Penyerang Polsek Daha Simpatisan ISIS, Legislator Kalsel: Agamanya Kurang Breaking News: PDP Kabur di Banjarbaru Akhirnya Ditemukan! Pertama, Kalsel Uji Terapi Pengobatan Pasien Covid-19 Pengganti Vaksin Toko Buah di Teweh Diserbu Pria Bersajam, Dua Perempuan Terluka Polisi Bongkar Makam Korban Pembunuhan Ibu Kandung di Teweh




Home Nasional

Jumat, 22 Mei 2020 - 16:01 WIB

Top, Dokter di Makassar Gelar Cukur dengan Protap Covid-19

rifad - Apahabar.com

Sejumlah dokter yang tergabung di Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Makassar menggelar cukur rambut bersama dengan protokol kesehatan Covid-19. Foto-Antara

Sejumlah dokter yang tergabung di Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Makassar menggelar cukur rambut bersama dengan protokol kesehatan Covid-19. Foto-Antara

apahabar.com, MAKASSAR – Sejumlah dokter di Makassar, Sulawesi Selatan, secara khusus menggelar cukur rambut dengan menggunakan protokol kesehatan Covid-19.

Mereka terdiri dari Guru Besar Fakultas Kedokteran Unhas Prof Dr Irawan Yusuf, PhD bersama dokter yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia setempat.

“Kami semua yang ada di sini selama hampir tiga bulan ini tidak pernah potong rambut. Hari ini bisa cukur, itupun dengan protap Covid-19,” ujar Profesor Irawan Yusuf di Sekretariat IDI Makassar, Jumat (22/5).

Prosedur tetap yang dimaksudkan yakni tidak menjadi carrier atau media penyebaran virus Covid-19 kepada orang lain dengan mengikuti protokol kesehatan.

Dokter Irawan yang sangat aktif dalam penanganan Covid-19 ini menerangkan, protap yang harus dijalankan untuk tukang cukurnya yakni menggunakan masker, pelindung wajah (face shield), memakai baju hazmat dan perlengkapan lainnya seperti sarung tangan.

Baca juga :  Tragedi Papua, Jadikan Pelajaran Berharga

Setelah protokol kesehatan ini dijalankan, beberapa dokter ikut mengantri menunggu giliran untuk bisa dicukur oleh relawan yang memiliki keahlian memotong rambut juga.

“Teman-teman dokter banyak yang mengantre, maklum kita yang mengetahui protokol kesehatan ini wajib untuk mentaati dan mengevaluasi tempat pemotongan rambut. Rantai penularan harus diputus, aktivitas juga tidak boleh berhenti,” katanya.

Ketua IDI Kota Makassar Siswanto Wahab didampingi Humas IDI Makassar Wachyudi Muchsin menambahkan para dokter Makassar yang tergabung di Satgas IDI Kota Makassar Tanggap Covid-19 setiap hari tanpa libur keliling ke rumah sakit, puskesmas untuk penyemprotan disinfektan dan pembagian APD.

Baca juga :  Jokowi Presiden Paling Populer di Dunia

“Teman-teman dokter selama dua bulan lebih tanpa libur terus berkeliling melakukan kegiatan-kegiatan seperti membagikan APD, hand sanitizer, juga menyemprot disinfektan di rumah sakit, klinik, puskesmas dan kantor-kantor layanan umum hanya untuk memastikan agar penularan tidak terjadi. Aktivitas ini juga membuat rambut mereka tidak terurus,” terangnya.

Dia mengatakan pesan yang ingin disampaikan dalam pandemi ini, jangan menganggap bahwa Corona adalah hal yang biasa, seperti dengan virus flu maupun lainnya.

“Ini virus yang harus diwaspadai, sehingga kami saja sebagai dokter melakukan potong rambut dengan protap Covid-19, sebagai bentup upaya pencegahan,” ucapnya. (Ant)

Editor: Fariz Fadhillah

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Napi Kasus Pembunuhan Menikah Di Lapas
apahabar.com

Nasional

Cegah Terorisme, BNPT Pinta Partisipasi Aparat Kelurahan
apahabar.com

Nasional

MUI Ingatkan Hasil Ijtima Ulama dalam Memilih Pemimpin
apahabar.com

Nasional

Tingkat Kepatuhan Tinggi, Pemkab Tanbu Diganjar Penghargaan dari Ombudsman RI
apahabar.com

Nasional

Panglima TNI Akan Berkantor di Papua Sampai Kondisi Aman
apahabar.com

Nasional

Jokowi Dikabarkan Kembali Hadir pada Haul Guru Sekumpul
apahabar.com

Nasional

Masjid dan TPA di Banyumas ‘Dikotori’ Orang Tak Dikenal, Alquran Dibuang ke Sumur
apahabar.com

Nasional

Panas Terik Warga Nantikan Pemakaman BJ Habibie