Kronologi Lengkap 2 Bocah asal Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi Belum Tentu Dibekap Sang Ibu, Biang Kematian 2 Bocah Benawa HST Jadi Misteri 16 Hari Anti-Kekerasan, Aktivis Perempuan Kampanyekan Kesetaraan Gender di Banjarmasin Suhu Tubuh Tinggi, Wali Kota Samarinda Positif Covid-19 Inalillahi, 2 Bocah di Batu Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi

Fluktuatif Kurva Covid-19, Kalsel Pertimbangkan Kebijakan Baru WHO

- Apahabar.com Selasa, 30 Juni 2020 - 20:04 WIB

Fluktuatif Kurva Covid-19, Kalsel Pertimbangkan Kebijakan Baru WHO

Ilustrasi Covid1-9. Foto-Shutterstock

apahabar.com, BANJARBARU – Pergerakan kasus harian Covid-19 di Kalimantan Selatan terus berubah. Naik turunnya angka kasus positif dan pasien sembuh membuat pemerintah berupaya keras dalam memutus rantai penularan.

Sebelumnya, organisasi kesehatan dunia (WHO) memperbaharui panduan kriteria pelepasan isolasi pasien positif berdasarkan gejala klinisnya. Syarat tersebut membuat pasien yang telah melakukan tes PCR, dapat keluar dari isolasi tanpa harus menunggu hasilnya.

Menanggapi hal tersebut, juru bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kalsel, Muslim mengaku masih melakukan pertimbangan dengan pemerintah pusat.

“Masih dikomunikasikan, bagaimana protokol yang menjadi ketetapan,” jawab Muslim melalui pesan singkat kepada apahabar.com, belum lama ini.

Sebagai informasi, Kalsel masih melakukan pengujian hasil konfirmasi Covid-19 melalui metode PCR dengan dua kali swab. Laporan hari ini menyebutkan ada total 3.148 kasus positif dan 766 pasien sembuh.

Pasien yang tidak memiliki gejala sakit, komorbid (penyakit penyerta) sudah terkelola dan hanya menunggu swab, maka sesuai dengan kesimpulan dari dokter penanggung jawab dapat dikeluarkan dari rumah sakit. Namun selanjutnya, akan diteruskan ke karantina khusus yang telah disiapkan pemerintah.

Saat ini, Indonesia masih belum memiliki vaksin dalam mencegah Covid-19. Begitu pula dengan obat untuk definitif yang masih belum ditemukan. Penanganan utama dalam memutus rantai penularan ini kata dia yaitu menerapkan protokol kesehatan saat melakukan aktivitas harian.

“Maka upaya-upaya pencegahan inilah yang harus kita lakukan,” jelasnya

Editor: Syarif

Editor: Reporter: Musnita Sari - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 di Tanbu: Tambahan 1 Positif asal Simpang Empat
apahabar.com

Kalsel

Siang Hujan Lokal Merata di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Pemkab HST Terima Penghargaan WTP
apahabar.com

Kalsel

1 PDP Positif, Batola Tambah Pasien Covid-19 Lagi
Siang Ini, 5 dari 10 Titik Rawan Banjir di Martapura Terendam

Kalsel

Siang Ini, 5 dari 10 Titik Rawan Banjir di Martapura Terendam
apahabar.com

Kalsel

Melepas Rindu, Pengajian Perdana Guru Bakhiet Ditonton Ribuan Jemaah
apahabar.com

Kalsel

Segera Bangun Gedung Parkir Kawasan Pasar
apahabar.com

Kalsel

Tunjangan Kepala Tenaga Administrasi Kembali Rp4 Juta
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com