Pantas GR86 Jadi Primadona di GIIAS 2022, Berapa Harganya? Akhirnya, Truk Pertamina yang Terbalik di Martapura Berhasil Dievakuasi Maksimalkan Potensi EBT, CPI: Pengembangan EBT Jangan Asal-asalan! Dilantik Jadi Sekda, Yani Tambah Daftar Kosong Kepala Dinas Pemkab HST Heboh Siswa Banjarmasin Diduga Tertular Covid-19, Disdik Turun Tangan
agustus

Dukung Program Ketahanan Pangan di Kalteng, Jokowi Tugaskan 3 Menteri

- Apahabar.com     Selasa, 30 Juni 2020 - 10:51 WITA

Dukung Program Ketahanan Pangan di Kalteng, Jokowi Tugaskan 3 Menteri

Ilustrasi food estate. Foto-MI/Immanuel.

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tugas secara khusus terkait ketahanan pangan kepada 3 menteri.

Ketiganya adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan, bahwa ia mendapatkan tugas dari Presiden untuk mendukung program ketahanan pangan bersama dua menteri lain dalam usaha untuk menciptakan kawasan food estate yang akan menjadi sentra baru ketahanan pangan nasional.

“Presiden akan meninjau langsung proyek ketahanan pangan nasional yang rencananya akan tersentra di Kalimantan Tengah,” katanya, Senin (29/6).

Basuki menambahkan pihaknya akan bersinergi dengan Kementerian BUMN dan Kementerian Pertahanan sesuai dengan amanat Presiden. Secara teknis, pihaknya bersama Kementerian BUMN dan Kementerian Pertahanan telah bergerak cepat.

“Tahun ini PUPR mendesain rehabilitasi jaringan irigasinya, 165 ribu hektare itu tahun depan kita mulai dengan menggerakkan BUMN. Menhan juga termasuk untuk bisa ikut karena menurut beliau, ini adalah program ketahanan nonmiliter,” kata Basuki.

Senada dengan Basuki, Menteri BUMN Erick Thohir mengaku telah menyiapkan sejumlah rencana yang akan melibatkan seluruh instansi terkait. Ia mengatakan pemerintah telah menyiapkan sejumlah rencana taktis dan strategis agar food estate di Kalimantan Tengah bisa segera rampung.

“Kami optimistis dengan sinergi yang melibatkan seluruh instansi untuk membangun food estate akan memiliki kontribusi besar dalam menciptakan ketahanan pangan. Dan ketahanan pangan adalah salah satu hal paling penting yang terkait langsung ketahanan dan kedaulatan negara,” ujar Erick.

Dalam kesempatan itu Erick menegaskan bahwa sejak awal pemerintah berikhtiar agar bangsa ini memiliki kedaulatan pangan. Dengan sumber daya alam yang dimiliki, Indonesia mesti mampu memenuhi ketersediaan pangannya.(Ant)

Erick mengapresiasi kinerja Kementerian Pertanian yang terbukti mampu meningkatkan produksi pertanian dalam negeri termasuk peningkatan produksi bawang putih.

“Dengan usaha keras yang dilakukan bersama, tugas besar kita bersama agar bangsa ini mampu memproduksi kebutuhan pangannya sendiri dan tidak tergantung dengan impor,” kata Erick.(Ant)

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Duet Prabowo-Puan Dinilai Belum Harga Mati
Gisel

Nasional

Alamak! Gisel Jadi Tersangka Kasus Video Syur, Akui Sebagai Pemerannya
apahabar.com

Nasional

KPK Ultimatum Kakak Ipar Bupati Cianjur Menyerahkan Diri
apahabar.com

Nasional

Gunung Merapi Alami 7 Kali Gempa Guguran, Status Masih Waspada
apahabar.com

Nasional

Janji Ridwan Kamil dan Duka Nestapa Kakak-Adik Korban Longsor

Nasional

Terseret Kasus Suap, Bupati HSU Punya Harta Rp 5,3 Miliar

Nasional

Heboh! Anggota TNI Berhubungan Seks dengan 8 Pria, Dua Orang Warga Banjarmasin
apahabar.com

Nasional

Polda Metro Selidiki Mobil Pemasok Makanan Hingga Molotov ke Perusuh Demo Omnibus Law
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com