Terima Kasih Warga Banjarmasin, Korban Banjir Batola Terima Bantuan dari Posko apahabar.com Operasi SAR SJ-182 Dihentikan, KNKT Tetap Lanjutkan Pencarian CVR Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Talaud Sulut, Tidak Berpotensi Tsunami Potret Seribu Sungai, Serunya Memancing di Jembatan Sudimampir Banjarmasin Menengok Kondisi Pengungsi Banjar di Kota Idaman Banjarbaru

Covid-19 di Banjarbaru Tembus 172 Kasus, Pengidap Baru Hari Ini Satu Keluarga

- Apahabar.com Rabu, 24 Juni 2020 - 19:58 WIB

Covid-19 di Banjarbaru Tembus 172 Kasus, Pengidap Baru Hari Ini Satu Keluarga

GTTP Covid-19 Kota Banjarbaru saat menyampaikan siaran persnya melalui video, Rabu (24/6) sore. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – Masyarakat diminta untuk tak memandang remeh ancaman penularan Covid-19.

Hari ini, Rabu (24/6), dilaporkan terdapat penambahan empat pengidap Covid-19 di Banjarbaru. Tiga di antaranya bahkan satu keluarga.

“Ada (di antaranya) yang satu keluarga. Jadi kami mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat bahwa penularan Covid-19 ini cukup membahayakan bagi kita,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Banjarbaru, Rizana Mirza.

Dirincikannya, kode keempat pengidap baru hari ini, BJB 169 seorang laki-laki usia 30 tahun dari Cempaka. BJB 170 perempuan 28 tahun dari Cempaka. BJB 171 perempuan 5 tahun dari Cempaka. Dan, BJB 172 perempuan 27 tahun dari Landasan Ulin Timur.

Semua pengidap baru dari Cempaka merupakan satu keluarga. Sebelumnya juga ada beberapa keluarga di Banjarbaru yang terpapar Covid-19 dan saat ini sedang dirawat, baik di rumah sakit maupun di karantina.

Untuk itu, Rizana menekankan agar setiap keluarga saling memerhatikan dan menjaga diri dengan terus menerapkan protokol Covid-19. Sehingga mata rantai penyebarannya dapat diputus.

“Jadi dari beberapa kasus yang sudah ada kita menemukan beberapa orang yang terkonfirmasi positif itu dari satu keluarga. Ini menunjukkan bahwa kuatnya penularan virus ini apabila kita tidak mematuhi protokol Covid-19,” ungkapnya.

Selasa (23/6) kemarin tercatat ada 2 orang pengidap Covid-19 meninggal dunia. Setelah sehari sebelumnya hanya 8. Dengan begitu kini genap 10 pengidap asal Banjarbaru meninggal dunia.

“Yang meninggal total 10 orang, 1 orang meninggal di Rumah Sakit Hasan Basri, 9 orang meninggal di rumah sakit daerah Idaman. Beberapa korban yang sudah meninggal di rumah sakit ini juga harus kita perhatikan, jadi gunakan masker ini seperti budaya bagi kita,” jelasnya.

Seperti diketahui, Banjarbaru bertetangga dekat dengan dua daerah zona merah, yakni Banjarmasin dan Kabupaten Banjar. Di mana kedua daerah tersebut mengantongi banyak kasus positif.

Per Rabu (24/6) sore tercatat di Kabupaten Banjar ada 305 kasus positif sedangkan Kota Banjarmasin ada 1.213 kasus positif.

Dengan demikian, wajar jika virus Covid-19 ini tidak bisa diremehkan.

“Karena tempat kita Banjarbaru adalah tempat yang pergerakannya dinamis, lalu kita diapit oleh dua daerah yang cukup besar kasus covid-19 nya,” katanya.

Apalagi, lanjutnya Banjarbaru merupakan daerah tujuan atau transit karena memiliki bandara. Maka hal itu hendaknya dapat menjadi perhatian lebih masyarakat.

“Jadi sekali lagi saya tekankan kita bergerak bersama, tidak bisa hanya mengandalkan kita dari kesehatan. Semua pihak yang berkepentingan juga harus bisa membantu,” pungkasnya.

Untuk diketahui, total kasus positif di Banjarbaru saat ini tembus 172 kasus, dengan rincian 119 kasus dalam perawatan, 39 kasus sembuh, 10 kasus meninggal, dan 4 kasus drop out.

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Reporter: Nurul Mufidah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Rapat Koordinasi Gugus Tugas Dikebut, PSBB di Banjarbaru Segera Direalisasikan
Jemput 9 Santri dari Malang, Said Abdullah: Mereka Sehat

Pemko Banjarbaru

Jemput 9 Santri dari Malang, Said Abdullah: Mereka Sehat
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Peringati Hari Pahlawan, Sekdakot Banjarbaru Ingin Semangat Perjuangan Selalu Nyala
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Walikota Jadi Irup Peringatan HUT RI ke 74
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Di Market Day, Wali Kota Nadjmi Bicara Pendidikan Berkarakter
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Bertahan Selama 7 Tahun, School Real Madrid Foundation Banjarbaru Raih Pujian
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Wawali Ingin Perajin Sasirangan Banjarbaru Kian inovatif
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Sosialisasi Konvensi Hak Anak di Banjarbaru, Cegah Tindakan Eksploitasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com