Pal 4 Banjarmasin Masih Terendam, Pemkot Gelar Rapat Dadakan Alhamdulillah, Ribuan Pengungsi di Liang Anggang Mulai Kembali ke Rumah Target Sore Ini, Jembatan Mataraman Kalsel Kembali Bisa Dilewati Banjar Kebanjiran, Duh Buaya Sungai Tabuk Ditinggal Pemilik Viral Korban Banjir Kalsel Lahiran di Jukung, Nama Anaknya Unik

Dua Desa di Tanbu Dicanangkan Jadi Kampung Tangguh Banua

- Apahabar.com Selasa, 16 Juni 2020 - 10:31 WIB

Dua Desa di Tanbu Dicanangkan Jadi Kampung Tangguh Banua

Kapolres, Dandim, dan unsur Forkopimda saat meninjau kampung tangguh banua. Foto-Istimewa.

apahabar.com, BATULICIN – Desa Mustika dan Desa Waringin Tunggal di Kecamatan Kuranji, Kabupaten Tanah Bumbu dicanangkan sebagai Kampung Tangguh Banua dalam rangka pencegahan dan penanganan Covid-19.

Pencanangan dipimpin oleh Kapolres Tanah Bumbu, AKBP Sugianto Marweki, didampingi Dandim 1022/TNB, Letkol Czi Bintarto Joko Yulianto, dan Kepala DPMD, Nahrul Fajeri, Senin (15/6).

“Kampung tangguh banua ini dibentuk untuk lebih mengedepankan masyarakat dalam rangka pencegahan Covid-19 saat ini,” ungkap Kapolres Tanah Bumbu, AKBP Sugianto Marweki.

Dibentuknya Kampung Tangguh Banua bukan hanya untuk menghadapi Covid-19 saja, namun juga permasalahan lain yang ada di wilayah tersebut.

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 berdampak di seluruh aspek masyarakat. Pandemi ini telah merenggut nyawa, harta benda, dan mata pencarian, serta menyebabkan banyak permasalahan yang merugikan.

Dandim 1022/TNB, Letkol Czi Bintarto Joko Yulianto, mengapresiasi kepada Desa Mustika dan Desa Waringin Tunggal atas keberhasilannya menjadi Kampung Tangguh Banua di Kecamatan Kuranji.

Dandim berharap kampung tangguh ini juga siap melaksanakan tatanan kehidupan baru dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“Kami mengharapkan kesadaran kita semua untuk bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19, sehingga Tanah Bumbu akan segera terbebas dari wabah tersebut,” pungkasnya.

Sementara Bupati Tanah Bumbu melalui Kepala DPMD, Nahrul Fajeri, mengatakan kampung tangguh banua yang digagas Kapolri serta unsur terkait ini adalah strategi yang tepat dalam penanggulangan penyebaran Covid-19 di desa-desa.

Kemandirian desa dengan berbagai inovasi yang dilakukan masyarakat menjadikan wilayahnya benar-benar siap dan tangguh menghadapi pandemi Covid-19.

Salah satunya pemanfaatan pekarangan rumah dalam ketahanan pangan, dan pematuhan anjuran protokol kesehatan dalam beraktivitas.

Kedua desa ini dinilai sukses melakukan aksi percepatan penanganan Covid-19, sekaligus edukasi masyarakat secara masif, sehingga kedua desa ini menjadi kawasan zero Covid-19.

Keberhasilan ini dinilai dari kesigapan pemerintah desa melalui tim relawan gugus tugas desa dalam menekan angka penyebaran Covid-19 di desa masing-masing.

Beberapa inovasi yang mendukung penanganan covid-19 di desa tersebut di antaranya tersedianya ruang/bangunan isolasi mandiri, posko kesehatan, posko siaga bencana dan screening room.

Selain itu, terkait ketahanan pangan, dengan perkebunan, pertanian, dan peternakan ikan air tawar hingga dapur umum.

Tak hanya itu, desa ini juga telah menyiapkan pos singgah bagi warga pendatang dan areal pekuburan beserta tukang gali kubur khusus.

Editor: Puja Mandela

Editor: Reporter: Syahriadi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tanah Bumbu

Door To Door, Polsek Karang Bintang Salurkan Bantuan untuk Warga Kurang Mampu

Tanah Bumbu

Bikin Arboretum di Mantewe Tanbu, Arutmin Gugah Kesadaran Lingkungan Perusahaan Tambang
apahabar.com

Tanah Bumbu

Banjir Belum Surut, Desa Sebamban Baru dan Lama Dirikan Dapur Umum
apahabar.com

Tanah Bumbu

Rooswandi Minta SKPD Tingkatkan Disiplin Covid-19
apahabar.com

Tanah Bumbu

Balapan Liar di Pagatan Resahkan Warga, Kapolsek Kusan Hilir: Kami Siap Tindak Tegas
apahabar.com

Tanah Bumbu

Warga Kampung Baru (Mattone) Keluhkan Pengangkutan Sampah
apahabar.com

Tanah Bumbu

Kabar Duka, Satu Pasien Covid-19 Asal Satui Tutup Usia
apahabar.com

Tanah Bumbu

Kerja Lembur, Satgas TMMD Kodim 1022/Tanah Bumbu Selesaikan Pemasangan Gorong-gorong
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com