Indef: Setahun Jokowi-Ma’ruf Amin ULN Melonjak, Setiap Penduduk Warisi Utang Rp 20,5 juta Tim Macan Kalsel Gerebek Wanita Buronan Kasus Penggelapan Kapal Demo di Pelaihari Berbuntut Laporan Polisi, Sekda Tala Minta Maaf Harga Tiket Bioskop XXI Duta Mall Banjarmasin Turun, Simak Daftar Lengkapnya Kedai Terapung, Unggulan Wisata Baru di Barito Kuala

Tracking Klaster Gowa Kembali Jaring 3 Positif Covid-19 di Kalsel

- Apahabar.com Senin, 4 Mei 2020 - 18:48 WIB

Tracking Klaster Gowa Kembali Jaring 3 Positif Covid-19 di Kalsel

Info Covid-19 Kalsel. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Penyelidikan epidemiologi atau tracking oleh petugas surveilans kembali menjaring 3 kasus positif penularan Covid-19 yang berasal dari Barito Kuala dan Tanah Bumbu.

Hasil identifikasi tim Gugus Tugas, dua wilayah tersebut merupakan kasus hampir seluruhnya atau 100 persen dari klaster perjalanan Gowa.

“Ada penambahan 3 kasus positif dari hasil tracking yaitu 2 dari Batola dan 1 dari Tanah Bumbu,” papar Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kalsel, HM Muslim dalam keterangan resminya kepada apahabar.com, Senin (4/5) sore.

Tambahan kasus positif tersebut kemudian dilakukan karantina secara khusus. Sehingga jika ditotalkan hingga hari ini sudah terjadi penularan sebanyak 199 kasus Covid-19 di Kalsel.

Data hari ini menunjukkan 156 kasus yang terdiri dari 32 pasien positif masih menjalani perawatan di rumah sakit dan 124 orang lainnya menjalani karantina secara khusus,

“KS-Covid 197, laki-laki 27 tahun asal Tanah Bumbu. KS-Covid 198, wanita 55 tahun asal Batola. KS-Covid 199, wanita 46 tahun asal Batola. Tiga-tiganya dalam kondisi baik dan merupakan hasil tracking yang dilakukan surveilans,” sebut dia.

Perkembangan hari ini juga terjadi peningkatan pada jumlah pasien dalam perawatan (pdp) sehingga total tercatat 42 pasien. Penambahan ini terdinamika dengan beberapa hal di antaranya 2 PDP meninggal dunia yaitu Mas-28 (laki-laki 55 tahun asal Banjarmasin) dan SM-01 (laki-laki 61 tahun asal Banjarmasin).

Selanjutnya adalah tambahan 4 PDP baru yang terdiri dari Ulin-94 (wanita 58 tahun asal Banjarmasin), Ulin-95 (laki-laki 43 tahun asal Banjarmasin), RZ-07 (laki-laki 37 tahun asal Banjarbaru) dan 1 PDP asal Hulu Sungai Selatan (wanita) yang melakukan karantina secara khusus.

“Ulin-94 dalam kondisi demam, batuk dan belum stabil. Ulin-95 dalam perawatan. Sedangkan 2 lainnya dalam kondisi stabil dan baik,” jelasnya

Data Gugus Tugas juga kembali mencatat 1 kasus kematian baru yaitu pasien KS-Covid 158 (wanita 45 tahun asal Banjarmasin) yang menjalani perawatan di RSUD Ulin Banjarmasin dilaporkan meninggal dunia, tadi malam. Namun, Gugus Tugas belum menginformasikan hasil lab pasien meninggal tersebut apakah negatif atau positif tertular Covid-19. Oleh karena itu tercatat seluruhnya terjadi kasus kematian sebanyak 12 orang dengan kesembuhan sebanyak 31 orang.

“Sudah dilakukan perawatan yang optimal. Terakhir dilakukan dengan penggunaan berbagai alat yang dibutuhkan, salah satunya ventilator,” pungkas Muslim

Sementara itu terlapor orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 1.213. Jika dibandingkan dengan data kemarin, maka terjadi pengurangan sebanyak 14 orang, atau mereka yang dinyatakan selesai dilakukan pemantauan oleh petugas.

Reporter: Musnita Sari
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

BMKG Perkirakan Kalsel Hujan Disertai Petir Siang ini
apahabar.com

Kalsel

Hj Ananda Gemar Pakai Tas Purun Ketimbang Tas Branded
apahabar.com

Kalsel

HUT Ke-74 RI, Ratusan Kader PDIP Kalsel Kenang Perjuangan Bung Karno
apahabar.com

Kalsel

Arie Husairi ‘Si Garuk Kaki Nyamuk’ Juara KNPI Stand Up Comedy
apahabar.com

Kalsel

Sanca Kembang Masuk Rumah, Polisi dan Damkar Turun Tangan
apahabar.com

Kalsel

Antisipasi Kerumunan Massa di Pilkada 2020, Bawaslu Banjarbaru Godok Pokja Gabungan
apahabar.com

Kalsel

Lima Sekolah di Balangan Ikut Program Adiwiyata 2019
apahabar.com

Kalsel

Jelang Pemilu 2019, Warga Binaan Lapas Teluk Dalam Rekam e-KTP
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com