Positif Sabu, Oknum Anggota DPRD Tala Terancam Dipecat! Hasil Visum: 2 Anak yang Diduga Dibunuh Ibu di Benawa HST Mati Lemas! Orbawati Buron, Nasdem Tanah Laut Fokus Menangkan BirinMu Detik-Detik Akhir Kampanye, Bawaslu RI Turun ke Banjarmasin Bisnis Terselubung, Polisi Kotabaru Tangkap 2 Pelaku TV Kabel

Bakti Sosial Polda Kalsel Adakan SIM Gratis hingga Swab Massal

- Apahabar.com Rabu, 24 Juni 2020 - 14:51 WIB

Bakti Sosial Polda Kalsel Adakan SIM Gratis hingga Swab Massal

Kapolda Kalsel, Irjen Pol Nico Afinta membagikan paket sembako kepada warga terdampak pandemi Covid-19 di wilayah hukum Polsek Banjarmasin Selatan. Foto-apahabar.com/Riyad Dafhi

apahabar.com, BANJARMASIN – Sambut HUT Bhayangkara ke-74, jajaran Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar kegiatan bakti sosial polri, Rabu (24/6) siang.

Bakti sosial itu diwujudkan dalam bentuk pembagian sembako, obat-obatan dan pembuatan SIM gratis kepada seluruh masyarakat yang terdampak virus Covid-19.

“Jumlah sembako yang dibagikan sebanyak 5.350, berisi beras, minyak, kecap dan lainnya. Kemudian untuk pembuatan SIM dilakukan oleh jajaran Ditlantas Polda Kalsel. Selain itu, ada pula pelaksanaan swab tes massal yang digelar oleh Biddokkes Polda Kalsel,” kata Kapolda Kalsel, Irjen Pol Nico Afinta ditemui saat membagikan langsung sembako kepada masyarakat di Polsek Banjarmasin Selatan.

Nico mengatakan, kegiatan ini dirasa sangat penting. Untuk itu, ia juga mengajak seluruh lapisan masyarakat, khususnya pemerintah daerah untuk melakukan kegiatan serupa.

“Diharapkan agar masyarakat bisa mematuhi protokol kesehatan demi mencegah Covid-19,” katanya.

Dirlantas Polda Kalsel, Kombes Pol Andi Aziz Nizar yang ditunjuk sebagai Ketua Seksi Bakti Sosial, menambahkan jika pembagian sembako ini sudah dilaksanakan sejak 14 Juni 2020.

“Sudah keseluruhan masyarakat sekitar Polres jajaran Polda Kalsel yang kita bagi hingga hari ini,” katanya.

Sementara itu, untuk pembuatan SIM gratis akan diberikan kepada masyarakat yang lahir pada 1 Juli atau bertepatan HUT Bhayangkara.

“Kita berikan sebanyak 490 SIM gratis untuk masyarakat Kalsel yang lahir bertepatan HUT Bhayangkara. Jadi kalau lahir tanggal 1 Juli silahkan daftarkan diri,” katanya.

Sedangkan untuk masyarakat yang tidak memenuhi syarat demikian atau tidak lahir pada tanggal 1 Juli, Ditlantas Polda Kalsel menyiapkan 100 SIM gratis. “Syaratnya menjawab kuis yang ada di media sosial kami,” katanya.

Selain bagi sembako dan pembuatan SIM, Polda Kalsel juga menggelar swab tes masal gratis untuk masyarakat Kota Banjarmasin, Rabu pagi tadi.

Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Kabidokkes) Polda Kalsel, Kombes Erwinn Zainul Hakim mengatakan, mereka yang datang untuk diswab tes merupakan orang-orang yang sudah di tracking oleh Dinkes Banjarmasin dan dinyatakan reaktif virus Covid-19, selain itu ada pula yang menjalani swab tes ulang.

“Targetnya ada 500 orang yang kita swab hari ini, hasil dari tracking oleh 62 puskesmas di Banjarmasin. Tapi kalo yang datang lebih 500 orang kita juga sudah siapkan,” katanya.

Demi menghindari perkumpulan masa, swab tes dilakukan secara drive thru atau langsung dari atas kendaraan pasien yang diperiksa.

“Kita lakukan swab berjalan, data mereka yang reaktif kita masukan dalam aplikasi, jadi masyarakat yang ingin swab tinggal masukan nomor induk kependudukan (NIK) di aplikasi ponsel, nanti di sana muncul barcode, setelah barcode muncul dibaca petugas. Hal itu dilakukan untuk mengurangi kontak fisik petugas dan pasien,” katanya.

Dikatakan Erwinn, aplikasi yang digunakan adalah hasil rancangan dari anggota Polda Kalsel. Kedepannya aplikasi tersebut juga akan digunakan di seluruh Puskesmas yang ada di Kalsel.

“Hasilnya nanti akan ketahuan di aplikasi tersebut. Di sana nanti juga akan terlacak orangnya, jadi yang positif tidak bisa kabur-kabur lagi,” katanya.

Sementara untuk masyarakat yang terkendala tidak mempunyai ponsel pintar atau tidak paham penggunaan, maka akan dibantu oleh petugas.

“Kalau sudah ditracking dan ada datanya, bisa masukkan lewat ponsel petugas,” katanya.

Editor: Aprianoor

Editor: Reporter: Riyad Dafhi R - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Dewan Beber Fakta Banjir di HSU yang Makin Menggila

Kalsel

Dewan Beber Fakta Banjir di HSU yang Makin Menggila
apahabar.com

Kalsel

Pencopotan APK Tanpa Melibatkan Satpol PP, Bawaslu Kalsel Segera Bersikap
apahabar.com

Kalsel

Kalsel Darurat Ekologis, Lingkungan Jadi Isu Pinggiran dalam Tahun Politik
apahabar.com

Kalsel

Satu Jemaah Haji Batola Terancam Pulang Terlambat
apahabar.com

Kalsel

Tanpa Peringatan Dini, BMKG Lihat Potensi Hujan Lokal di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Pulang Lebih Awal, Massa Aksi Refleksi 1 Tahun Jokowi-Ma’ruf Kembali Atur Strategi
apahabar.com

Kalsel

Tim BNPB Pusat Pantau Posko Karhutla Kodim Martapura
apahabar.com

Kalsel

Kalteng Putra Tambah Derita Barito
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com