Di Tengah Kondisi Banjir, Pemprov Kalsel Tak Tunda Vaksinasi Tahap 2 Ungkap Pelanggaran Pilgub Kalteng, Ben-Ujang Minta Buka Kotak Suara Kadinkes Positif, Wali Kota Banjarmasin Kembali Divaksin Covid-19 Esok Wow, Kalteng Targetkan Groundbreaking Kereta Api Tahun Ini Gugatan 2BHD Diterima, Ketua MK Pimpin Langsung Sengketa Pilbup Kotabaru

Darah Golongan AB Langka, Warga Tabalong Buat Grup WA

- Apahabar.com Kamis, 11 Juni 2020 - 13:24 WIB

Darah Golongan AB Langka, Warga Tabalong Buat Grup WA

Ilustrasi. Foto-Net

apahabar.com,TANJUNG – Berawal dari susahnya warga mendapatkan darah golongan AB sebagai keperluan berobat, sekolompok warga Tabalong berinisiatif membentuk grup WhatsApp (WA) khusus golongan darah AB. Adalah, M Rizal Halimi yang pertama kali membuat grup WA yang dinamai Golongan Darah AB Tabalong.

Kepada apahabar.com, Rizal sapaan akrabnya menuturkan grup ini dibentuk berawal dari susahnya mencari darah AB yang diketahui langka. Sementara dirinya juga bergolongan darah tersebut.

Dia kemudian mengajak teman-teman yang mempunyai golongan darah AB bergabung ke dalam group Komunitas Darah AB Tabalong.

Awalnya grup ini di media sosial Facebook, sambung Rizal, namun karena anggotanya tidak murni darah AB dan ingin lebih fokus dalam membantu masyarakat yang perlu darah AB, maka saya buat lagi group WA.

“Di grup WA ini anggota yang diterima lebih selektif, hanya yang betul-betul mempunyai darah AB yang kita terima,” kata Rizal.

Melalui WA kita mudah mengkondisikan supaya teman-teman bisa mendonorkan darahnya dan bagi yang membutuhkan dapat dicarikan secepatnya.

Saat ini ada ada 135 anggota grup, jumlah tersebut sebelumnya susah kita kumpulkan. Beruntung dari sosialisasi mulut ke mulut dan kontribusi teman-teman di UTD PMI akhirnya terkumpul sejumlah pendonor.

Sementara itu, keperluan darah AB di Tabalong juga selalu ada tiap minggu. Untuk itulah dia meminta teman-teman mendonorkan darahnya sebagai stok di PMI. Meski demikian pihaknya batasi jumlahnya hanya 5 kantong sebagai batas aman.

Bila stok lebih dari 5, maka pihaknya mengimbau teman-teman agar menyimpan darahnya di badan dulu, karena sayang kalau darahnya kadaluarsa. Lebih dari 30 hari akan dibuang.

“Jadi kalau stok aman di atas kantong, maka khusus AB di anjurkan utk disimpan di tubuh,” jelas Rizal.

“Kepada masyarakat Kabupaten Tabalong yang memiliki golongan darah AB silahkan bergabung dengan komunitas kami, syarat nya berdomisili di Tabalong, silahkan daftarkan ke Wa 081351400794 ( rizal ) atau 081372952676 ( zamrani ),” imbuhnya.

apahabar.com

logo komunitas golongan darah AB Tabalong.
Foto-Istimewa

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Reporter: Ahc26 - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Kabar Baik, Dinsos Tabalong Segera Kucurkan Bantuan Tahap IV
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 Kalsel 19 Agustus: 7.363 Positif dan 4.750 sembuh
Martapura

Kalsel

Banyak yang Pulang, 150 Pengungsi Masih Bertahan di SDL Martapura
apahabar.com

Kalsel

Ramadan 1441 H: Banjarmasin Catatkan Ratusan Kasus Covid-19, Berikut Rinciannya
apahabar.com

Kalsel

Tanbu Perpanjang Masa Belajar Siswa di Rumah
apahabar.com

Kalsel

Cuaca Kalsel Hari Ini, Waspada Hujan Lebat
apahabar.com

Kalsel

Sempat Alami Gangguan, PLN Pastikan Sistem Kelistrikan Kalselteng Kini Aman
Bayi Dikira Boneka

Kalsel

UPDATE Penemuan Bayi Dikira Boneka di Sungai Hantakan HST, Begini Kata Polisi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com