KH Miftachul Achyar Terpilih Jadi Ketua Umum MUI, Gantikan Ma’ruf Amin Misteri 2 Bocah Dibunuh Ibu Depresi di Benawa HST, Saksi Kunci Buka Suara! Oknum Simpatisan Terjerat Sabu di Kotabaru, FPI Bantah Anggotanya Cabuli Murid, Oknum Guru Olahraga di SD Banjarbaru Langsung Dipecat! Ketuanya Buron, Joko Pitoyo Ambil Alih Nasdem Tanah Laut

Alasan Mereka Tak Bermasker di Pasar, Salah Satunya Susah Bernapas

- Apahabar.com Sabtu, 20 Juni 2020 - 11:32 WIB

Alasan Mereka Tak Bermasker di Pasar, Salah Satunya Susah Bernapas

Pedagang di pasar masih ada yang tak mengenakan masker. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah kota Banjarmasin nampaknya harus bekerja ekstra keras untuk memutus mata rantai penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) di kota Seribu Sungai.

Pasalnya kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan masih sangat minim, terutama pedagang dan pengunjung pasar yang merupakan lokasi rawan penyebaran Covid-19.

seperti pantuan apahabar.com, Sabtu 20 Juni 2020 di Pasar Sentra Antasari Banjarmasin yang terletak di Jalan Pangeran Antasari, Banjarmasin Tengah. Terlihat masih banyak pengunjung dan pedagang yang tidak memakai masker. nampaknya kesadaran mereka akan pencegahan virus covid-19 belum diindahkan.

Begitu juga di Pasar Binjai. Pasar pagi yang berada di Jalan Pekapuran Raya itu terlihat beberapa pedagang dan pengunjung tidak menggunakan masker, bahkan pintu masuk pasar tidak ditemukan tempat cuci tangan serta alat pengukur suhu tubuh.

Padahal, sebagian besar pedagang dan pengunjung dua pasar tradisional tersebut berasal dari kawasan Pekapuran Raya dan sekitarnya, yang notabene merupakan zona tertinggi penularan Covid-19 di kota Banjarmasin meskipun kini sudah dinyatakan sembuh.

Salah satu pengunjung pasar yang sedang berbelanja, Mama Maya (45) mengatakan, alasan tidak memakai masker karena dia jarang keluar rumah. Bahkan kali ini (berbelanja di pasar Binjai), ia mengaku sedang terburu-buru jadi tidak sempat mengenakan masker.

“Mama tadi buru-buru. Jadi tidak sempat pakai masker. Lagipula rumah Mama dekat saja dengan pasar ini,” akunya kepada apahabar.com di lokasi.

Sedangkan salah seorang pedagang, Rahimah (55), mengaku belum terbiasa menggunakan masker. Sebab jika dipakai menurutnya susah untuk bernapas. Tetapi ia mengaku kerap kali mencuci tangan yang disediakan warga.

“Anu ding, susah sekali bernapasnya jika gunakan masker. Tapi kalau cuci tangan tidak pernah lupa. Itu banyak tempat cuci tangan bahkan lengkap dengan sabunnya,” ucap pedagang sayuran itu sembari menunjuk ke arah tempat cuci tangan.

Akibatnya, sejumlah warga mengeluhkan banyaknya pedagang yang tidak mengenakan masker.

“Kami sebagai pembeli merasa ketakutan. Kami takut ketularan virus karena banyak pedagang tidak memakai masker,” keluh Nely Fitriani (18), warga Kelayan A, Banjarmasin Selatan. Dia enggan masuk pasar tradisional itu karena banyaknya pedagang tanpa memakai masker.

Terpisah, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, menyatakan pihaknya telah berkali-kali mengingatkan para pedagang untuk menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas, demi keamanan dan keselamatan bersama. Namun demikian, ia pun tak memungkiri jika masih ada para pedagang yang membandel (tidak kenakan masker).

“Akan kami ingatkan kembali, bahkan akan kami sertai dengan sedikit ancaman bagi pedagang maupun pengunjung pasar yang tidak menggunakan masker agar tidak diperbolehkan beraktivitas di pasar,” tegas Ibnu Sina

Editor: Syarif

Editor: Reporter: Eddy Andriyanto - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

BPJS Kesehatan Barabai Siap Jamu Jamaah Haul Guru Sekumpul
apahabar.com

Kalsel

Disemprot Disinfektan, Masjid Sabilal Muhtadin Siap untuk Salat Jumat
apahabar.com

Kalsel

Terjunkan Ratusan Personel, Basarnas Banjarmasin Siap Kawal Lebaran 2019
apahabar.com

Kalsel

Ribuan Jemaah ‘Serbu’ Makam H Leman Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

Pembangunan SMA Baru di Landasan Ulin Menunggu Restu Dewan
apahabar.com

Kalsel

Positif Covid-19, Dokter Penyakit Dalam HST Berpulang
apahabar.com

Kalsel

BNNK Banjarbaru Rangkul Kelurahan Tangani Rehabilitasi Pengguna Narkoba
apahabar.com

Kalsel

Tolak Tawaran Khatib, Wali Kota Banjarmasin Persilakan Salat Id dan Kurban
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com