BANJIR KALSEL: 2 Ribu Jiwa Mengungsi, Pasukan Khusus TNI Mendarat di Banjarbaru Jokowi Telepon Gubernur Soal Banjir Kalsel, Gak Kebalik Pak? Breaking News: Respons Jokowi Atas Banjir di Kalsel, Segera Kirim Perahu Karet Tak Ucapkan Dukacita, Habib Banua Tantang Presiden ke Kalsel Warga Banjiri IG Presiden Jokowi: Kalsel Juga Berduka Pakkk!!!

Dibayangi Biarpet, Siswi di Tabalong Tetap Serius Ikuti Ujian Daring

- Apahabar.com Senin, 8 Juni 2020 - 16:30 WIB

Dibayangi Biarpet, Siswi di Tabalong Tetap Serius Ikuti Ujian Daring

Nadia Noorlatifah, siswi SMK Negeri 1 Tanjung peraih ranking 1 sejak kelas X dan XI semester pertama TKJ VI. Foto: apahabar.com

apahabar.com, TANJUNG – Meski mengikuti Ujian Penilaian Akhir Tahun (PAT) secara daring atau online tak mengendurkan semangat Nadia Noorlatifah.

Terlebih siswi SMK Negeri 1 Tanjung, peraih ranking 1 sejak kelas X dan XI semester pertama TKJ VI itu juga cukup termotivasi oleh predikat yang disandangnya.

Saat mengikuti ujian PAT mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Pancasila Kewarganegarawan (PPKN) di hari pertama ia pun terlihat bersemangat dan serius mengerjakan soal-soal.

“Tidak ada kendala saat ini yang saya rasakan dalam mengakses link soal yang diberikan sekolah termasuk masuk dengan kode token dan mengisi identitas lainnya,” akunya kepada wartawan apahabar.com, Senin (8/6).

Meski demikian ujarnya lagi, kendala yang mungkin muncul soal internet saja, karena di Muara Harus jaringan internet bisa hilang jika mati listrik.

Ia pun berharap agar selama PAT tidak ada pemadaman jaringan listrik di wilayahnya.

“Semoga tidak ada pemadaman listrik selama ujian PAT ini,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Tanjung, Lis Suliastrini melalui Ketua Panitia Penilaian Akhir Sekolah, Hasmi, mengatakan PAT dilaksanakan  6 hari ujian utama dan 2 hari ujian susulan.

PAT dilaksanakan secara Daring, semua siswa dapat mengakses jadwal dan link ujian dari web. https://cbt.smkn1tanjung.sch.id.

Selain itu jadwal ujian dan token akan dishare oleh panitia PAT kpd wali kelas masing2 kemudian diteruskan kpd siswa/I mereka –sehari sebelum ujian.

Selama ujian peserta diminta untuk mengisikan identitas, nama, kelas, dan NISN (ini untuk verifikasi peserta, karena kadang satu kelas ada nama siswa yang sama).

Untuk panduan lengkap cara mengikuti ujian PAT berbasis daring ini di  SMKN 1 Tanjung,

Peserta Ujian Penilaian Akhir Tahun (PAT) Semester Genap TP 2019/2020 Dalam Jaringan mengakses link ujian di cbt.smkn1tanjung.sch.id, yakni lima belas menit sebelum ujian dimulai.

Peserta PAT Semester Genap TP 2019/2020 yang terlambat login tidak diberi perpanjangan waktu. Peserta PAT Semester Genap TP 2019/2020 menyiapkan alat tulis masing-masing.

Kemudian, Peserta PAT Semester Genap TP 2019/2020 mengisi identitas pada laman identitas peserta ujian secara lengkap dan benar.

Peserta PAT Semester Genap TP 2019/2020 yang memerlukan penjelasan cara pengisian identitas pada laman bertanya kepada panitia PAT dengan cara chat WA terlebih dahulu.

Peserta PAT Semester Genap TP 2019/2020 mulai mengerjakan soal setelah login dan mengisikan kode token, Kode token ujian akan dibagikan oleh wali kelas masing-masing.Soal ujian akan diaktifkan 5 menit sebelum ujian dimulai.

Selama PAT Semester Genap TP 2019/2020 berlangsung, peserta PAT Semester Genap TP 2019/2020 hanya mengakhiri ujian setelah menjawab semua soal ujian dan submit.

Peserta PAT Semester Genap TP 2019/2020 yang sudah selesai mengerjakan setelah membaca soal dan melakukan submit, dinyatakan telah selesai menempuh/ mengikuti PAT Semester Genap TP 2019/2020 mata pelajaran yang terkait selama tidak melebihi waktu yang telah ditentukan.

Jika peserta ujian mengerjakan soal melebihi waktu yang telah ditentukan maka nilai tidak akan terkirim maka segera melapor ke wali kelas masing-masing.

Selama PAT Semester Genap Tp 2019/2020 berlangsung, peserta dilarang, merefresh soal ujian, karena jawaban peserta akan terhapus.

Kemudian, dilarang pula menanyakan jawaban soal kepada siapapun,bekerja sama dengan peserta lain,memberi atau menerima bantuan dalam menjawab soal,memperlihatkan pekerjaan sendiri kepada peserta lain.

Termasuk melihat pekerjaan peserta lain,menggantikan atau digantikan oleh orang lain dan Peserta PAT Semester Genap TP 2019/2020 yang melanggar tata tertib ujian, diberi peringatan/teguran oleh panitia dan dicatat dalam berita acara PAT Semester Genap TP 2019/2020 sebagai salah satu bahan pertimbangan pemberian nilai.

Soal ujian sendiri, ujar Hasmi lagi, dikerjakan oleh kelompok kerja guru mata pelajaran (maple), kemudian diserahkan ke panitia PAT.

Petugas entry soal (proctor dan teknisi) akan melakukan upload soal ke dalam bentuk G Fom sebagai quiz, melakukan set nilai, mengatur on/off dan limiter waktu pengerjaan.

Sedangkan untuk pengawasannya, yakni proktor dan teknisi masing-masing  bertanggung jawab terhadap soal yang mereka entry.

Jika ada kendala yang dihadapi peserta ujian PAT, di laman soal ujian sudah tertera nomor teknisi (pengawas online) untuk dihubungi.

Saat ditanya apakah ada kendala dalam pelaksanaan PAT, Hasbi, mengakui kalau jaringan internet menjadi ancaman bagi siswa. Terutama bagi mereka yang berada di daerah susah untuk mendapatkan akses internet.

“Masih ada yang tidak bisa login menggunakan akun. Padahal sudah kami adakan simulasi 1 hari untuk 2 kali uji coba.(tapi pada maplel ke-2 sudah bisa teratasi,” ungkapnya.

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Reporter: Ahc25 - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Ditinggal Pergi Pemiliknya, Sebuah Rumah di Kintap Kecil Ludes Terbakar
apahabar.com

Kalsel

Libur Natal, Lalu Lintas di Martapura Lancar
apahabar.com

Kalsel

PSBB Dinilai Picu Kekosongan Stok Darah, PMI Banjarmasin Kembali Menjerit

Kalsel

VIDEO: BOM JOKE !! Bikin Geger Bandara Udara Syamsuddin Noor
apahabar.com

Kalsel

Cek Kesiapan Anggota, Polresta Banjarmasin Gelar Lomba Tugas Fungsi Sabhara
apahabar.com

Kalsel

Minim Rambu Lalu Lintas di Jalan Nasional, Dishub Tabalong Usul ke BPTD Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Pemilu 2019 Tinggal Menghitung Hari, Bawaslu dan Polda Kalsel Siap Pasang Badan
apahabar.com

Kalsel

Reses Bang Dhin, Ungkap Fakta Krisis Air Bersih di Tanbu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com