Eks Bos Berulah, Kepala Penjual Pentol Rantau Nyaris Terbelah Hendak Benarkan Tas, Pemotor Tabrak Truk di Angsau Tanah Laut Negosiasi Rampung: Bagus Lega, Hasnur Rela, Nitizen Bahagia, Bagaimana FC Utrecht? Jelang Masa Tenang, Bawaslu Kalsel Minta Paslon Copot APK Longsor Tergerus Banjir, Oprit Jembatan di Tabalong Diperbaiki

TNI-Polri di Banjarmasin Siap untuk New Normal

- Apahabar.com Kamis, 28 Mei 2020 - 12:21 WIB

TNI-Polri di Banjarmasin Siap untuk New Normal

Ilustrasi. Foto-Net

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah telah memutuskan untuk menerapkan konsep New Normal atau tatanan kehidupan normal baru dalam menghadapi pandemi virus Corona (Covid-19) pada sejumlah daerah di Indonesia, termasuk Banjarmasin.

Dalam penerapannya nanti, di sejumlah tempat yang berpotensi menjadi konsentrasi perkumpulan massa akan diturunkan aparat TNI dan Polri untuk berjaga.

Pengerahan aparat bertujuan untuk memastikan masyarakat menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penularan virus Corona di masa New Normal.

Dandim 1007/ Banjarmasin Kolonel Inf Anggara Sitompul mengaku pihaknya telah berkoordinasi dengan Mabes TNI tentang pelaksanaan New Normal di kota Seribu Sungai ini.

Bahkan, kata Anggara, pihaknya telah melakukan mapping atau pemetaan terkait titik-titik yang nantinya akan didirikan pos atau floating anggota guna melakukan pengawasan dan upaya pendisiplinan warga dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19.

“Ada sekitar 40 titik yang nantinya akan dilakukan pengawasan. Jadi ada 4 sasaran yang menjadi fokus penempatan anggota yaitu mall, Pasar, tempat rekreasi dan restoran yang mengumpulkan banyak orang,” ujar Dandim, Rabu (27/5) kemarin.

Dandim menguraikan 40 titik yang disebutkannya tersebut antara lain terdiri dari 6 mall atau semi mall, 16 pasar, 6 tempat rekreasi dan sekitar sisanya merupakan restoran atau kafe besar.

Dandim menambahkan, jika dalam waktu dekat pihaknya akan memanggil para stakeholder yang diawasi untuk melakukan sosialisasi dan koordinasi. Nantinya kepada pengelola tempat-tempat tersebut pihaknya akan meminta untuk penerapan penggunaan masker, penyediaan tempat cuci tangan atau handsanitizer dan jaga jarak.

“Kita nanti akan kerahkan sekitar 380 personel TNI yang akan bersinergi dengan Polri untuk mengimbau dan mendisiplinkan warga secara humanis,” katanya.

Senada dengan Dandim, Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Rachmat Hendrawan mengaku pihaknya pun telah melakukan Mapping termasuk 16 pasar di Banjarmasin.

Bahkan Kapolresta mengatakan, pihaknya pada tahap awal akan mulai membangun pos di dua pasar besar yaitu Pasar Antasari dan Pasar Sudimampir.

“Nantinya di pasar-pasar itu akan kita buat satu sistem atau dua sistem pintu masuk, ya disesuaikan lah nantinya. Sehingga memudahkan kontrol, selain juga penerapan protokol kesehatan,” ujar Kapolresta.

Pihaknya pun ujar Kapolresta akan melakukan upaya paksa kepada mereka yang tidak mengindahkan aturan yang diberikan, namun tetap mengacu pada pendekatan humanis.

Sementara guna menjalankan misi tersebut Kapolresta memperkirakan akan menurunkan 325 personel untuk disebar di titik-titik yang sudah ditentukan.

Ia mengungkapkan bahwa upaya TNI/Polri ini adalah langkah untuk membantu pemerintah daerah dalam penanganan Covid-19.

Dandim dan Kapolresta pun kompak meminta masyarakat untuk hidup berdampingan dengan Corona, namun tetap dengan mengikuti protokol kesehatan sebagaimana yang seperti yang disampaikan presiden.

Reporter: Riyad Dafhi R
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Kronologi Lengkap Warga Banjarbaru Diduga Tenggelam di Waduk Riam Kanan
apahabar.com

Kalsel

Kisah Inspiratif Ryan Fahlevi, Sukses Dengan Sus Kering Manyambur
apahabar.com

Kalsel

58 Tenaga Medis Disiagakan Menjelang Tablig Akbar Bersama Ustaz Somad
apahabar.com

Kalsel

Polisi Ungkap Penyebab Kecelakaan Maut Basirih yang Tewaskan 2 Pengendara
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 Kotabaru: Total 467 Kasus Positif, 327 Pasien Sembuh
apahabar.com

Kalsel

Pemkab Tapin Hadiri Acara Mahasiswa di Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

Tingkatkan Keterampilan, BPBD Banjarbaru Gelar Simulasi Penanganan Bencana
apahabar.com

Kalsel

Polisi Terjunkan Anjing Pelacak Kejar Penculik Siswi SMP Banjarbaru
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com