Bertambah Belasan, 6 Positif Covid-19 di Kotabaru Pejuang Medis dan WNA Sosok AS, Terduga Teroris di Tanbu yang Diamankan Densus 88 Densus 88 Beraksi di Tanah Bumbu, Buku Jihad dan Syal Diamankan Tagihan Listrik di Kalsel-Teng Membengkak? PLN Ungkap Penyebabnya Jumatan Perdana di Banjar, 4 Masjid Dijaga Ketat TNI-Polri




Home Nasional

Rabu, 20 Mei 2020 - 18:43 WIB

Update Covid-19 di Indonesia: Sembuh Jadi 4.575, Positif 19.189

Triaji Nazulmi - Apahabar.com

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto. Foto-Antara/Muhammad Zulfikar

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto. Foto-Antara/Muhammad Zulfikar

apahabar.com, JAKARTA – Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan hingga Rabu (20/05) ada penambahan 108 orang yang sembuh, sehingga menjadi 4.575 dari 19.189 orang yang terkonfirmasi positif.

“Sedangkan pasien yang meninggal 1.242 orang. Jumlah secara akumulatif pasien dalam pengawasan (PDP) 11.705 orang dan orang dalam pemantauan (ODP) 44.703 orang,” kata Yurianto dalam jumpa pers di Graha BNPB Jakarta, Rabu.

Data tersebut menunjukkan penambahan bila dibandingkan sehari sebelumnya, yaitu jumlah kasus positif bertambah 693 orang dan pasien meninggal bertambah 21 orang.

Sebelumnya pada Selasa (19/05) terdata 4.467 pasien sembuh dari 18.496 kasus positif dan 1.221 orang meninggal dunia.

Yurianto mengatakan seluruh provinsi di Indonesia sudah terpapar Covid-19, sedangkan kabupaten dan kota yang terdampak 391 atau bertambah satu kabupaten atau kota dari hari sebelumnya.

Baca juga :  Jelang PSM vs Barito, Yunan Sudah Analisis Kelebihan dan Kekurangan Lawan

Penambahan kasus positif Covid-19 terbanyak terjadi di Jawa Barat, yaitu 176 orang positif. Sementara untuk penambahan kasus meninggal terbanyak terjadi di Jawa Timur, yakni enam orang dan penambahan pasien sembuh terbanyak di Provinsi Sumatera Barat, yakni 28 pasien.

Secara kumulatif, DKI Jakarta masih menjadi provinsi dengan kasus positif, sembuh, dan meninggal terbanyak, yaitu 6.236 kasus positif, 1.329 orang sembuh dan 472 orang meninggal.

Setelah DKI Jakarta, provinsi yang menempati posisi kedua dengan jumlah kasus positif terbanyak adalah Jawa Timur dengan jumlah kasus positif 2.496 orang.

Baca juga :  Sampai Ada Vaksin, Masyarakat Diminta Hidup Berdamai dengan Covid-19 

Sedangkan posisi kedua kumulatif pasien sembuh terbanyak setelah DKI Jakarta adalah Jawa Barat, yaitu 412 orang sembuh.

Secara keseluruhan, pemerintah telah melakukan pemeriksaan usapan rongga mulut dengan berbagai jenis spesimen mencapai 211.883 spesimen. Hasil uji spesimen tersebut merupakan gabungan dari pemeriksaan menggunakan metode Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) dan Tes Cepat Molekuler (TCM).

Terkait perkembangan data tersebut, baik penambahan data positif, ODP maupun PDP, ia mengatakan rantai penularan Covid-19 hingga hari ini masih berlangsung dan upaya melindungi diri masih belum baik dimana banyak orang yang mengabaikan protokol kesehatan, tidak menggunakan masker, tidak menjaga jarak dan tidak menghindari kerumunan.(Ant)

Editor: Aprianoor

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Cegah Virus Corona, 118 WNA Ditolak Masuk Indonesia
apahabar.com

Nasional

Ma’ruf Amin: Ada 34 Kementerian di Kabinet Kerja Jilid II
apahabar.com

Nasional

Penajam Paser Utara, Calon Ibu Kota Menyimpan Potensi Bajakah
apahabar.com

Nasional

Para Tersangka OTT KPK di Balikpapan Diterbangkan ke Jakarta
apahabar.com

Nasional

Dewan Dukung Penambahan Petugas Haji  
apahabar.com

Nasional

Pemerintah Kejar Pemeriksaan 10.000 Sampel Covid-19 per Hari
apahabar.com

Nasional

Motor Listrik Jokowi Akan Dilelang di Konser Virtual Bimbo
apahabar.com

Nasional

Ibundanya Dimakamkan di Asahan Disambut Ribuan Warga, Ustadz Somad: Doakan Kami Tetap Sabar