Kronologi Lengkap 2 Bocah asal Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi Belum Tentu Dibekap Sang Ibu, Biang Kematian 2 Bocah Benawa HST Jadi Misteri 16 Hari Anti-Kekerasan, Aktivis Perempuan Kampanyekan Kesetaraan Gender di Banjarmasin Suhu Tubuh Tinggi, Wali Kota Samarinda Positif Covid-19 Inalillahi, 2 Bocah di Batu Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi

Jokowi Apresiasi Kepala Daerah Berhasil Tekan Angka Covid-19

- Apahabar.com Rabu, 24 Juni 2020 - 15:31 WIB

Jokowi Apresiasi Kepala Daerah Berhasil Tekan Angka Covid-19

Presiden Jokowi. Foto-Biro Pers Setpres/Muchlis Jr

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi apresiasi kepala daerah yang berhasil menekan pertumbuhan kasus positif Covid-19 dan kematian di daerahnya.

“Saya sangat mengapresiasi gubernur, bupati, wali kota, satuan gugus tugas di daerah yang telah berhasil menekan kasus di daerahnya, menekan angka kematian di daerahnya,” kata Jokowi saat konferensi pers di Istana Merdeka, Jakarta seperti dilansir Republika.co.id, Rabu (24/6).

Jokowi menyampaikan, pemerintah telah memiliki sistem informasi yang terintegrasi yakni bersatu lawan covid, yang berfungsi sebagai navigasi negara dalam memahami perkembangan covid yang selalu berubah setiap harinya.

Melalui sistem ini, lanjut Jokowi, pemerintah bisa menentukan zonasi tingkat penularan covid serta mengetahui berapa daerah yang status keamanannya telah berubah.

“Dengan sistem ini juga kita bisa mengetahui berapa kabupaten, berapa kota, berapa provinsi yang berubah statusnya dari hijau menjadi kuning, dari hijau menjadi oranye, hijau menjadi merah. Atau sebaliknya berubah dari merah menjadi oranye, dari merah menjadi kuning, dan dari merah menjadi hijau,” jelas dia.

Melalui sistem informasi yang terintegrasi tersebut, pemerintah memiliki data-data yang akurat. Ia mengatakan, setiap kebijakan yang diambil oleh pemerintah pun berdasarkan pada data ilmu pengetahuan dan meminta saran kepada para ahli ilmu pengetahuan.

Jokowi menyampaikan ancaman penularan virus covid-19 hingga kini masih belum berakhir. Angka penambahan kasus baru pun masih terus terjadi di beberapa daerah, bahkan tak sedikit daerah yang angka positifnya justru semakin tinggi.

Menurutnya, peran masyarakat lah yang sangat penting untuk menekan angka kenaikan kasus baru tersebut.

“Beberapa hari terakhir ini penambahan kasus positif covid masih meningkat di beberapa daerah dan 1,2,3 provinsi masih tinggi angka positifnya. Masyarakat lah yang berperan besar dalam menekan jumlah kasus dan mencegah penyebaran covid,” pungkasnya.(Rep)

Editor: Aprianoor

Editor: Uploader - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

6 Orang Meninggal Akibat Banjir Sungai Sempor, 4 Teridentifikasi
apahabar.com

Nasional

Jokowi Hadiri KTT ASEAN-RoK di Busan Korsel
apahabar.com

Nasional

Pengamat: Jokowi Bisa Tolak Pembahasan Revisi UU KPK
apahabar.com

Nasional

Empat Anak Tewas Tertimbun Tanah Galian, Tujuh Pekerja Ditahan
apahabar.com

Nasional

Cerita Mencekam Saksi Hidup Penembakan di Trans Papua
apahabar.com

Nasional

Hari Disabilitas 2018: Banjarmasin Tak Ramah untuk Kaum Difabel
apahabar.com

Nasional

Rocky Gerung Berulah, Mahfud Md: Saya Tidak Tertarik Omongannya
apahabar.com

Nasional

Heli Bawa Teknisi Tower BTS Ditembak di Papua, Pelaku Diduga KKB
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com