Rodney Goncalves: Pemain Barito Putera Harus Punya Rasa Marah dan Lapar Viral Keributan Suporter Futsal Antar Pelajar di Banjarbaru, Polisi Turun Tangan Hasil MotoGP Jepang: Quartararo Melempem, Bagnaia Crash, Selisih Poin Semakin Menjauh Soal Konversi Kompor Gas ke Listrik, Begini Penjelasan ESDM Kalsel Kronologis Bocah 12 Tahun Ditemukan Meninggal Terseret Banjir Halong Balangan

Golongan Darah O ‘Kebal’ Corona, Cek Faktanya

- Apahabar.com     Sabtu, 13 Juni 2020 - 10:10 WITA

Golongan Darah O ‘Kebal’ Corona, Cek Faktanya

Donor darah. Foto-Pixabay

apahabar.com, JAKARTA – Kabar menghebohkan terkait studi kalau golongan darah O lebih ‘kebal’ corona.

Memang studi serupa pernah menyebutkan hal yang sama awal Maret lalu. Studi di China menyebut golongan darah A lebih rentan terinfeksi virus Covid-19, sedang golongan darah O memiliki risiko lebih rendah terpapar virus ini.

Namun studi ini hanya temuan awal karena berdasarkan 206 pasien yang meninggal terkait Corona di Wuhan, 85 di antaranya ditemukan memiliki golongan darah A. Belum bisa dikatakan secara pasti bahwa golongan darah tertentu bisa dikatakan golongan aman dari Corona.

Studi yang dilakukan sebuah perusahaan bioteknologi 23andMe, California, juga menemukan hal yang sama. Dikatakan, golongan darah tipe O lebih bisa melindungi diri dari SARS-COV-2. 9-18 persen lebih kecil kemungkinannya untuk terinfeksi Covid-19.

Namun penelitian ini juga masih dalam tahap temuan awal. Para ahli membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait kaitan genetik atau golongan darah tertentu dengan infeksi virus Corona.

“Ini masih hasil awal, bahkan dengan ukuran sampel ini mungkin tidak cukup untuk menemukan asosiasi genetik. Kami pun bukan satu-satunya pihak yang meneliti hal ini. Pada akhirnya, para pakar ilmiah yang mungkin perlu mengumpulkan sumber dayanya untuk menjawab kaitan genetik dengan COVID-19 ini,” jelas para peneliti seperti dikutif Detik.com dari South China Morning Post. (dtk)

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Pasca Tsunami, Kpu Diminta Data Kembali Pemilih Donggala
Robot Delta

Nasional

Warga Tembok Gede Surabaya Rakit Robot Delta untuk Penyemprotan Disinfektan
apahabar.com

Nasional

Terkait Papua, Polisi Tetapkan Dandhy Tersangka UU ITE
apahabar.com

Nasional

Mantan Kuli Panggul Dipanggil Jokowi ke Istana
apahabar.com

Nasional

2 Hari Setelah Bertemu Jokowi, Wakil Wali Kota Solo Positif Covid-19
apahabar.com

Nasional

Selendang Rajutan Nenek 80 Tahun untuk Jokowi

Nasional

Masa PPKM Penerbangan Internasional Masih Buka, Ini Alasannya
PPKM

Nasional

Senada dengan Presiden Jokowi, Wagub DKI Sebut PPKM Tidak Efektif Tekan Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com