Direvisi 5 Kali, Anggaran Covid-19 di Banjarmasin Kembali Membengkak! Kanalisasi Sepeda Motor di Banjarmasin Mencuat, Ahli Beri Catatan Plus Minus Catat, Banjarmasin Belum Akan Buka Sekolah Saat Ajaran Baru Nasib Pengemudi Bodong, Penabrak Mobil Ketua DPRD Kotabaru Motif Pembunuhan di Belitung Darat, Pelaku Tak Terima Istri Dimarahi




Home Kalsel

Kamis, 11 Juni 2020 - 11:44 WIB

Dandim Martapura Geram, Banyak ‘Warga Terserah’ di THM

Reporter: Hendra Lianor - Apahabar.com

Petugas menemukan sejumlah pengunjung tempat hiburan malam tak mengindahkan protokol pencegahan Covid-19 di Martapura saat operasi gabungan, Kamis dini hari tadi. Foto-Istimewa

Petugas menemukan sejumlah pengunjung tempat hiburan malam tak mengindahkan protokol pencegahan Covid-19 di Martapura saat operasi gabungan, Kamis dini hari tadi. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) resmi berakhir. Namun bukan berarti Kalimantan Selatan bebas dari Covid-19.

Presiden Jokowi sudah mengajak masyarakat untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru atau new normal. Tetap produktif namun aman dari Covid-19.

Yakni, menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan atau keramaian, hingga menjaga imunitas tubuh.

Namun begitu, pasca-PSBB sejumlah masyarakat di Banjarbaru masih banyak yang tak mengindahkan prosedur tetap (protap) pencegahan Covid-19.

Hal itu didapati langsung oleh Dandim 1006/Martapura sekaligus Wakil Gugus Tugas Covid-19 Kota Banjarbaru, Letkol Arm Siswo Budiarto.

Dini hari tadi, Siswo memimpin langsung patroli pencegahan virus Corona di tempat perbelanjaan dan hiburan malam, Kamis (11/6).

Sebelum patroli dimulai, apel kesiapan mekanisme pelaksanaan oleh Pasi Intel digelar. Dihadiri para komandan unit. Serta anggota, provost dan awak media. Kegiatan berlangsung mulai pukul 21.30-00.30 dini hari.

Patroli gabungan dimulai dari Markas Kodim Martapura menuju tempat hiburan malam (THM) 3G di Jl Trikora Banjarbaru. Saat digerebek, petugas menjumpai banyaknya pengunjung menikmati hiburan malam.

Baca juga :  Rutan Marabahan Terpapar Covid-19, Satu WBP dan Petugas Positif

“Tim sudah memanggil pemilik, ketika ditanya terkait pencegahan penyebaran virus dia mengaku sudah tahu. Namun tidak mematuhi protokol kesehatan. Tidak terlihat pengunjung memakai masker, juga ketiadaan izin membuka tempat hiburan ke Gugus Tugas,” ujar Dandim.

Mereka pun dibubarkan petugas secara persuasif dari THM. “Secara humanis,” jelas Dandim.

Tim melanjutkan penyisiran ke sejumlah warung remang-remang dan pusat perbelanjaan yang masih buka.

Petugas kembali membubarkan sejumlah pengunjung di tempat tongkrongan sekaligus memberikan imbauan.

Di Cafe Mena Cofe, tepatnya di Jalan Ahmad Yani. Persis depan Museum Banjarbaru, tim patroli membubarkan sekitar 90 orang pengunjung yang notabene pelajar.

“Di sini saya jumpai hampir 60 persen anak-anak muda. Semuanya tidak pakai masker, bahkan jaga jarak tidak sama sekali dilakukan,” jelas prajurit berpangkat dua melati itu.

Baca juga :  Patuhi Good Corporate Governance, PT Selabak Estate Serahkan Bantuan untuk Kampung Tangguh Banua

“Bahkan lagi saya lihat langsung ada beberapa pengunjungnya mengonsumsi alkohol yang telah dicampur, ditemani perempuan, juga main domino. Disuruh melafalkan Pancasila, mirisnya tidak hapal,” sambung Dandim tegas.

Melihat kondisi seperti ini, Dandim geram. Dandim lantas memberikan peringatan dan pembinaan.

Para pengunjung tersebut di-push up sambil disuruh merenung. Dan berpikir bahwa yang dilakukan melanggar protokol kesehatan dalam mencegah wabah Covid -19.

“Pengelola cafe juga kita tegur dan diberikan peringatan serta arahan, bahwa yang harusnya pengelola lakukan adalah membantu pemerintah memerangi Covid-19,” tandas Dandim

“Jika nanti terulang kembali ketika saya ke sini, saya melihat tidak memenuhi standar protokol, akan ditutup. Kami akan rekomendasikan ke Gugus Tugas,” Dandim memperingatkan.

Dandim Siswo menceritakan patroli ini sengaja mendadak, karena salain ada laporan dari warga juga ada pantauan anggota Gugus TugasĀ  di tingkat kecamatan.

Editor: Fariz Fadhillah

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

5 Terduga Teroris Ditangkap, MUI: Kalsel Bukan Zona Aman
apahabar.com

Kalsel

TKD Pastikan Paman Birin Alih Dukungan ke 02 Hoaks..!!
apahabar.com

Kalsel

H+1 Lebaran, Penumpang Feri Stagen-Tarjun Kotabaru Membludak
apahabar.com

Kalsel

Malam Ini, DJ Yasmin akan ‘Goyang’ Hotel Mercure
apahabar.com

Kalsel

Satu Lagi Oknum Keamanan PT SILO Dibekuk Polisi
apahabar.com

Kalsel

IOF, JTC, dan BAT Bantu Korban Kebakaran Pulau Sebuku
apahabar.com

Kalsel

Kasus Positif Masih Tinggi, Batola Gelar PSBB Jilid Kedua?
apahabar.com

Kalsel

Jelang UNBK, Ratusan Komputer Dicek
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com