Inalillahi, 2 Bocah di Batu Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi SMP Swasta di Banjarmasin Belajar Tatap Muka, Berikut Daftar Lengkapnya Menteri Edhy Ditangkap, Cita-Cita Prabowo Presiden Tamat! Sudah Beristri, Oknum Guru Olahraga di Banjarbaru Tega Cabuli Muridnya Sendiri Kasus Korupsi KONI Seret 2 Pejabat Pemkot Banjarmasin

Top, Dokter di Makassar Gelar Cukur dengan Protap Covid-19

- Apahabar.com Jumat, 22 Mei 2020 - 16:01 WIB

Top, Dokter di Makassar Gelar Cukur dengan Protap Covid-19

Sejumlah dokter yang tergabung di Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Makassar menggelar cukur rambut bersama dengan protokol kesehatan Covid-19. Foto-Antara

apahabar.com, MAKASSAR – Sejumlah dokter di Makassar, Sulawesi Selatan, secara khusus menggelar cukur rambut dengan menggunakan protokol kesehatan Covid-19.

Mereka terdiri dari Guru Besar Fakultas Kedokteran Unhas Prof Dr Irawan Yusuf, PhD bersama dokter yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia setempat.

“Kami semua yang ada di sini selama hampir tiga bulan ini tidak pernah potong rambut. Hari ini bisa cukur, itupun dengan protap Covid-19,” ujar Profesor Irawan Yusuf di Sekretariat IDI Makassar, Jumat (22/5).

Prosedur tetap yang dimaksudkan yakni tidak menjadi carrier atau media penyebaran virus Covid-19 kepada orang lain dengan mengikuti protokol kesehatan.

Dokter Irawan yang sangat aktif dalam penanganan Covid-19 ini menerangkan, protap yang harus dijalankan untuk tukang cukurnya yakni menggunakan masker, pelindung wajah (face shield), memakai baju hazmat dan perlengkapan lainnya seperti sarung tangan.

Setelah protokol kesehatan ini dijalankan, beberapa dokter ikut mengantri menunggu giliran untuk bisa dicukur oleh relawan yang memiliki keahlian memotong rambut juga.

“Teman-teman dokter banyak yang mengantre, maklum kita yang mengetahui protokol kesehatan ini wajib untuk mentaati dan mengevaluasi tempat pemotongan rambut. Rantai penularan harus diputus, aktivitas juga tidak boleh berhenti,” katanya.

Ketua IDI Kota Makassar Siswanto Wahab didampingi Humas IDI Makassar Wachyudi Muchsin menambahkan para dokter Makassar yang tergabung di Satgas IDI Kota Makassar Tanggap Covid-19 setiap hari tanpa libur keliling ke rumah sakit, puskesmas untuk penyemprotan disinfektan dan pembagian APD.

“Teman-teman dokter selama dua bulan lebih tanpa libur terus berkeliling melakukan kegiatan-kegiatan seperti membagikan APD, hand sanitizer, juga menyemprot disinfektan di rumah sakit, klinik, puskesmas dan kantor-kantor layanan umum hanya untuk memastikan agar penularan tidak terjadi. Aktivitas ini juga membuat rambut mereka tidak terurus,” terangnya.

Dia mengatakan pesan yang ingin disampaikan dalam pandemi ini, jangan menganggap bahwa Corona adalah hal yang biasa, seperti dengan virus flu maupun lainnya.

“Ini virus yang harus diwaspadai, sehingga kami saja sebagai dokter melakukan potong rambut dengan protap Covid-19, sebagai bentup upaya pencegahan,” ucapnya. (Ant)

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

HIV/AIDS Papua Barat Kian Menyedihkan, Gubernur: Ayo Periksa
apahabar.com

Nasional

Jadi PM, Muhyiddin Yassin Minta Warga Malaysia Terima Putusan Raja
apahabar.com

Gaya

Taruh Uang di Bawah Jok, Rp 20 Juta Raib
apahabar.com

Nasional

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Dinyatakan Negatif Covid-19
apahabar.com

Nasional

Berpisah Tiga Hari, Keluarga Ingin Pembunuh Levie Segera Ditangkap
apahabar.com

Nasional

Sertijab Menhan, Prabowo Ditemani Hasyim dan Kakak-Kakaknya
apahabar.com

Nasional

Kakanwil: Promosi Asep Tak Berkaitan dengan Penyiraman Air Keras
apahabar.com

Nasional

Kapolda Papua: Banjir Bandang Akibat Pembalakan Liar di Gunung Cyclop
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com