Mahasiswanya Positif Covid-19, Kampus FISIP ULM Banjarmasin Lockdown Selama Sepekan Larang Anggota Fraksi ke Luar Daerah, Golkar Targetkan Kemenangan BirinMu 70 Persen Sembuh dari Covid-19, Sugianto Hadir di Kampanye Penutup Jelang Pencoblosan, Ratusan Anggota Fraksi Golkar Se-Kalsel Siap Awasi Money Politics Aduuuuuuuuuh ai, Viral Bocah di Tapin Ngamuk-Buang Motor Saat Ditilang Polisi

Di Pulau Laut Kotabaru, Kapolda Kalsel Minta Semua Desa Jadi Kampung Tangguh Banua

- Apahabar.com Jumat, 26 Juni 2020 - 19:50 WIB

Di Pulau Laut Kotabaru, Kapolda Kalsel Minta Semua Desa Jadi Kampung Tangguh Banua

Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta bersama rombongan saat meninjau Kampung Tangguh Banua di Pulau Laut Kotabaru. Foto-apahabar.com/Masduki

apahabar.com, KOTABARU – Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta meminta agar semua desa di Pulau Laut, Kotabaru dicanangkan sebagai Kampung Tangguh Banua.

Permintaan itu disampaikan Irjen Pol Nico Afinta disela kunjungan kerja perdananya ke Pulau Laut dalam agenda peninjauan Kampung Tangguh bersama rombongan, Jumat (26/6).

“Setelah Megasari, dan beberapa desa lainnya diresmikan sebagai Kampung Tangguh Banua, diharapkan semua desa di Kotabaru bisa mencontoh atau menirunya,” ujar Nico.

Menurutnya, Kampung Tangguh Banua merupakan salah satu media yang paling efektif, dan efisien untuk perang melawan sebaran Covid-19.

Kampung Tangguh Banua dibentuk sebagai upaya membangun kesadaran semua pihak. Bersama-sama disiplin mengikuti protokol kesehatan.

“Nah, dengan cara disiplin, mengikuti prosedur, atau protokol kesehatan, maka kita pasti bisa menghadapi Covid-19 ini,” tegasnya.

Selain itu, Nico bilang, Kampung Tangguh Banua di dalamnya merupakan kolaborasi dari semua unsur. TNI-Polri, pemerintah daerah, petugas kesehatan. Utamanya, masyarakat setempat.

Dukungan masyarakat akan mentukan keberhasilan dibentuknya Kampung Tangguh Banua. “Kami, TNI-Polri tidak akan berhasil tanpa ada dukungan dari masyarakat,” tuturnya.

Sebelumnya, Kapolres Kotabaru, AKBP Andi Adnan Syafruddin mengatakan Kampung Tangguh Banua merupakan pilot project kolaborasi antara stakeholder berupa aksi nyata di daerah yang terindikasi penyebaran Covid-19.

Kampung Tangguh Banua, menitik beratkan atas keterlibatan elemen masyarakat yang aktif, baik personal maupun kelompok.

“Jadi, pelaksanaan kampung tangguh banua ini, didampingi khusus dari TNI-Polri, dan stakeholder yang terorganisir, intens dan terfokus,” ujarnya.

Selain itu, Kapolres bilang, dicanangkannya Kampung Tangguh Banua di Kotabaru selain bertujuan untuk memutus sebaran Covid-19, juga menumbuhkan kesadaran masyarakat, dan membangun semangat bersama agar lebih waspada akan sebaran Covid-19.

“Intinya, dalam kampung tangguh banua ini akan tercipta solidaritas, dan kemandirian masyarakat saat mecegah virus, serta meminimalisir dampak ekonomi saat diterpa pandemi ini,” ujarnya.

Ditambahkan Andi, secara khusus dicanangkannya kampung tangguh banua sebagai acuan pencegahan penyebaran Covid-19 di tingkat desa, hingga tingkat RW.

Kampung akan benar-benar tangguh dalam bidang kesehatan, sosial ekonomi, keamanan, informasi, serta kreatifitas.

“Sehingga, masyarakat di semua kampung tangguh banua, dan Kotabaru pada umumnya akan selamat dari penularan Covid-19. Ini dari masyarakat untuk masyarakat. Kalau bukan kita siapa lagi, dan kalau bukan sekarang kapan lagi,” Andi yang pernah mengemban tugas sebagai Kapolres Bombana.

Editor: Syarif

Editor: Reporter: Masduki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Kalsel

Masyarakat Kalsel Diimbau Tak Agunkan Sertifikat Tanah
apahabar.com

Kalsel

Lelang Proyek JPO Banjarmasin Ditunda
apahabar.com

Kalsel

Dinsos Kalsel Sebut Program Keluarga Harapan Tepat Sasaran
apahabar.com

Kalsel

Sabu dan Ineks Rp 1 M Milik Bos Narkoba Banjar Dimusnahkan
apahabar.com

Kalsel

Wisata Stajau Indah Stop Aktivitas, Ponpes Bisa Kembali Beroperasi
apahabar.com

Kalsel

Respons Bawaslu Kalsel Soal Karangan Bunga Belasungkawa dari Tim Denny Indrayana
apahabar.com

Kalsel

Baragam Dampak Kabut Asap, Warga Sekitar Syamsudin Noor Resah
apahabar.com

Kalsel

Peduli Anak Yatim, GJBK Salurkan 100 Paket Sembako di Pulau Laut
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com