Eks Bos Berulah, Kepala Penjual Pentol Rantau Nyaris Terbelah Hendak Benarkan Tas, Pemotor Tabrak Truk di Angsau Tanah Laut Negosiasi Rampung: Bagus Lega, Hasnur Rela, Nitizen Bahagia, Bagaimana FC Utrecht? Jelang Masa Tenang, Bawaslu Kalsel Minta Paslon Copot APK Longsor Tergerus Banjir, Oprit Jembatan di Tabalong Diperbaiki

Berjuang di Tengah Covid-19, Biduan Banjarmasin Ini Jualan Makanan Online

- Apahabar.com Minggu, 21 Juni 2020 - 19:28 WIB

Berjuang di Tengah Covid-19, Biduan Banjarmasin Ini Jualan Makanan Online

Ilustrasi pesan makanan online. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Saat ini banyak orang yang pendapatannya berkurang akibat pandemi corona melanda seluruh wilayah Indonesia. Aktivitas masyarakat jadi terhambat sehingga membuat roda ekonomi tak berjalan maksimal.

Salah satunya mereka yang berprofesi sebagai penyanyi panggung (biduan). Semua job pentas disetop total akibat larangan berkerumun dan belum ada izin keramaian dari kepolisian, mereka pun terpaksa menganggur.

Echa Ocha contohnya. Artis lokal Banjarmasin ini mengaku bahwa pekerjaannya di dunia tarik suara mandek akibat jadwal job berkurang.

“Wabah Corona ini benar-benar menghancurkan perekonomian kita. Saat ini dalam kondisi yang enggak jelas, kerjaan juga nggak jelas,” ucap Echa Ocha saat berbincang dengan apahabar.com di Banjarmasin.

Wanita berusia 28 tahun yang akrab dipanggil Ocha tersebut, mengakui saat musim hajatan sehari bisa manggung di waktu pagi, siang hingga malam. Tapi begitu wabah corona, selama 3 bulan ini sudah tidak bisa bekerja menyanyi lagi.

“Pokoknya pas wabah Corona ini datang, saat itu juga saya nggak manggung mas, total berhenti, soalnya ada aturan social distancing, “ tuturnya.

Kalau dulu ketika ramai job, Ocha bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari dan membayar semua cicilan (kredit) miliknya. Bahkan ia juga mengaku selama ini menjadi tulang punggung keluarga.

“Padahal banyak sekali tanggungan di rumah yang harus diselesaikan. Mulai dari bayar cicilan rumah dan lainnya, makan sehari-hari hingga bantu orang tua,” sesalnya.

Tak ingin terpaku dengan situasi saat ini, akhirnya Ocha memutuskan untuk membuka usaha makanan. Kebetulan, sang suami Fachruddin punya hobi memasak. Ada banyak menu masakan yang ditawarkan Ocha, semisal Ayam Betutu, Haliling, Iwak Papuyu atau Haruan Babanam atau Baubar hingga aneka wadai khas Banjar.

“Awalnya sempat bingung kami mau ngapain. Lalu coba-coba dan akhirnya sekarang kami fokus jualan masakan via online,” ucapnya sumringah.

Peran suami, aku Ocha, sangat membantu usaha dadakannya ini. Disamping sang suami pandai mengolah makanan, ia juga merangkap sebagai kurir bisnisnya.

“Meski keuntungan tidak seberapa. Tetapi Alhamdulillah ada saja pemasukan. Dan suami juga yang kebagian tugas antar makanan kepada pembeli,” terangnya.

Wanita yang mengaku hobi nyanyi sejak kecil ini juga berharap agar Covid-19 cepat berlalu, “Ya semoga bisa cepat berlalu agar kami yang pekerja seni ini bisa kembali eksis,” harapnya.

apahabar.com

Echa Ocha. Foto-Istimewa

Editor: Syarif

Editor: Reporter: Eddy Andriyanto - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Ekbis

Facebook Hapus 1,5 Miliar Akun Palsu antara April dan September
apahabar.com

Ekbis

Pertamax Cs Turun, Pengusaha Kalsel Kecipratan Untung
Tak Perlu ‘Serbu’ Leasing, Begini Aturan Pengajuan Keringanan Kredit

Ekbis

Tak Perlu ‘Serbu’ Leasing, Begini Aturan Pengajuan Keringanan Kredit  
apahabar.com

Ekbis

Perekonomian Kalsel Tumbuh 4,01 Persen
apahabar.com

Ekbis

Siap-Siap McDonalds Besok Buka di Banjarmasin
apahabar.com

Ekbis

Petani Kalbar Optimistis B30 Buat Harga Sawit Menanjak
apahabar.com

Ekbis

Kolaborasi ShopeePay-MyTelkomsel, Hadirkan Alternatif Pembayaran Digital di Penjuru Indonesia
apahabar.com

Ekbis

Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan di Banjarmasin Capai Rp 177 Miliar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com