Demi Aliran Sungai, Pos Polisi di Jalan Veteran Banjarmasin Dibongkar Lewat Udara, Paman Birin Salurkan Bantuan Korban Banjir dari Jokowi Pekan Ini, Rupiah Berpeluang Tembus Rp 14.000 Dini Hari, Merapi Kembali Luncurkan Awan Panas Sejauh 1,8 Km Kanada Bakal Cabut Larangan Terbang Boeing 737 Max

Tracking Klaster Gowa Kembali Jaring 3 Positif Covid-19 di Kalsel

- Apahabar.com Senin, 4 Mei 2020 - 18:48 WIB

Tracking Klaster Gowa Kembali Jaring 3 Positif Covid-19 di Kalsel

Info Covid-19 Kalsel. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Penyelidikan epidemiologi atau tracking oleh petugas surveilans kembali menjaring 3 kasus positif penularan Covid-19 yang berasal dari Barito Kuala dan Tanah Bumbu.

Hasil identifikasi tim Gugus Tugas, dua wilayah tersebut merupakan kasus hampir seluruhnya atau 100 persen dari klaster perjalanan Gowa.

“Ada penambahan 3 kasus positif dari hasil tracking yaitu 2 dari Batola dan 1 dari Tanah Bumbu,” papar Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kalsel, HM Muslim dalam keterangan resminya kepada apahabar.com, Senin (4/5) sore.

Tambahan kasus positif tersebut kemudian dilakukan karantina secara khusus. Sehingga jika ditotalkan hingga hari ini sudah terjadi penularan sebanyak 199 kasus Covid-19 di Kalsel.

Data hari ini menunjukkan 156 kasus yang terdiri dari 32 pasien positif masih menjalani perawatan di rumah sakit dan 124 orang lainnya menjalani karantina secara khusus,

“KS-Covid 197, laki-laki 27 tahun asal Tanah Bumbu. KS-Covid 198, wanita 55 tahun asal Batola. KS-Covid 199, wanita 46 tahun asal Batola. Tiga-tiganya dalam kondisi baik dan merupakan hasil tracking yang dilakukan surveilans,” sebut dia.

Perkembangan hari ini juga terjadi peningkatan pada jumlah pasien dalam perawatan (pdp) sehingga total tercatat 42 pasien. Penambahan ini terdinamika dengan beberapa hal di antaranya 2 PDP meninggal dunia yaitu Mas-28 (laki-laki 55 tahun asal Banjarmasin) dan SM-01 (laki-laki 61 tahun asal Banjarmasin).

Selanjutnya adalah tambahan 4 PDP baru yang terdiri dari Ulin-94 (wanita 58 tahun asal Banjarmasin), Ulin-95 (laki-laki 43 tahun asal Banjarmasin), RZ-07 (laki-laki 37 tahun asal Banjarbaru) dan 1 PDP asal Hulu Sungai Selatan (wanita) yang melakukan karantina secara khusus.

“Ulin-94 dalam kondisi demam, batuk dan belum stabil. Ulin-95 dalam perawatan. Sedangkan 2 lainnya dalam kondisi stabil dan baik,” jelasnya

Data Gugus Tugas juga kembali mencatat 1 kasus kematian baru yaitu pasien KS-Covid 158 (wanita 45 tahun asal Banjarmasin) yang menjalani perawatan di RSUD Ulin Banjarmasin dilaporkan meninggal dunia, tadi malam. Namun, Gugus Tugas belum menginformasikan hasil lab pasien meninggal tersebut apakah negatif atau positif tertular Covid-19. Oleh karena itu tercatat seluruhnya terjadi kasus kematian sebanyak 12 orang dengan kesembuhan sebanyak 31 orang.

“Sudah dilakukan perawatan yang optimal. Terakhir dilakukan dengan penggunaan berbagai alat yang dibutuhkan, salah satunya ventilator,” pungkas Muslim

Sementara itu terlapor orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 1.213. Jika dibandingkan dengan data kemarin, maka terjadi pengurangan sebanyak 14 orang, atau mereka yang dinyatakan selesai dilakukan pemantauan oleh petugas.

Reporter: Musnita Sari
Editor: Syarif

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Haul Guru Sekumpul Bebas Atribut Politik, Simak Amanah Keluarga

Kalsel

Hari Ini, Kalsel Belum Sepenuhnya Bebas Hujan
apahabar.com

Kalsel

Urai Kemacetan, U-Turn Depan Gerbang II ULM Dibuka Lagi
apahabar.com

Kalsel

Nahkoda Baru DPRD Tapin, Siap Bersinergi Dengan Pemerintah
apahabar.com

Kalsel

BKSDA Was-was Karhutla Ancam Flora dan Fauna di Kalsel!
apahabar.com

Kalsel

Pagi Berawan, Siang dan Malam Diwarnai Hujan
apahabar.com

Kalsel

Kabar Covid-19 di Banjarmasin: Positif 93, PDP 66 dan ODP 443 Orang
apahabar.com

Kalsel

Bayi di Kandang Ayam Tabalong, Peluang Adopsi Tertutup
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com