Bertemu Pacar, Begal Sadis di Gunung Kayangan Pelaihari Ditembak Petugas Perhatian! PT KPP Rantau Ngutang Pajak Alat Berat Rp 1,8 M Warung Jablay di HSS Meresahkan, MUI Ngadu ke DPRD Jelang Pencoblosan, Warga Kalsel Diimbau Jangan Telan Mentah-Mentah Berita Medsos Disbudpar Banjarmasin Rilis Dua Wisata Baru, Cek Lokasinya

Golongan Darah A Pengaruhi Keparahan Infeksi Covid-19, Cek Faktanya

- Apahabar.com Sabtu, 20 Juni 2020 - 05:30 WIB

Golongan Darah A Pengaruhi Keparahan Infeksi Covid-19, Cek Faktanya

Ilustrasi. Foto-Shutterstock

apahabar.com, JAKARTA –Dari analisis genetik pasien Covid-19 menunjukkan bahwa golongan darah mungkin pengaruhi tingkat keparahan infeksi. Para ilmuwan yang membandingkan gen dari ribuan pasien di Eropa, menemukan mereka yang memiliki darah golongan darah A mengalami gejala yang lebih parah, sedang tipe O lebih kecil kemungkinannya.

Laporan yang diterbitkan di New England Journal of Medicine tidak membuktikan hubungan golongan darah, tetapi mengonfirmasi laporan sebelumnya tentang itu. “Sebagian besar dari kita mengabaikannya dan menilai ini adalah penelitian yang kasar. Dengan studi baru ini sekarang saya percaya,” kata Dr Parameswar Hari, seorang spesialis darah di Medical College of Wisconsin.

Penelitian terbaru yang melibatkan para ilmuwan di Italia, Spanyol, Denmark, Jerman dan negara-negara Eropa lain, membandingkan sekitar 2.000 pasien dengan COVID-19 yang parah dengan beberapa ribu orang lain yang sehat atau yang hanya memiliki gejala ringan atau tanpa gejala. Para peneliti mengikat variasi dalam enam gen dengan kemungkinan penyakit parah, termasuk beberapa yang dapat memiliki peran dalam seberapa rentan seseorang terhadap virus. Mereka juga mengaitkan golongan darah dengan kemungkinan risiko.

Banyak peneliti telah mencari petunjuk mengapa beberapa orang yang terinfeksi virus Covid-19 menjadi lebih parah sakitnya, sementara yang lain tidak. Selain usia yang lebih tua, para ilmuwan telah melihat gen sebagai “faktor tuan rumah” yang mungkin memengaruhi keparahan penyakit.

“Ada empat jenis tipe darah utama yaitu A, B, AB dan O yang ditentukan oleh protein pada permukaan sel darah merah Anda,” kata Dr. Mary Horowitz, kepala ilmiah di Pusat Penelitian Transplantasi Darah dan Sumsum Internasional.

Horowitz mengatakan, orang dengan Tipe O lebih mampu mengenali protein tertentu sebagai suatu yang asing. Dan itu kemungkinan meluas ke protein permukaan virus.

Selama wabah SARS, yang disebabkan oleh sepupu genetik dari coronavirus yang menyebabkan pandemi saat ini. “Tercatat bahwa orang dengan golongan darah O cenderung kurang mendapatkan penyakit parah,” kata Horowitz.
Direktur Institut Kedokteran Genetik di Universitas Johns Hopkins, Dr. David Valle menambahkan, golongan darah juga telah dikaitkan dengan kerentanan terhadap beberapa penyakit menular lainnya. Seperti kolera, infeksi saluran kemih dan kanker perut.

“Ini studi provokatif. Dalam pandangan saya ini layak diterbitkan, tetapi perlu verifikasi pada lebih banyak pasien,” kata Valle. (rep)

Editor: Syarif

Editor: Uploader - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

World Press Freedom Day, Dewan Pers Ingatkan soal Empati Terkait Covid-19
apahabar.com

Nasional

Jack Ma Donasikan Perlengkapan Medis ke Asean Termasuk Indonesia
apahabar.com

Nasional

Update Covid-19 di Indonesia: Positif 169.195 Orang, 122.802 Sembuh
apahabar.com

Nasional

Imbas Covid-19, Pendapatan Negara Diproyeksikan Turun
FPI

Nasional

Tak Terdaftar di Kemendagri, Berikut Penjelasan Sekertaris Bantuan Hukum FPI
apahabar.com

Nasional

Tinjau RS Darurat Wisma Atlet, Presiden Berharap Tidak Sampai Digunakan
apahabar.com

Nasional

Setelah 1 Jam, Api di Masjid Agung Dilumpuhkan
apahabar.com

Nasional

Medsos Dibatasi, SMS dan Telepon Tetap Jalan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com