Jokowi Telepon Gubernur Soal Banjir Kalsel, Gak Kebalik Pak? Breaking News: Respons Jokowi Atas Banjir di Kalsel, Segera Kirim Perahu Karet Tak Ucapkan Dukacita, Habib Banua Tantang Presiden ke Kalsel Warga Banjiri IG Presiden Jokowi: Kalsel Juga Berduka Pakkk!!! Pecah Rekor Lagi! Kasus Covid-19 Indonesia Tambah 12.818 Hari Ini

Indonesia Ingin Tiru Korsel Sukses Pemilu di Tengah Pandemi Covid-19

- Apahabar.com Senin, 8 Juni 2020 - 18:59 WIB

Indonesia Ingin Tiru Korsel Sukses Pemilu di Tengah Pandemi Covid-19

Mendagri Tito Karnavian bertemu dengan Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-Beom. Foto-Antara

apahabar.com, JAKARTA – Sukses Korea Selatan (Korsel) menggelar Pemilu legislatif di tengah pandemi Covid-19 ingin ditiru Indonesia.

Langkah itu ditandai pertemuan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dengan Duta Besar Korsel untuk Indonesia Kim Chang-Beom.

“Belajar dari Korea Selatan inilah tadi kami mengundang duta besar Korea Selatan, beliau banyak memberikan masukan,” kata Mendagri Tito Karnavian di Jakarta, Senin (8/6).

Korsel diakui Tito sukses menyelenggarakan pemilu legislatifnya meski ketika itu sedang berada dalam situasi puncak pandemi Covid-19.

“Pemilu legislatif nasional di Korea Selatan terlaksana pada tanggal 15 April lalu, tapi tahapan-tahapannya sudah dimulai dari Januari, Februari, Maret pada saat puncak pandemi di Korea dan justru angkanya sedang meningkat pada saat itu,” kata dia.

Bahkan, Korsel mampu mencatatkan partisipasi pemilih tertinggi meski sejak sejak pemilu 1992, yakni sebesar 96,6 persen.

“Jadi tertinggi semenjak tahun 1992, itu menarik sekali dan kemudian berlangsung juga aman tanpa ada ledakan kasus Covid-19,” ucap Tito.

Lantas, berbekal itu Tito berharap pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 ini dapat berjalan sukses.

Tito mengaku dapat banyak masukan untuk penyelenggaraan Pilkada 2020, di antaranya perlunya dukungan publik yang sangat tinggi untuk pesta demokrasi tersebut.

Kemudian, pentingnya menerapkan protokol-protokol kesehatan yang dilakukan, termasuk mengakomodasi hak pilih dari pemilih yang positif Covid-19, orang-orang yang sedang masa karantina serta bagi para pemilih umum.

“Bagaimana penggunaan alat protektif, kemudian jenis-jenis proteksi apa yang dipakai pada saat pemilihan umumnya, dan lain sebagainya,” katanya.

Duta Besar Kim Chang-Beom menyampaikan harapannya agar kesuksesan pemilu di tengah pandemi bisa terulang pada Pilkada 2020.

“Pada hari ini juga saya juga menyampaikan harapan kami agar Pilkada yang akan diselenggarakan di Indonesia tanggal 9 Desember nanti dapat berlangsung secara sukses, aman dan juga dengan partisipasi yang sangat tinggi,” kata Kim Chang-Beom.

Dia mengatakan butuh kepercayaan publik, aksi solidaritas, kolaborasi untuk saling menjaga diri, melakukan protokol kesehatan, dan dukungan semua pihak untuk keberhasilan Pilkada.

“Bagi Indonesia tentu perlu sebuah keyakinan dan kepercayaan dan juga kerja sama bersama gotong-royong untuk menunjukkan sebuah model baru, sebuah model sukses pilkada dan pemilu kepada dunia,” ujarnya.(ant)

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Uploader - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Sirkuit Mandalika Tidak untuk F1, Ini Alasannya
apahabar.com

Nasional

Menantu Elvy Sukaesih Kembali Diciduk Polisi karena Kasus Narkoba
BirinMu

Politik

BirinMu Menangi Pilgub Kalsel, Supian HK Imbau Simpatisan Tak Terbawa Euforia
apahabar.com

Nasional

Lantik Wantimpres, Jokowi Beberkan Alasan Pilih Wiranto Jadi Ketua

Nasional

Tim Kampanye Jokowi-Ma’ruf Amin Klaim Kantongi Restu Ulama Kalsel
apahabar.com

Nasional

Tata Lingkungan, Siapkan Penambahan Armada Pengangkut Sampah
apahabar.com

Nasional

Hore! Listrik Gratis Diperpanjang Hingga September
apahabar.com

Nasional

Impor Alat dan Obat Sudah Datang, Tinggal Skema Tes Massal
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com