Cerita Sukses Trader Forex Banjarmasin, Modal Rp 15 Juta Berangkatkan Umrah Keluarga 3 Jam Hujan Deras, Ratusan Rumah Warga Desa Miawa Tapin Kebanjiran Kisah Pilu Istri Korban Disambar Buaya di Kotabaru, Harus Rawat 4 Anak, 1 di Antaranya Berusia 6 Bulan Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah Produksi Migas Kalimantan-Sulawesi Lampaui Target, Kok Bisa?

Waspada, 6 Pedagang di Pasar Palangka Raya Positif Covid-19

- Apahabar.com Jumat, 22 Mei 2020 - 13:01 WIB

Waspada, 6 Pedagang di Pasar Palangka Raya Positif Covid-19

Pedagang Pasar Besar menjalani pemeriksaan Covid-19 di Makodim 1016/Palangka Raya, Jumat. Foto-Antara

apahabar.com, PALANGKARAYA – Enam pedagang di Pasar Besar, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, dinyatakan positif terpapar Corona .

Sementara 14 lainnya juga terindikasi terinfeksi virus penyebab Covid-19 itu.

“Saat ini di Pasar Besar ada enam pedagang yang positif. Itu didasarkan hasil (pemeriksaan) swab. Sementara dari hasil rapid (test) yang dilakukan terhadap 68 orang, 14 di antaranya diketahui reaktif,” kata Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Palangka Raya Emi Abriyani, Jumat (22/5).

Enam pedagang pasar yang dikonfirmasi terserang Covid-19 saat ini menjalani perawatan. Sedangkan 14 orang yang terindikasi lainnya menjalani isolasi mandiri.

Guna mencegah penularan, ia melanjutkan, pendataan dan pemeriksaan dilakukan pada orang-orang yang pernah melakukan kontak dekat dengan enam pedagang dimaksud.

Emi mengkhawatirkan kemungkinan terjadi peningkatan kasus Covid-19 karena para pedagang dan warga masih banyak yang mengabaikan protokol kesehatan saat berada di luar rumah.

“Apalagi, mendekati akhir Ramadan dan mendekati Idulfitri ini banyak masyarakat berbondong-bondong berbelanja namun mengabaikan protokol kesehatan. Padahal petugas tim gugus terus melakukan sosialisasi,” katanya.

Oleh karena itu, menurut dia, Gugus Tugas menyusun strategi untuk meminimalkan risiko transmisi Covid-19 di pasar dan pusat belanja.

“Pertama akan dibuat rekayasa arus lalu lintas, dibuat jalur masuk dan jalur keluar keluar dijaga oleh Tim Gugus Covid-19. Parkir dibuat di luar jalur masuk pasar dan pembeli diatur untuk masuk pasar sesuai dengan protokol kesehatan,” katanya.

Ia menambahkan pedagang yang berjualan di Jalan Jawa dan Jalan Lombok kompleks Pasar Besar akan dipindahkan ke Jalan Ahmad Yani depan Kodim 1016/Palangka Raya. (Ant)

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Bantu Masyarakat, BPJS Kesehatan Barut Programkan Relaksasi Tunggakan
apahabar.com

Kalteng

Disebut Kurang Tenaga, Proyek Food Estate Cukup lewat Intervensi TNI?
apahabar.com

Kalteng

Ringankan Beban Masyarakat Terdampak Covid-19, PKB Kalteng Terus BerbagiĀ 
apahabar.com

Kalteng

Satgas Covid-19 Palangka Menyetujui Ratusan Izin Acara Nikahan
apahabar.com

Kalteng

Malam Ini, DPRD Kapuas Ketok KUA-PPAS 2021
apahabar.com

Kalteng

Mahasiswa Kalteng Minta Kematian Kader IMM Saat Demonstrasi Diusut
apahabar.com

Kalteng

Kapolda Kalteng Terima Gelar Adat Dayak
apahabar.com

Kalteng

Bejat! Seorang Pemuda di Barut Kalteng Cabuli Anak di Bawah Umur Berkali-kali
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com