Keren, RSD Idaman Banjarbaru Ditetapkan Sebagai RS Unggulan Pelayanan KB Simakalama Pembelajaran Tatap Muka OTT Amuntai, Giliran Orang Dekat Bupati HSU Diperiksa KPK KPK Tangkap Tangan Maliki, Bupati HSU Tunjuk Plt Kadis PUPRP Baru PLN Suplai Listrik untuk Kawasan Food Estate Kalteng

Inilah Sasaran Pembangunan TMMD di Kabupaten Banjar

- Apahabar.com     Kamis, 18 Juni 2020 - 09:57 WITA

Inilah Sasaran Pembangunan TMMD di Kabupaten Banjar

Pembangunan akses jalan di Desa Biih, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar dalam program Pra TMMD ke-108 Kodim 1006/Martapura. Foto-Istimewa

apahabar.com, MARTAPURA – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sebagai upaya membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pemerataan pembangunan di suatu wilayah.

“TMMD ke-108 tahun 2020 ini sasarannya membangun akses umum masyarakat di Desa Biih, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar,” ujar Dandim 1006/Martapura, Letkol Arm Siswo Budiarto belum lama tadi.

Dandim kemudian merincikan anggaran pembangunan di Desa Biih beserta sasarannya. APBD Pemkab Banjar telah menganggarkan Rp 1,15 M untuk membangun infrastruktur seperti pembukaan jalan dan pengerasan serta pembuatan jembatan.

“Dukungan anggaran dari Mabes TNI dana PJO Operasional Rp 482,5 juta dan DPMD Provinsi Rp 85 juta untuk sasaran tambahan seperti bedah rumah, rehab musala, pembangunan MCK serta pos kamling. Sedangkan sasaran non fisik dari DPMD Kabupaten Banjar Rp 24,2 juta untuk penyuluhan,” papar Dandim.

Saat ini sedang berlangsung Pra TMMD, sejumlah sasaran fisik mulai dikerjakan hingga TMMD resmi dibuka pada 30 Juni nanti.

“Pengerjaannya meliputi pengerasan jalan sepanjang 4 kilometer dengan lebar 8 meter, pembangunan jembatan, serta gorong-gorong, termasuk sasaran fisik tambahan juga mulai dikerjakan,” tutur Dandim.

Pembangunan ini aecara teknis dikerjakan oleh Satgas TMMD. Dalam Pra TMMD ini pekerjaan dilakukan oleh anggota Kodim, TNI-AL, TNI-AU bersama masyarakat setempat.

“Pasca pembangunan diharapkan lebih menyejahterakan masyarakat setempat khususnya yang mendambakan akses transportasi ruas jalan menuju pemerintahan menjadi layak, di samping itu bagi TNI adalah meningkatkan kemanunggalannya dengan rakyat,” harap Dandim.

Sebelumnya Sekda Banjar, HM Hilman menuturkan TMMD ke-108 di wilayah Kabupaten Banjar mengusung tema “TMMD Pengabdian Untuk Negeri”.

Rencananya TMMD bakal dibuka Bupati Banjar pada 30 Juni mendatang. Ia berharap seluruh unsur Forkopimda bisa hadir dan masyarakat mendukung kegiatan tersebut.

“Karena TMMD ini termasuk pesta rakyat, saya berharap masyarakat bisa hadir,” harap Sekda Banjar.

Untuk diketahui, TMMD adalah Operasi Bhakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral dengan Kementerian, lembaga pemerintah non kementerian (LPNK), Pemda, dan seluruh komponen masyarakat.

Editor: Puja Mandela

Editor: Reporter: Hendra Lianor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kisruh Kadin Banjar

Kabupaten Banjar

Kisruh Kadin Banjar, Rofiqi: Pelantikan Ketua yang Baru Tidak Sah!
Korpri Banjar

Kabupaten Banjar

Korpri Banjar Dikukuhkan, Bupati Saidi Harap Beri Pelayanan Terbaik untuk Publik
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Pedagang Pasar Terapung Lok Baintan Diingatkan Protokol Covid-19

Kabupaten Banjar

Geram Jadi Langganan Banjir, Warga Martapura Ramai-Ramai Bersihkan Drainase
Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari

Kabupaten Banjar

Haul Datu Kalampayan 2021 Digelar Terbatas, Catat Tanggalnya
Satgas

Kabupaten Banjar

Satgas Banjar Presentasi Kinerja Penanganan Covid-19, Kesembuhan Pasien 90 Persen
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Pilkades Sudah Dekat, Kapolsek Pastikan Sungai Tabuk Kondusif
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Hasil Verfak Belum Keluar, KPU Banjar Sebut Dukungan Calon Perseorangan ‘Rontok’ di Vermin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com