MUSDA Kian Sengit, Rikval Fachruri Bidik Posisi Ketum HIPMI Kalsel Tersetrum, Petugas PLN di Kandangan Nyangkut di Tiang Listrik Angin Puting Beliung Ngamuk, Puluhan Rumah di Banjar Poran Poranda Pak Jokowi, Kawasan Industri Jorong Tanah Laut Butuh Investor Baru! Dinkes Banjarmasin Langgar Prokes, Pejabat Pemkot Melempem

Jawab Kerinduan, Dua Masjid Besar di Pelaihari Gelar Jumatan

- Apahabar.com Jumat, 5 Juni 2020 - 17:42 WIB

Jawab Kerinduan, Dua Masjid Besar di Pelaihari Gelar Jumatan

Dua masjid besar di Kabupaten Tanah Laut, yakni Masjid Al Manar dan Masjid Agung Syuhada kembali melaksanakan Jumatan, siang tadi. Foto-apahabar.com/Chandra

apahabar.com, PELAIHARI – Dua masjid besar di Kabupaten Tanah Laut, yakni Masjid Al Manar dan Masjid Agung Syuhada kembali melaksanakan salat Jumat, (5/6).

Sebelumnya, jumatan di sana sempat berhenti beberapa pekan akibat pandemi Covid-19.

Seiring adanya fatwa Majelis Ulama Indonesia yang membolehkan jumatan, pelaksanaan salat berjemaah di masjid itu mengikuti protokol kesehatan.

Dari pantauan apahabar.com, para jemaah diwajibkan menjaga jarak 2 meter dan mengenak masker saat salat.

Penerapan pelayanan protokol covid 19 di Masjid Almanar Pelaihari ini dimulai dari datangnya para jemaah.

Mereka diarahkan petugas untuk melakukan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, kemudian mengukur satu per satu suhu tubuh dengan antrean berjarak.

Selain itu, penitipan alas kaki ditiadakan, setiap jamaah harus memasukkan sendal/sepatunya ke kantong plastik atau tas dan membawa masuk alas kakinya masing-masing.

Hal itu untuk mengantisipasi kerumunan saat jemaah pulang selesai beribadah secara bersamaan.

Tampak sejumlah petugas Kodim 1009/Pelaihari bersama Polres Tanah Laut, PMI Tanah Laut dan Dinas Perhubungan Kabupaten Tanah Laut memberikan edukasi dan membantu para jemaah untuk tetap aman dalam beribadah.

Masjid tidak menggunakan karpet atau permadani, setiap jemaah harus membawa sendiri sajadah atau alat salatnya, dan jarak baris salat (saf) diberi jarak satu meter.

Dandim 1009/Pelaihari Adi Yoga Susetyo menuturkan aturan itu guna menjawab kerinduan masyarakat Tanah Laut untuk kembali memakmurkan masjid sebagai sentral kegiatan umat.

“Dengan penerapan disiplin Protokol covid 19 seperti ini diharapkan masyarakat semakin sadar, kita beribadah selain menjaga diri kita juga menjaga orang lain. Hendaknya kegiatan hari ini bisa menjadi contoh untuk diterapkan di tempat tempat ibadah lainnya di Kabupaten Tanah Laut”, ujarnya.

Sementara Ustaz Adlin Putra yang menjadi imam pada jumatan kali ini bersyukur sekali bisa kembali beribadah secara berjemaah.

“Maka dari itu kita tidak boleh menyepelekan [pandemi Covid-19], beribadah tetap jalan namun dengan cara aman dari penyebaran virus dengan menerapkan protokol Covid-19, sinergi hari ini dari Kodim 1009, Polres Tala, PMI dan dinas terkait adalah salah satu bentuk kegotong royongan dalam memutus mata rantai penyebaran covid 19,” ujarnya.

Hal yang sama juga dijalankan di Masjid Agung Syuhada Pelaihari sejak awal telah diberi tanda silang untuk tidak di tempat atau tetap jaga jarak.

“Tanda itu agar jemaah tetap jaga jarak, selain itu tetap pakai masker dan bawa sajadah sendiri. Apabila tidak ada masker maka panitia akan memberi masker. Kecuali kalau habis terpakasa harus kembali,” ujar Pengurus Masjid Syuhada H Kamarizzaman, kepada apahabar.com.

Dalam khutbah Jumat yang disampaikan sangat singkat pun demikian dengan bacaan salat.

“Begitu selesai Jumatan tidak ada bersalaman jemaah langsung pulang,”katanya.

Rafik, salah satu jemaah bersyukur bisa kembali melaksanakan Jumatan bersama. Namun demikian dirinya tetap berhati-hati sebab saat ini wabah covid semakin tinggi.

“Makanya setelah selesai salat langsung pulang tidak ada interaksi antarjemaah untuk menjaga diri dari wabah Covid-19,” sebutnya.

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Reporter: Ahc14 - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Pasien Covid-19 Jorong Meninggal Dunia Pria Paruh Baya
apahabar.com

Kalsel

RDP Agency Kembali Bisa Torehkan Prestasi
Puncak Pandemi

Kalsel

Puncak Pandemi, Berapa Limbah Infeksius Covid-19 di Kalsel?
apahabar.com

Kalsel

54 Warga HST Terserang DBD
apahabar.com

Kalsel

Berbagai Bingkisan untuk Anak Yatim, Bang Dhin Titip Pesan
apahabar.com

Kalsel

Gelar Sispamkota, Polres HSS Terjunkan Ratusan Petugas
apahabar.com

Kalsel

Perintah Jokowi ke Luhut Fokus Tangani Covid-19 di Kalsel dan 8 Provinsi Lainnya
apahabar.com

Kalsel

Sidak PNS Bolos, Bupati Balangan Siapkan Sanksi Tegas
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com