Istri Polisi Korban Penyerangan Mapolsek Daha: NKRI Harga Mati! PDP-Tracking GTPP Tambah Daftar Warga Kalsel Terjangkit Covid-19 Operasi Anti-Teror di Kalsel, Jumlah Pelaku Kemungkinan Bertambah 5 Terduga Teroris Ditangkap, MUI: Kalsel Bukan Zona Aman PSBB Berakhir, THM-Bioskop di Banjarmasin Terancam Mati Suri




Home Kalteng

Jumat, 22 Mei 2020 - 13:01 WIB

Waspada, 6 Pedagang di Pasar Palangka Raya Positif Covid-19

rifad - Apahabar.com

Pedagang Pasar Besar menjalani pemeriksaan Covid-19 di Makodim 1016/Palangka Raya, Jumat. Foto-Antara

Pedagang Pasar Besar menjalani pemeriksaan Covid-19 di Makodim 1016/Palangka Raya, Jumat. Foto-Antara

apahabar.com, PALANGKARAYA – Enam pedagang di Pasar Besar, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, dinyatakan positif terpapar Corona .

Sementara 14 lainnya juga terindikasi terinfeksi virus penyebab Covid-19 itu.

“Saat ini di Pasar Besar ada enam pedagang yang positif. Itu didasarkan hasil (pemeriksaan) swab. Sementara dari hasil rapid (test) yang dilakukan terhadap 68 orang, 14 di antaranya diketahui reaktif,” kata Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Palangka Raya Emi Abriyani, Jumat (22/5).

Enam pedagang pasar yang dikonfirmasi terserang Covid-19 saat ini menjalani perawatan. Sedangkan 14 orang yang terindikasi lainnya menjalani isolasi mandiri.

Baca juga :  Besok Pendaftaran CPNS di Barut Mulai Dibuka, Cek Formasinya

Guna mencegah penularan, ia melanjutkan, pendataan dan pemeriksaan dilakukan pada orang-orang yang pernah melakukan kontak dekat dengan enam pedagang dimaksud.

Emi mengkhawatirkan kemungkinan terjadi peningkatan kasus Covid-19 karena para pedagang dan warga masih banyak yang mengabaikan protokol kesehatan saat berada di luar rumah.

“Apalagi, mendekati akhir Ramadan dan mendekati Idulfitri ini banyak masyarakat berbondong-bondong berbelanja namun mengabaikan protokol kesehatan. Padahal petugas tim gugus terus melakukan sosialisasi,” katanya.

Oleh karena itu, menurut dia, Gugus Tugas menyusun strategi untuk meminimalkan risiko transmisi Covid-19 di pasar dan pusat belanja.

Baca juga :  Dihuni 338 Tahanan dan WBP, Lapas Kelas II B Muara Teweh Over Kapasitas

“Pertama akan dibuat rekayasa arus lalu lintas, dibuat jalur masuk dan jalur keluar keluar dijaga oleh Tim Gugus Covid-19. Parkir dibuat di luar jalur masuk pasar dan pembeli diatur untuk masuk pasar sesuai dengan protokol kesehatan,” katanya.

Ia menambahkan pedagang yang berjualan di Jalan Jawa dan Jalan Lombok kompleks Pasar Besar akan dipindahkan ke Jalan Ahmad Yani depan Kodim 1016/Palangka Raya. (Ant)

Editor: Fariz Fadhillah

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

September, Kalteng Bebas dari Covid-19 Asalkan…
apahabar.com

Kalteng

Alfamart Gelar Khitanan Massal
apahabar.com

Kalteng

Polres Barut Tangkap Dua Pencuri Sarang Walet, Sisanya Buron
apahabar.com

Kalteng

Obesitas Ekstrem Seperti Wanita di Kalteng, Ini Kemungkinan Penyebabnya
apahabar.com

Kalteng

2 Hari Mantan Kepala Dusun Pikun Bikin Heboh
apahabar.com

Kalteng

Lagi Tinggi, 16 Remaja Sempoyongan Diamankan Satpol PP
apahabar.com

Kalteng

Alasan Kesehatan, Plt Kadinsos Mundur dari Jabatan
apahabar.com

Kalteng

Eks Lokalisasi Merong Kembali Beroperasi, Ini Kata Dinsos PMD Barut