3 Jam Hujan Deras, Ratusan Rumah Warga Desa Miawa Tapin Kebanjiran Kisah Pilu Istri Korban Disambar Buaya di Kotabaru, Harus Rawat 4 Anak, 1 di Antaranya Berusia 6 Bulan Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah Produksi Migas Kalimantan-Sulawesi Lampaui Target, Kok Bisa? PLTS Tak Berfungsi, Kades Panaan Mengadu ke Dinas ESDM Kalsel

Dahsyatnya Hikmah Salat Dhuha, Dilancarkan Rezeki hingga…

- Apahabar.com Sabtu, 27 Juni 2020 - 12:43 WIB

Dahsyatnya Hikmah Salat Dhuha, Dilancarkan Rezeki hingga…

Ilustrasi salat. Foto-Stutterstock

apahabar.com, JAKARTA – Salat Dhuha adalah salat sunah yang dikerjakan pada waktu dhuha yakni setelah matahari terbit hingga sebelum tergelincir. Dikerjakan sekurang-kurangnya dua rakaat.

Salat Dhuha memiliki banyak sekali keutamaan, salah satunya bisa dimudahkan segala urusan dan dicukupkan segala kebutuhan serta rezeki oleh Allah SWT.

1. Mudah Rezeki

Ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW, yang artinya:

“Wahai anak Adam, rukuklah (salatlah) karena Aku pada awal siang (Salat Dhuha) empat rakaat, maka Aku akan mencukupi (kebutuhan) mu sampai sore hari”. (H.R. Tirmidzi).

2. Sedekah

Salat Dhuha juga memiliki hikmah sebagai sedekah. Seperti hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim:

“Setiap ruas dari anggota tubuh di antara kalian pada pagi hari, harus dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih merupakan sedekah, setiap tahmid merupakan sedekah, setiap tahlil merupakan sedekah, setiap takbir merupakan sedekah, menyuruh kebaikan merupakan sedekah, dan mencegah kemungkaran merupakan sedekah. Dan semua itu bisa disetarakan dengan mengerjakan Salat Dhuha dua rakaat”. (H.R Muslim dari Abu Dzar).

3. Amal akhirat

Salat sunah ini juga sebagai tabungan amal kelak di akhirat nanti.
Rasulullah SAW bersabda;

“Sesungguhnya yang pertama kali dihisab pada diri hamba pada hari kiamat dari amalannya adalah sholatnya. Jika benar (salatnya) maka ia telah lulus dan beruntung, dan jika rusak (salatnya) maka ia akan kecewa dan rugi. Jika terdapat kekurangan pada sholat wajibnya, maka Allah berfirman,

‘Perhatikanlah, jikalau hamba Ku memiliki sholat sunah maka sempurnakanlah dengan sholat sunahnya sekadar apa yang menjadi kekurangan pada salat wajibnya. Jika selesai urusan sholat, barulah amalan lainnya.” (H.R. Ash habus Sunan dari Abu Hurairah RA).

Pendakwah Ustadz Dhanu mengatakan Salat Dhuha harus dikerjakan secara istikamah atau konsisten agar bisa diperoleh segala keutamaannya seperti dimudahkan segala urusan dan diberikan rezeki melimpah.

“Jangan pas lagi ada butuhnya baru Salat Dhuha, itu jangan. Jadi ketika kondisi kita itu tidak apa-apa biasa saja, tidak sedang ada keinginan salat saja dhuha dua rakaat. Selesai. Tapi Jangan ada niatan ada keinginan karena sholat dhuha itu bisa menjadikan kemudahan-kemudahan setiap harinya oleh Allah,” katanya.

Meski ada hikmah dilancarkan rezeki, Ustadz Dhanu mengingatkan, agar sebaiknya Salat Dhuha dikerjakan jangan semata agar dapat rezeki, tapi harus ikhlas sebagai ibadah kepada Allah.

“Jangan sampai salat dhuha itu untuk rezeki, Jangan. Karena rezeki itu banyak, jangan dari sisi harta saja maksud saya, tapi bisa bentuk kesehatan, keluarga bahagia, ini rezeki. Ujian juga,” ujarnya. (Okz)

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Religi

Cerita Kecintaan Syekh Yasin dengan Bangsa Indonesia
apahabar.com

Habar

Selama Ramadan, Saudi Larang Salat di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi
apahabar.com

Religi

Malam Tahun Baru, MUI: Jangan Bakar Petasan
apahabar.com

Religi

Sejak Kecil Nabi Muhammad SAW Benci Perbuatan Syirik, Ini Kisahnya
apahabar.com

Religi

Live Streaming Tabligh Akbar Prof Dr Habib Basim
apahabar.com

Habar

Membanggakan, Hafidz Cilik Asal Amuntai Fatihatun Nada Hanifa Juara Festival Anak Islam se Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Kabar Duka, Ulama Sepuh HSS Guru Pahampangan Tutup Usia
apahabar.com

Religi

Ini 8 Kriteria Muslimah yang Dirindukan Surga
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com