Baru Diresmikan, Jembatan Alalak Langsung Diserbu Warga Jokowi Blakblakan Alasannya Resmikan Langsung Pabrik Jhonlin di Tanah Bumbu Jokowi Resmikan Jembatan Alalak, Jalan Hasan Basri Kayutangi Macet Parah Jokowi Resmikan Pabrik Johnlin, Paman Birin Pinta Dua PSN Tiba di Banjarbaru, Presiden Jokowi Bertolak ke Banjarmasin

Di Kalteng, Hanya Sukamara Siap New Normal

- Apahabar.com     Rabu, 17 Juni 2020 - 21:01 WITA

Di Kalteng, Hanya Sukamara Siap New Normal

Sebaran Covid-19 di Kalteng, Rabu (17/6). Foto-Istimewa

apahabar.com, PALANGKA RAYA — Dari 14 kabupaten/kota di Kalimantan Tengah, ternyata hanya Sukamara saja yang dinilai sudah siap menerapkan tatanan hidup baru atau new normal.

“Hanya Kabupaten Sukamara yang direkomendasikan untuk new normal,” kata Wakil Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kalimantan Tengah, dr Suyuti Syamsul, Rabu (17/6).

Sebenarnya, selain Sukamara, Barito Utara juga sempat dipersiapkan untuk tatanan hidup baru. Tetapi, beberapa hari terakhir, grafik angka rate of transmition (rt) atau rasio penularan kurang bagus karena ada tambahan kasus positif.

Sebab, batas ideal rt standar world health organization (WHO) untuk penerapan new normal yakni di bawah satu.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Tengah tersebut, untuk pemberlakuan tatanan hidup baru, terlebih dulu harus ada regulasi dan standar operasional prosedur (SOP).

Untuk pemberlakuannya, harus dibuat peraturan bupati/wali kota dan harus mendapat persetujuan dari gugus tugas pusat tapi jika rt dibawah satu.

apahabar.com

Kepala Dinas Kesehatan Kalteng dr Suyuti Syamsul. Foto-Istimewa

Kemudian ada penurunan grafik positif, jumlah sembuh meningkat dan kesiapan rumah sakit dan fasilitas kesehatan untuk menampung pasien positif tambahan.

Dari data terkini Gugus Tugas Covid-19 Kalimantan Tengah, di Sukamara tercatat hanya ada 2 positif corona. 1 orang sembuh dan 1 lagi masih menjalani perawatan.

Sedangkan di Barito Utara, total kasus positif 6 orang. 1 orang masih menjalani perawatan, 4 sembuh dan 1 meninggal dunia

Sementara itu akumulasi kasus positif di Kalimantan Tengah, hingga kini mencapai 701, bertambah 47 orang terkonfirmasi positif.

Terbanyak di Kapuas 21 orang, Palangka Raya 16 orang, Kotawaringin Barat 7 orang serta Katingan, Kotawaringin Timur dan Murung Raya masing-masing 1 orang.

 

 

Editor: Aprianoor

Editor: Reporter: Ahc23 - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalteng

Gelontorkan Rp 18,8 Miliar, Kementerian PUPR Bangun Rusun Polda Kalteng
apahabar.com

Kalteng

PMI Bersama PWI Kapuas Gelar Donor Darah
apahabar.com

Kalteng

Pemprov Kalteng Salurkan Bantuan Penyelesaian Studi kepada Mahasiswa S2 dan S3
apahabar.com

Kalteng

Pengunjung Pameran Buku di Barut Didominasi Anak dan Remaja
apahabar.com

Kalteng

Dinsos Kapuas Salurkan BLT dari APBD Tahap II
PPPK Kapuas

Kalteng

Puluhan Guru dan Penyuluh di Kapuas Resmi Diangkat Jadi PPPK
apahabar.com

Kalteng

DPMPTSP Kapuas Kalteng Minta Camat dan Lurah Aktif Awasi Bangunan Sarang Walet di Selat
apahabar.com

Kalteng

Satgas Antimafia Bola Polda Kalteng Siap Awasi Liga 2 Indonesia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com