Kebakaran Gang Nuri, Asrama Anak Yatim Ikut Ludes Terbakar BREAKING! Api Kembali Berkobar di Gang Nuri Banjarmasin Fakta Sejarah Jembatan Barito: Sempat Ingin Diberi Nama Soeharto hingga Terpanjang di Asia Tenggara Menang Dua Game, Ganda Putra Indonesia Marcus/Kevin Gilas Pasangan Inggris Raya JANGAN PANIK! Banjarbaru Resmi Terapkan PPKM Level IV 26 Juli

7 Tahun Berturut-turut, Pemkab Banjar Kembali Raih Opini WTP

- Apahabar.com     Rabu, 17 Juni 2020 - 08:41 WITA

7 Tahun Berturut-turut, Pemkab Banjar Kembali Raih Opini WTP

Pemkab Banjar berhasil mempertahankan predikat Opini WTP dari BPK RI Perwakilan Provinsi Kalsel. Foto-istimewa.

apahabar.com, MARTAPURA – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Kalsel melaksanakan penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2019.

Untuk pertama kalinya pada tahun 2020 ini, penyerahan LHP atas LKPD TA 2019 pada 13 Kabupaten/Kota di Kalsel ini dilakukan secara online melalui video conference, Selasa (16/6).

Berdasarkan hasil laporan pemeriksaan atas Kewajaran Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2019 oleh Kepala BPK RI Kalimantan Selatan, Tornanda Syaifullah mengatakan Kabupaten Banjar berhasil memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Mendengar hasil tersebut, Bupati Banjar, H Khalilurrahman mengungkapkan rasa syukur atas perolehan Opini WTP.

“Alhamdulillah, Kabupaten Banjar dapat mempertahankan predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian selama tujuh tahun berturut-turut,” katanya di Command Center Barokah, Pendopo Bupati Banjar, Martapura.

“Ini adalah salah satu komitmen Pemerintah Kabupaten Banjar dalam menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas, akuntabel serta transparan,” sambung bupati.

Atas keberhasilan mempertahankan Opini WTP , Bupati Banjar mengucapkan kepada seluruh jajaran aparatur Pemkab Banjar yang bekerja keras sehingga laporan keuangan sesuai dengan aturan serta ketentuan yang berlaku.

“Seiring dengan perjalanan waktu Opini WTP merupakan kebutuhan bersama, di mana kita memerlukan laporan keuangan yang baik dan juga memerlukan pertanggungjawaban keuangan yang baik,” jelas Bupati.

Kepala BPK RI Kalimantan Selatan, Tornanda Syaifullah menjelaskan pada sambutannya, di tengah Pandemi Covid-19 BPK RI tetap mengacu standar yang ditetapkan dalam proses pemeriksaan LKPD TA 2019.

Meski demikian ada beberapa metode pemeriksaan yang dimodifikasi. Akan tetapi, proses pemeriksaan tetap melalui quality control dan quality insurance yang ketat.

Ia menerangkan LHP atas LKPD merupakan output dari pemeriksaan keuangan yang dilaksanakan BPK RI untuk memenuhi amanah UU nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara, yang merupakan tanggung jawab kepala daerah atas pengelolaan keuangan negara atau daerah pada satu tahun anggaran 2019.

Syaifullah mengatakan laporan yang pihaknya serahkan terdiri dari tiga laporan.

“Di antaranya LHP atas LKPD 2019, LHP atas sistem pengendalian interen, dan LHP atas kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan,” katanya.

Pada laporan tersebut BPK memberikan Opini mengenai kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan tersebut.

“Kami mengucapkan selamat kepada semua 13 kabupaten/kota Provinsi Kalimantan Selatan yang telah meraih predikat Opini WTP, serta kepada daerah-daerah yang dapat mempertahankan predikat WTP ini,” ucap Kepala BPK RI Perwakilan Kalsel.

Tornanda Syaifullah berpesan semua pemerintah kabupaten/kota untuk tetap harus meningkatkan kualitas keuangan serta pelayanan masyarakat.

Editor: Puja Mandela

 

Editor: Reporter: Hendra Lianor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kabupaten Banjar

Masuk Zona 1 Penataan Sekumpul, 59 Makam Dipindahkan
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Puluhan Kepala Keluarga di Kabupaten Banjar Terima BLT Dana Desa
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Pemkab Banjar Launching Mal Pelayanan Publik
Korban Banjir Banjar

Kabupaten Banjar

Korban Banjir Banjar Mulai Kosongkan Pos Pengungsian di Banjarbaru
Angin Puting Beliung

Kabupaten Banjar

Angin Puting Beliung Ngamuk, Puluhan Rumah di Banjar Poran Poranda
Sabu 2,5 Kg

Kabupaten Banjar

Ternyata Sabu 2,5 Kg Banjar Mau ke Hulu Sungai, Polisi: 10 Ribu Jiwa Selamat
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Selama Pandemi, Aplikasi LAPOR Banyak Terima Aduan Ini
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Warga Martapura yang Menjalani Karantina Covid-19 Silakan Klaim Paket Sembako
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com