Eks Bos Berulah, Kepala Penjual Pentol Rantau Nyaris Terbelah Hendak Benarkan Tas, Pemotor Tabrak Truk di Angsau Tanah Laut Negosiasi Rampung: Bagus Lega, Hasnur Rela, Nitizen Bahagia, Bagaimana FC Utrecht? Jelang Masa Tenang, Bawaslu Kalsel Minta Paslon Copot APK Longsor Tergerus Banjir, Oprit Jembatan di Tabalong Diperbaiki

Firdaus Mundur, Anang Misran Gagal Nyalon Wali Kota Banjarmasin

- Apahabar.com Selasa, 23 Juni 2020 - 19:05 WIB

Firdaus Mundur, Anang Misran Gagal Nyalon Wali Kota Banjarmasin

Bakal calon wali kota dan wakil wali kota Banjarmasin jalur independen Anang Misran-Firdaus saat menyerahkan berkas dukungan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu (19/2) siang. Foto-dok/aphabar.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Sebelum berlaga, bakal calon Wali Kota Banjarmasin jalur perorangan Anang Misran dipastikan gugur oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Keputusan ini menindaklanjuti Ahmad Firdaus yang telah resmi mengundurkan diri. Walhasil untuk jalur perorangan di Pilwali Banjarmasin tersisa pasangan Khairul Saleh dan Habib Ahmad Al Hasby.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarmasin, Rahmiati Wahdah mengatakan gugurnya satu pasangan bakal calon jalur perorangan ini menyikapi surat pengunduran diri Ahmad Firdaus.

Patokannya adalah PKPU 1 tahun 2020 pasal 33 ayat 1. Disana apabila bakal pasangan calon atau salah satu bakal pasangan calon mengundurkan diri pada saat verifikasi administrasi sampai rekapitulasi, maka dinyatakan tidak memenuhi syarat dan tidak dapat digantikan dengan yang lain.

“Dalam artian mundurnya Firdaus otomatis menggugurkan pasangannya. Karena mereka itu satu paket, satu mundur dianggap membatalkan,” ujarnya.

Rahmi mengungkapkan bahwa Firdaus resmi mengundurkan diri kepada KPU sejak 15 Juni lalu.

Sehingga Khairul Saleh menjadi pasangan tunggal yang masih maju sebagai calon perseorangan.

Dalam dekat ini pihaknya akan melakukan ferivikasi faktual terhadap berkas dari Pasangan Khairul Saleh mulai dari 24 Juni hingga 12 Juli mendatang.

Sebelumnya, Ahmad Firdaus datang Ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin, didamping oleh sejumlah pengawalnya untuk melakukan klarifikasi terhadap surat yang sebelumnya memang sudah ditembuskannya kepada pihak KPU dan Bawaslu Kota Banjarmasin.

Dalam surat pengunduran diri tersebut, Daus menyebutkan bahwa pengunduran dirinya atas dasar keinginannya sendiri tanpa unsur paksaan oleh siapapun.

“Saya datang kesini, untuk mengantarkan surat pengunduran diri, dan ini atas dasar keinginan saya sendiri tanpa paksaan dari pihak manapun,” pungkasnya.

Editor: Syarif

Editor: Reporter: Bahaudin Qusairi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Politik

Ambil Berkas Bacalon Wali Kota ke Golkar, Sekdaprov Kalsel Irit Bicara
apahabar.com

Politik

Pengundian Nomor Urut Pilgub Kalsel : BirinMu yang Terbaik, H2D Ingin Nomor Kemenangan
Sayap Perempuan

Politik

Sayap Perempuan Golkar Makin Solid Dukung AnandaMu, Ini Buktinya!
apahabar.com

Politik

DPP PDIP Umumkan Calon Kepala Daerah, Ini untuk Kalteng
apahabar.com

Politik

Tanggapan DPC PDIP Banjarbaru Terkait Pencalonan Sekda Tapin di Pilwali 2020
apahabar.com

Politik

Khofifah Didorong Masuk Bursa Caketum PPP
apahabar.com

Politik

Pengundian Nomor Urut Paslon Pilgub Kalsel, Denny-Difri Tiba Lebih Dulu, Disusul Sahbirin-Muhidin di KPU

Politik

Anggota DPRD Mathari: Hj Ananda – Mushaffa Pemimpin Ideal untuk Banjarmasin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com