16 Hari Anti-Kekerasan, Aktivis Perempuan Kampanyekan Kesetaraan Gender di Banjarmasin Suhu Tubuh Tinggi, Wali Kota Samarinda Positif Covid-19 Kronologi Lengkap 2 Bocah asal Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi Inalillahi, 2 Bocah di Batu Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi Ketika Pejabat Pemkot Banjarmasin Rame-Rame Balikan Duit Korupsi KONI

Di Tengah Pandemi, 8 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Imun Para Lansia

- Apahabar.com Senin, 8 Juni 2020 - 06:00 WIB

Di Tengah Pandemi, 8 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Imun Para Lansia

Ilustrasi nasi merah. Foto-Shutterstock

apahabar.com, JAKARTA – Sistem kekebalan tubuh seseorang akan semakin melemah setelah usia 65 tahun. Para lansia disarankan mengonsumsi sejumlah makanan yang mampu meningkatkan imunitas tubuh, khususnya di tengah pandemi Covid-19.

Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bagi para lansia, dibutuhkan diet seimbang yang kaya vitamin dan mineral tertentu. Hal ini dapat membantu melawan infeksi dan penyakit.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh pada lansia, seperti dilansir Boldsky, Minggu (7/6).

1. Nasi merah

Nasi merah mengandung banyak vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang kuat, yang bila dikonsumsi dalam porsi terkontrol dapat membantu mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, beras merah kaya akan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas penyebab kerusakan pada sistem kekebalan tubuh dan kesehatan secara keseluruhan.

2. Ubi

Kaya akan beta karoten dan vitamin A, ubi dikemas dengan antioksidan yang dapat memberi manfaat pada sistem kekebalan tubuh orangtua. Sayuran manis ini juga kaya karbohidrat baik. Setidaknya berilah ubi seminggu sekali bagi para lansia.

3. Bayam

Kaya vitamin C dan dikemas dengan banyak antioksidan serta beta karoten, bayam juga baik untuk tambahan diet. Bayam kaya akan vitamin K, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk lansia.

4. Telur

Kaya protein dan vitamin yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, telur didefinisikan sebagai gudang vitamin dan mineral yang diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh orangtua.

5. Yogurt

Mengonsumsi yogurt dapat membantu memperkuat saluran usus, yang akan membantu mencegah penyakit gastrointestinal. Yoghurt penuh dengan probiotik (bakteri baik) yang membantu menghancurkan bakteri jahat di perut dan merupakan penguat kekebalan tubuh yang baik untuk orang dewasa lebih tua.

6. Jamu dan rempah

Mengonsumsi jamu dan rempah-rempah seperti kunyit dan jahe dapat membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit. Selain itu, kayu manis dan oregano juga dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

7. Protein utuh

Makanan seperti ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, tiram, salmon, dan kedelai adalah tambahan makanan sehat yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan kesehatan jantung. Menjadi sumber yang kaya asam lemak omega-3, protein tanpa lemak seperti salmon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

8. Air

Sangat penting bagi orangtua minum setidaknya delapan gelas air per hari untuk menjaga selaput lendir tetap lembap dan menurunkan kemungkinan flu atau pilek. Menjaga diri tetap terhidrasi dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, memasukkan buah beri, apel, daun selada, paprika, almond dan bit ke dalam makanan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dan fungsinya.(Ant)

Editor: Aprianoor

Editor: Uploader - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

3 Gaya Hijab yang Patut Dicoba
apahabar.com

Gaya

Perhatikan Waktu yang Tepat Berangkat Liburan Bersama Anak
apahabar.com

Gaya

Mulai Minggu Malam, TikTok dan WeChat Dilarang Ada di Toko Aplikasi AS
apahabar.com

Gaya

Ternyata Bayi dan Anak Bisa Terserang Stroke, Kenali Penyebab dan Solusinya
apahabar.com

Gaya

Komunitas Jejak Mahluk Astral Mendalami Dunia Spiritual
apahabar.com

Gaya

Vivo Y20s, Punya Spesifikasi Mumpuni dengan Harga Terjangkau
apahabar.com

Gaya

Pemakaian Masker Scuba Tak Direkomendasikan, Simak Alasannya
apahabar.com

Gaya

Pintu Kulkas Ternyata Bukan Tempat Terbaik Menyimpan Telur, Ini Alasannya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com