Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah Cerita Sukses Trader Forex Banjarmasin, Modal Rp 15 Juta Berangkatkan Umrah Keluarga 3 Jam Hujan Deras, Ratusan Rumah Warga Desa Miawa Tapin Kebanjiran Kisah Pilu Istri Korban Disambar Buaya di Kotabaru, Harus Rawat 4 Anak, 1 di Antaranya Berusia 6 Bulan Produksi Migas Kalimantan-Sulawesi Lampaui Target, Kok Bisa?

5 Cara Mengendalikan Hawa Nafsu

- Apahabar.com Rabu, 17 Juni 2020 - 06:15 WIB

5 Cara Mengendalikan Hawa Nafsu

Ilustrasi. Foto-Freepik

apahabar.com, JAKARTA – Mengendalikan hawa nafsu butuh bukan perkara mudah. Apalagi nafsu menjadi bagian dari fitrah manusia. Lalu bagaimana cara melatih diri agar hawa nafsu terkendalikan?

Dikutip dari buku ‘Fiqih Cinta’ karya Abdul Aziz Ahmad, Ibn Qayyim berpendapat, ketika seseorang diuji dengan hawa nafsu, yang setiap waktu selalu berbisik ke dalam diri kita. Kemudian manusia pun telah telah diberi dua hakim, yakni hakim akal dan hakim agama.

Oleh sebab itu manusia diperintahkan untuk mengangkat bisikan-bisikan hawa nafsu, supaya tidak mudah dikendalikan oleh aturan kedua hakim tersebut. Maka, ia harus terus berlatih untuk menolak sesuatu, sehingga secara perlahan dapat menghindari hawa nafsu.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk melatih diri mengendalikan hawa nafsu, yaitu di antaranya:

1. Latihan yang paling efektif adalah puasa, dibarengi dengan mengurangi pemenuhan berbagai tuntutan hawa-nafsu yang tidak berbahaya, dan meninggalkan yang berbahaya. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan tindakan kebalikannya, berkaitan dengan menentang hawa-nafsu.

2. Latihan harus dilakukan secara bertahap. Banyak kasus membuktikan, bahwa orang yang memaksa jiwanya meninggalkan hawa nafsu secara ekstrem ternyata mengalami berbagai dampak buruk yang tidak diharapkan, seperti gangguan jiwa, lepas kendali, dan sebagainya.

3. Latihan harus disesuaikan dengan kondisi usia: pertama, sesuai dengan tingkat usia. Seorang pemuda justru harus memberikan porsi yang lebih banyak kepada hawa-nafsu dari orangtua, karena dengan hawa-nafsu ia akan terus bergerak maju;
Kedua, kuat lemahnya kondisi fisik dan mental. Banyak orang yang ingin memiliki ketakwaan seperti ‘Umar bin al-Khaththib r.a. Namun, perlu diingat, kondisi seperti itu amat sulit diraih, kecuali oleh orang-orang yang memiliki kondisi flsik dan mental yang tidak jauh berbeda dengan ‘Umar. Masih banyak sahabat lain yang layak dijadikan panutan.

4. Latihan harus dibarengi dengan peningkatan pengetahuan agama, khususnya yang berkaitan dengan akibat hawa-nafsu dan takut kepada Allah SWT. Jika ia mengetahui akibat buruk hawa-nafsu, maka akan lebih termotivasi untuk mengendalikan dirinya. Sementara itu, jika ia takut kepada Allah SWT, maka ia akan menolak tuntutan hawa-nafsu yang berbahaya karena takutnya kepada Allah SWT.

5. Latihan hanyalah bertujuan untuk meningkatkan kemampuan diri mengendalikan hawa-nafsu, bukan menghilangkannya sama sekali. Sebab, meninggalkannya sama sekali bisa membuat manusia menjadi lembam, apatis, dan mundur.

Selain itu, anjuran untuk tidak terlalu mengikuti hawa nafsu juga tertulis di dalam Alquran. Sebagaimana firman Allah SWT:

Yā ayyuhallażīna āmanụ kụnụ qawwāmīna bil-qisṭi syuhadā`a lillāhi walau ‘alā anfusikum awil-wālidaini wal-aqrabīn, iy yakun ganiyyan au faqīran fallāhu aulā bihimā, fa lā tattabi’ul-hawā an ta’dilụ, wa in talwū au tu’riḍụ fa innallāha kāna bimā ta’malụna khabīrā

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang yang benar-benar penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah biarpun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapa dan kaum kerabatmu. Jika ia kaya ataupun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatannya. Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ingin menyimpang dari kebenaran. Dan jika kamu memutar balikkan (kata-kata) atau enggan menjadi saksi, maka sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui segala apa yang kamu kerjakan.” (QS. An Nisa ayat 135). (okz)

Editor: Syarif

Editor: Uploader - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Saring Permintaan Haji dari Lebih 160 Negara, Arab Saudi: Dilarang Sentuh Kakbah
apahabar.com

Hikmah

Kecerdasan Imam Ali bin Abi Thalib RA, Memecahkan dengan Mudah Persoalan yang Rumit
apahabar.com

Religi

5 Hadis Nabi Muhammad Tentang Keutamaan Menikah, Salah Satunya Bertemu Allah dalam Keadaan Suci
apahabar.com

Habar

Pelayanan Haji dan Umrah Tetap Jalan, Kemenag: Hanya Ada Pembatasan
apahabar.com

Habar

Kisah Inspiratif Ilmuwan Muslim Pelopor Perkembangan Robot Modern
apahabar.com

Hikmah

Nasehat Ibnu Abbas RA yang Membuat Orang Terdiam
apahabar.com

Religi

Mahalnya Mahar Rasulullah SAW untuk Para Istri Beliau
apahabar.com

Religi

Menjelang Haul Syekh Samman, Berikut Imbauan Ketua Panitia Untuk Jemaah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com