Sidang Kasus Sabu 300 Kg di Banjarmasin, 4 Terdakwa Terancam Hukuman Mati! Tipu-Tipu Oknum DLH Banjarmasin, Sekantoran Diutangi Ratusan Juta Tipu Belasan Penyapu Jalan, Oknum ASN di Banjarmasin Akhirnya Mengaku! Berstatus Waspada, PVMBG Sebut Aktivitas Gunung Semeru Masih Fluktuatif Kejari Banjarbaru Musnahkan Ratusan Gram Narkotika dan Barbuk Tindak Pidana Tetap Lainnya

Copot Kasat Pol PP, Wali Kota Ibnu Minta Pembongkaran Reklame Dilanjut

- Apahabar.com Senin, 22 Juni 2020 - 13:53 WIB

Copot Kasat Pol PP, Wali Kota Ibnu Minta Pembongkaran Reklame Dilanjut

Pembongkaran reklame dilakukan oleh Satpol PP Banjarmasin, Jumat (19/6) dini hari menggunakan alat berat berupa sky lift. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN – Wali Kota Ibnu Sina angkat bicara seputar pencopotan pelaksana tugas kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP).

Seperti diberitakan sebelumnya, Ichwan Nor Khalik dicopot dari kursi orang nomor satu di jajaran aparat penegak hukum daerah itu.

Amanah yang diembannya kini beralih ke Asisten I Bidang Sosial dan Pemerintahan, Gazi Ahmadi.

Rotasi itu berdasar Surat Keputusan (SK) mutasi jabatan yang berlaku sejak hari ini, Senin (22/6).

“Segeranya beliau koordinasi kepada bawahan dan dia langsung menyatakan kesiapan untuk melanjutkan yang menjadi kebijakan Pemkot,” ujar Ibnu merespons mutasi itu, pagi tadi.

Gazi, diminta Ibnu untuk segera menyelesaikan polemik papan reklame yang ditertibkan petugas Satpol PP pada dini hari, Jumat (19/6).

Sebelumnya polemik antara Pemkot Banjarmasin dengan Asosiasi Pengusaha Periklanan Seluruh Indonesia (APPSI) Kalsel itu ditangani oleh Asisten II Bidang Pembangunan dan Perekonomian Doyo Pudjadi.

“Apalagi pak Gazi ini adalah mantan Kasatpol PP juga jadi dia siap,” ucapnya.

Lantas apa pergeseran jabatan dari Ichwan ke Gazi karena aksi pembongkaran reklame yang tanpa restu dirinya itu?

Sayangnya, Ibnu tak menjawabnya secara spesifik.

Rotasi, kata dia, dilakukan untuk mengisi posisi instansi yang lowong, yakni Satpol PP, sepeninggal Hermansyah yang purnatugas, awal 2020 silam.

Sebab, lanjut Ibnu, berdasarkan surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) pemerintah daerah berhak mengisi kekosongan jabatan. Yang tidak boleh hanya menggeser seseorang.

“Patokannya apabila Mendagri memberi izin tetap boleh, jika tak ada izin tidak boleh karena itu akan berdampak kepada pecalonan kepala daerah,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, jabatan tertinggi di Satpol PP akan dilelang Pemkot Banjarmasin bersamaan dengan sejumlah instansi lain.

“Karena itu kita sudah mengajukan dan sebagaimana yang diketahui Pemprov Kalsel juga melelang tiga Kadis [kepala dinas] yang kosong,” tuturnya.

Di sisi lain, Ibnu menambahkan pengusaha advertising bisa meminta bantuan hingga pengamanan kepada Satpol PP Banjarmasin terkait pembersihan sisa material reklame.

“Termasuk membantu membongkar reklame yang sisa kemarin belum selesai,” pungkasnya.

Apalagi pengusaha advertising sendiri telah memberikan izin supaya sisa reklame yang belum ditertibkan untuk segera dibongkar secepatnya.

Termasuk kesepakatan alih bentuk reklame menjadi jembatan penyeberangan orang (JPO) di seputaran ruas jalan Ahmadi Yani, Kota Banjarmasin.

“Kita membantu perizinannya,” lanjutnya.

Sebelumnya, penertiban baliho di sepanjang Jalan Ahmad Yani, kilometer 1-6 berbuntut panjang. Ichwan langsung dicopot dari jabatannya.

Dari keterangan Ibnu, pembongkaran dilakukan tanpa ada izin darinya mengingat sudah ada kesepakatan antara APPSI dengan Pemkot Banjarmasin.

Adapun Satpol PP memandang reklame milik para pengusaha advertising melanggar Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 20 tahun 2010, dan Undang Undang (UU) Lalu Lintas, serta Perda 2014 dan Peraturan Wali Kota 2016. Dan telah habis izin tayangnya sejak 2018 lalu.

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Reporter: Bahaudin Qusairi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Ratusan Orang Iringi Pemakaman Wali Kota Banjarbaru, Simak Pesan Terakhirnya
apahabar.com

Kalsel

Waswas Karhutla Tala, Kapolres Langsung Turun Tangan
apahabar.com

Kalsel

Sempat Flu, Jasad Pria di Banjarmasin Utara Dievakuasi Standar Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Terbangun karena Kepanasan, Saksi Kebakaran di Kelayan Kaget Lihat Kobaran Api
apahabar.com

Kalsel

Anggaran Dinkes Banjarmasin Mengalir Deras ke RSUD Sultan Suriansyah
apahabar.com

Kalsel

Tarif Air 10 Kubik Dicabut, 21 Ribu Warga di Banjarmasin Paling Menikmati
apahabar.com

Kalsel

Banjir di Karang Intan Surut, Air Turun ke Martapura
apahabar.com

Kalsel

Senin, Pasar Ramadhan Taman Kamboja Banjarmasin Dibuka
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com