19 Mei 2020 - 14:21 WITA

Terindikasi Covid-19? Periksakan Segera, Biaya Ditanggung Pemerintah

Ilustrasi sumber: net

apahabar.com, BANJARMASIN – Biaya penanganan Covid-19 sepenuhnya menjadi tanggungan pemerintah. Oleh karena itu, masyarakat tak perlu khawatir memeriksakan kesehatan apabila memiliki indikasi penularan virus Corona tersebut.

“Ini adalah sebuah pandemi, maka semua adalah biaya yang dikeluarkan pemerintah,” ungkap Juru bicara Gugus Tugas percepatan dan penanganan Covid-19 Kalimantan Selatan, HM Muslim dalam rilis terbarunya, Selasa (19/5).

Pemeriksaan yang dimaksud seperti uji cepat atau Rapid Test, tes swab di laboratorium, hingga perawatan di rumah sakit ataupun kantina secara khusus. Sejak pandemi Covid-19 semakin masif meluas di Kalsel, secara berkala GTPP melakukan pelacakan dan deteksi cepat untuk mengidentifikasi kawasan maupun kontak-kontak yang reaktif terhadap penularan.

“Lebih memasifkan upaya-upaya testing dari hasil identifikasi dan tracking yang dilakukan di beberapa kabupaten/kota. Pemeriksaan swab juga tidak dikenakan biaya, karena itu kita tidak menghitung biaya per tesnya,” beber Muslim.

Sebagai informasi, sejak 4 April lalu telah dilakukan tes swab di Laboratorium Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Banjarbaru sebanyak 2.674 sampel dan terus berproses. Hingga sore kemarin, tahapan yang dilalui masih menunggu hasil polymerase chain reaction (PCR) sebanyak 810 spesimen.

Rapid test massal juga terus dimasifkan GTPP Covid-19, khususnya pada zona-zona yang menyumbang pengidap penularan tertinggi seperti di Banjarmasin. Dari 6 titik pasar tradisional di Banjarmasin, didapati 129 yang reaktif.

Belum lama ini, juga dilakukan Rapid test di 3 lokasi berbeda di wilayah Barito Kuala. Dari 371 yang diperiksa, hasilnya menunjukkan 20 orang reaktif terhadap Covid-19 atau jika dipresentasekan sebanyak 5,39 persen.

Reporter : Musnita Sari
Editor:Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalsel

Sempat Turun, Penerimaan Pajak Samsat Martapura Berangsur Pulih
apahabar.com

Kalsel

Pawai Ta’Aruf Ramaikan MTQ Tingkat Kabupaten Banjar
BBM

Kalsel

Distribusi BBM di Tala Tersendat Akibat Banjir, Pelangsir Diduga Bermain
apahabar.com

Kalsel

Alhamdulillah, PPKM Tanah Bumbu Turun ke Level III
Kotabaru

Kalsel

Berkat ‘Tahi Lalat’, Pembuang Bayi di Kotabaru Ditangkap Macan Bamega Cs
apahabar.com

Kalsel

Diduga Gara-Gara Lontong, 6 Rumah dan 1 Indekos di Pelambuan Diamuk Api
apahabar.com

Kalsel

Covid-19 Belum Usai, Banjarmasin Perpanjang Liburan Sekolah
apahabar.com

Kalsel

Kemenag Kalsel Berharap Keberangkatan Haji 2020 Sesuai Jadwal
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com