Misteri 2 Bocah Dibunuh Ibu Depresi di Benawa HST, Saksi Kunci Buka Suara! Oknum Simpatisan Terjerat Sabu di Kotabaru, FPI Bantah Anggotanya Cabuli Murid, Oknum Guru Olahraga di SD Banjarbaru Langsung Dipecat! Ketuanya Buron, Joko Pitoyo Ambil Alih Nasdem Tanah Laut Laporan Denny Rontok di Bawaslu Pusat, Tim BirinMu Endus Motif Lain

Di Kampung Tangguh Desa Ambungan, Kapolda Kalsel Puji Penanganan Covid-19 Tala

- Apahabar.com Kamis, 25 Juni 2020 - 20:35 WIB

Di Kampung Tangguh Desa Ambungan, Kapolda Kalsel Puji Penanganan Covid-19 Tala

Disaksikan Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta, Bupati Tala Sukamta serta Danrem101/Antasari Brigjen Firmansyah, Asisten Pemerintahan Setda Provinsi Kalsel H Sugian Noorbah melakukan potong pita meresmikan kampung tangguh di Desa Ambungan, Kecamatan Pelaihari, Kamis (25/06). Foto-Istimewa

apahabar.com, PELAIHARI – Kunjungi kampung tangguh di Kabupaten Tanah Laut (Tala), Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Nico Afinta puji sistem penanganan Covid-19 di Kabupaten Tanah Laut.

“Jika mendengar apa yang disampaikan bupati maka kita sangat apresiasi. Inilah yang kita kehendaki agar wabah Covid-19 cepat berlalu,” kata Nico saat mengunjungi Kampung Tangguh Desa Ambungan, Kecamatan Pelaihari dan Desa Tirtajaya Bajuin, Kamis (25/6).

Menurut jenderal bintang dua itu, apa yang ingin ia sampaikan itu sudah terlaksana di Tala, seperti tracing dan tracking pasien Covid-19 secara masif dan terukur dari target telah mengena. Tinggal mematangkan tingkat desa baik itu wadah untuk penanganan secara tepat Covid-19 ini.

Seperti wadah kampung tangguh di Kabupaten Tanah Laut ini cukup bagus dan lengkap, di mana semua yang dibutuhkan dalam penanganan covid-19 tersedia. Mulai dari ruangan, alat, masker, termometer, dapur umum, logistik hingga masjid tersedia.

“Presiden Jokowi dengan bapak panglima, bapak kapolri bersama seluruh instansi terkait berupaya bagaimana kita bisa menghadapi babak ini dan beberapa arahan-arahan dari bapak presiden telah kita terima dan laksanakan,” paparnya.

Menurut Nico, beberapa kegiatan sudah dilakukan oleh pemerintah daerah, tentunya akan berhasil kalau masyarakatnya juga ikut mendukung.

Hal yang memungkinkan kata dia, yang dilakukan dalam menanggulangi, pertama adalah peningkatan kapasitas PCR bagi orang reaktif ada masa menunggu untuk mengetahui hasil lebih cepat.

Kedua, upaya dilakukan itu sebulan atau dua bulan ke depan kemungkinan dengan situasi meningkat reaktif seperti ini maka hasil PCR Swabnya akan meningkat pula. Tentunya kesiapan rumah sakit diperlukan, baik itu di provinsi maupun di kabupaten menjadi hal yang utama.

“Rumah isolasi di Kabupaten Tanah Laut cukup bagus. Mungkin bisa diikuti oleh kelurahan ataupun desa-desa yang lain,” kata Nico.

Yang tidak kalah penting, lanjut dia, untuk menangkal Covid hari ini pembuatan kampung tangguh dari tingkat RT/RW di Kelurahan menjadi garda terdepan di dalam menghadapi Covid-19.

“Melihat kampung tangguh di Tanah Laut ini maka tentunya bisa menjadi contoh bagi daerah lainnya di Kalsel. Terus terang ini yang pertama saya kunjungi kampung tangguh di Kalsel, saya sangat terkesan, luar biasa kemandirian kampung tangguh di Desa Ambungan Ini,” sebutnya.

Keberhasilan ini itu tidak lepas dari sistem koordinasi yang baik, pemerintah daerah, TNI-Polri, petugas kesehatan, desa dan kesadaran masyarakat.

Sebab biaya penanganan Covid-19 cukup besar. Makanya efisiensi anggaran diperlukan dalam penanganan Covid-19 ini. Sebab seperti diketahui pemerintah pusat telah menggelontorkan anggaran penanganan Covid-19 ini kurang lebih Rp450 triliun ditambah anggaran Provinsi Kalsel Rp800 miliar.

Provinsi kembali menggelontorkan Rp400 miliar dibagi 13 kabupaten dan kota guna menanggulangi Covid-19.

“Pertanyaannya sampai kapan Pemerintah kita bisa memberikan dana. Oleh karena itu penting bagi kita semua untuk mencegah agar wabah ini tidak ada lagi. Makanya paling penting justru adalah partisipasi masyarakat sendiri. Tanpa partisipasi masyarakat mustahil ini bisa terkendali,” pungkasnya.

Hadir pula dalam kunjungan itu, Danrem 101/Antasari Brigjen Firmansyah dan Asisten Pemerintahan Setda Provinsi Kalsel H Sugian Noorbah.

Editor: Aprianoor

Editor: Reporter: Ahc14 - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Jelang Haul Guru Sekumpul, Dinas PUPR Kejar Target Perbaikan Jalan
apahabar.com

Kalsel

4 Jemaah Haul Guru Sekumpul Sakit, Salah Satunya Hampir Step
12 Formasi CPNS Batola Gagal Menembus SKB

Kalsel

12 Formasi CPNS Batola Gagal Menembus SKB
apahabar.com

Kalsel

Majelis Taklim Ahbabul Mustafa, Mempersatukan Umat di Perdesaan Kotabaru
apahabar.com

Kalsel

Warga Tanbu Banjiri Makam, Nyekar Anggota Keluarga
apahabar.com

Kalsel

Rumah Zakat Kalsel Salurkan Superqurban untuk Penghafal Alquran
apahabar.com

Kalsel

Honorer Balangan Berharap Kesejahteraan dan Kepastian
apahabar.com

Kalsel

Tapin Zona Merah, Kasus Positif Covid-19 Terus Meningkat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com