UPDATE 264 Rumah di HST Hilang Disapu Banjir, 9 Meninggal BANYU LALU HAJA Tim Paman Birin Mau Polisikan Warga, Peradi-Komnas HAM Pasang Badan Duuh, 8 Kecamatan di Tanah Laut Hilang Disapu Banjir Dear Korban Banjir Kalsel, Telkomsel Bebaskan Telepon-SMS Demi Aliran Sungai, Pos Polisi di Jalan Veteran Banjarmasin Dibongkar

Belasan Anak Panti Asuhan di Kabupaten Banjar Positif Covid-19

- Apahabar.com Kamis, 11 Juni 2020 - 19:44 WIB

Belasan Anak Panti Asuhan di Kabupaten Banjar Positif Covid-19

Ilustrasi. Foto: Net

apahabar.com, JAKARTA – Sedikitnya belasan anak penghuni salah satu Panti Asuhan di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan dinyatakan positif coronavirus disease 2019 (Covid-19).

Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar menduga kelompok anak usia di bawah 17 tahun itu tertular dari para donatur.

Dugaan tersebut berdasarkan penelusuran kontak dan riwayat yang dilakukan terhadap keseluruhan penghuni panti asuhan.

“Selama bulan puasa terakhir banyak sekali tamu yang datang bersedekah, yang memberi santunan untuk anak-anak panti, kemungkinan besar terjadinya disitu,” ujar Kadinkes Kabupaten Banjar Dianuddin seperti dilansir dari CNNIndonesia, Kamis (11/6).

“Pengasuhnya sudah kita tanya juga apakah ada riwayat perjalanan ke mana, ternyata tidak ada, jadi pengasuhnya cuma di panti saja,” sambungnya.

Para anak-anak yang terjangkit virus corona tengah menjalani masa pengobatan dan karantina di Gedung Balai Pendidikan dan Pelatihan Diklat (BPPD) di jalan Ambulung Guntungmanggis, Kota Banjarbaru.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan telah mengalihfungsikan Gedung BPBD sebagai tempat terpadu isolasi pasien terkait virus corona sejak April 2020 lalu.

Dianuddin menyatakan, sejauh ini, kondisi 14 anak dalam keadaan stabil dan tanpa keluhan sedang hingga berat. Sementara itu, aktivitas panti asuhan terpaksa ditutup sementara waktu demi mencegah meluasnya persebaran virus corona dalam satu kawasan.

Dari total penghuni Panti Asuhan yang berjumlah 27 anak, sisa 13 anak lainnya yang tidak tertular virus corona langsung dipulangkan dan diwajibkan menjalani masa isolasi mandiri selama minimal masa terlama inkubasi virus covid-19 yaitu 14 hari.

Sementara itu hingga Kamis (11/6), Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Banjar mencatat ada 145 kasus positif terkonfirmasi di Kabupaten Banjar. Dari angka itu, 11 orang telah pulih dan 8 orang meninggal dunia.

Untuk pasien dalam pengawasan (PDP) yang masih menjalani perawatan berjumlah 22 orang, sedangkan orang dalam pemantauan (ODP)N tercatat total sebanyak 363 orang.(CNN)

Editor: Aprianoor

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Gitaris Seventeen Dipastikan Meninggal Dunia
apahabar.com

Nasional

Kronologi Lengkap Penusukan Syekh Ali Jaber di Lampung
apahabar.com

Nasional

TNI/Polri Belum Berhasil Evakuasi Korban Penembakan KKB
Kejagung

Nasional

Kejagung Periksa RJ Lino Terkait Dugaan Korupsi PT Pelindo II
apahabar.com

Nasional

Ambil Alih Perkara Djoko Candra dan Jaksa Pinangki, Pimpinan KPK Putuskan 3 Poin
apahabar.com

Nasional

Sri Mulyani: Koordinasi Belanja Pusat dan Daerah Tidak Sinkron
apahabar.com

Nasional

Kaltim Jadi Ibu Kota RI, Menteri Sofyan Koreksi Pernyataan
apahabar.com

Nasional

Jokowi Optimis Dengan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com