Update Banjir Kalsel: Sudah 6 Kabupaten Terdampak! Parah, Empat Titik Longsor Sempat Tutup Akses Utama Loksado-Kandangan UPDATE Tinggi Air Jelang Puncak Banjir HST BREAKING! Bupati HST Tetapkan Status Tanggap Darurat Banjir Banjir di Pusat Kota HST Meluas, Ratusan Jiwa Mengungsi

Fluktuatif Kurva Covid-19, Kalsel Pertimbangkan Kebijakan Baru WHO

- Apahabar.com     Selasa, 30 Juni 2020 - 20:04 WITA

Fluktuatif Kurva Covid-19, Kalsel Pertimbangkan Kebijakan Baru WHO

Ilustrasi Covid1-9. Foto-Shutterstock

apahabar.com, BANJARBARU – Pergerakan kasus harian Covid-19 di Kalimantan Selatan terus berubah. Naik turunnya angka kasus positif dan pasien sembuh membuat pemerintah berupaya keras dalam memutus rantai penularan.

Sebelumnya, organisasi kesehatan dunia (WHO) memperbaharui panduan kriteria pelepasan isolasi pasien positif berdasarkan gejala klinisnya. Syarat tersebut membuat pasien yang telah melakukan tes PCR, dapat keluar dari isolasi tanpa harus menunggu hasilnya.

Menanggapi hal tersebut, juru bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kalsel, Muslim mengaku masih melakukan pertimbangan dengan pemerintah pusat.

“Masih dikomunikasikan, bagaimana protokol yang menjadi ketetapan,” jawab Muslim melalui pesan singkat kepada apahabar.com, belum lama ini.

Sebagai informasi, Kalsel masih melakukan pengujian hasil konfirmasi Covid-19 melalui metode PCR dengan dua kali swab. Laporan hari ini menyebutkan ada total 3.148 kasus positif dan 766 pasien sembuh.

Pasien yang tidak memiliki gejala sakit, komorbid (penyakit penyerta) sudah terkelola dan hanya menunggu swab, maka sesuai dengan kesimpulan dari dokter penanggung jawab dapat dikeluarkan dari rumah sakit. Namun selanjutnya, akan diteruskan ke karantina khusus yang telah disiapkan pemerintah.

Saat ini, Indonesia masih belum memiliki vaksin dalam mencegah Covid-19. Begitu pula dengan obat untuk definitif yang masih belum ditemukan. Penanganan utama dalam memutus rantai penularan ini kata dia yaitu menerapkan protokol kesehatan saat melakukan aktivitas harian.

“Maka upaya-upaya pencegahan inilah yang harus kita lakukan,” jelasnya

Editor: Syarif

Editor: Reporter: Musnita Sari - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Sentral Antasari Tutup, Duta Mall Buka, Cuncung: Tak Boleh Tebang Pilih
apahabar.com

Kalsel

Update Kebakaran Sutoyo: Kerugian Miliaran, Penyebab Masih Misterius
Polda Kalsel

Kalsel

Terima Perintah MK, Polda Kalsel Siap Amankan PSU
Sungai Sebamban

Kalsel

Sungai Sebamban Bak Kopi Susu, Warga Datangi Kantor DLH
apahabar.com

Kalsel

KPU Turun Tangan Selidiki WNA Miliki KTP di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Pembunuhan Sadis di Tatakan Tapin: Tebas Leher Kacung Lalu Kabur
apahabar.com

Kalsel

Satpolair Polresta Banjarmasin Semprot Disinfektan Feri Penyeberangan
apahabar.com

Kalsel

Duta Mall Nyicil Bayar Tunggakan Pajak Parkir
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com