ga('send', 'pageview');
Geger Mayat Mengapung di Laut Tanbu, Polisi Sulit Identifikasi Jelang Magrib, Api Gegerkan Blok Ikan Pasar Kandangan Peringatan 100 Hari Guru Zuhdi: Makam Ditutup, Streaming Jadi Andalan Covid-19 di Bappeda Kalsel: Puluhan Positif, Satu Meninggal Dunia Tragedi Ledakan Berantai di Beirut: Puluhan Tewas, Ribuan Luka-Luka, Satu WNI




Home Pemkab Tanah Bumbu

Rabu, 20 Mei 2020 - 19:38 WIB

Warga Tanbu Diminta Patuhi Seruan Pemerintah Soal Salat Ied di Rumah

Redaksi - apahabar.com

 ilustrasi. Foto-Liputan6.com

ilustrasi. Foto-Liputan6.com

apahabar.com, BATULICIN – Warga Kabupaten Tanah Bumbu diminta untuk menggelar salat ied di rumah masing-masing.

Pemkab Tanah Bumbu bersama seluruh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Kementerian Agama Tanah Bumbu juga sudah menerbitkan seruan bersama tentang pedoman pelaksanaan Salat Idul Fitri 1441 Hijriah dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Mari dengan kesadaran sendiri melaksanakan Salat Idul Fitri di rumah masing-masing bersama dengan keluarga dan selalu berdoa agar wabah Covid-19 ini segera berakhir,” ajak Bupati Sudian Noor.

Sekretaris Daerah Tanah Bumbu, Rooswandi Salem, meminta seluruh elemen masyarakat, baik organisasi keagamaan dan pemerintah desa menaati seruan tersebut.

“Berdasarkan kajian Dinas Kesehatan Tanah Bumbu, seluruh wilayah di Bumi Bersujud berisiko Covid-19,” ujar Sekda.

Apalagi saat ini angka positif Covid-19 terus meningkat. Hal itu dikhawatirkan akan menjadi bom waktu yang tidak dapat terkendali.

“Kami harap masyarakat dapat memahaminya lebih bijak,” sebut Sekda.

Berdasarkan data Tim Gugus Tugas Covid-19 Tanah Bumbu, kenaikan pasien Corona di Bumi Bersujud sangat signifikan dan juga telah terjadi transmisi lokal.

Untuk itu, Sekda meminta perlu kerja sama seluruh masyarakat dalam hal pencegahan penyebaran Covid-19 ini.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk tetap menerapkan social distancing, physical distancing, PHBS, mencuci tangan dengan sabun, dan menggunakan masker.

Adapun yang mendasari diterbitkannya seruan bersama tersebut yaitu dengan memperhatikan fatwa MUI Nomor 28 Tahun 2020 tentang panduan kafilat takbir dan Salat Idul Fitri saat pandemi Covid-19 Tanggal 13 Mei 2020, Maklumat Kapolri Nomor : Mak/2/III/2020 Tanggal 19 Maret 2020, serta rekomendasi Dinas Kesehatan Tanah Bumbu Nomor : T/433.2/Dinkes-Set3/V/2020.

Dalam seruan bersama nomor : P/443.26/1005/Kesra.2/V/2020 tersebut disepakati agar umat Islam di Kabupaten Tanah Bumbu melaksanakan Salat Idul Fitri 1441 Hijriah atau 2020 masehi di rumah masing-masing dengan berjamaah bersama anggota keluarga atau secara sendiri (munfarid).

Selain itu, umat Islam di Tanah Bumbu wajib mendukung dan mentaati kebijakan pemerintah dalam percepatan pencegahan dan penanggulangan Covid-19 dengan melaksanakan dan memperhatikan protokol kesehatan di lingkungan masing-masing.

Hal ini dinilai penting mengingat penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tanah Bumbu hingga saat ini belum terkendali dan sudah terjadi penularan infeksi Covid-19 di masyarakat lokal (transmisi lokal).

Kemudian tingkat kenaikan jumlah masyarakat yang terinfeksi semakin tinggi perlu pencegahan secara menyeluruh sebelum semakin besar penyebarannya.

apahabar.com

Surat seruan bersama yang meminta masyarakat agar menggelar salat Ied di rumah.

Reporte: Syahriadi
Editor: Puja Mandela

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Peserta Tes CPNS di Tanbu Diminta Tak Bawa Jimat
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

191 CPNS di Tanbu Kantongi SK
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Kemarau Diprediksi Agustus, Tanah Bumbu Siaga
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

RPH Batulicin Pastikan Daging Sapi Aman Konsumsi
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Pemkab Tanbu Tangguhkan Perjalanan Dinas ke Luar Daerah
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Antologi Puisi Penawar Jiwa dan Penantian Diah NN Selama 4 Tahun
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Terminal dan Pelabuhan di Tanbu Disterilkan
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Di Tanbu, Merokok Sembarangan Akan Kena Razia Satpol PP
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com