Siap-Siap, Ditlantas Polda Kalsel Bakal Uji Coba Tilang Elektronik Usai Banjir Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir Tahap 3, Belasan Koli Vaksin Covid-19 Tiba di Kalsel

Jumat Depan, Tempat Ibadah di Balangan Mulai Dibuka

- Apahabar.com Selasa, 2 Juni 2020 - 15:40 WIB

Jumat Depan, Tempat Ibadah di Balangan Mulai Dibuka

Pemkab Balangan bersama Forkopimda dan jajaran MUI, dewan masjid, Kemenag, dan organisasi keagamaan menggelar rapat di Aula Benteng Tundakan, Selasa (02/06). Foto-Istimewa

apahabar.com, PARINGIN – Setelah sempat dihentikan karena Covid-19, aktivitas ibadah masyarakat di masjid dan musala di Kabupaten Balangan akan dibuka kembali.

Itu setelah Pemkab Balangan bersama Forkopimda dan jajaran MUI, dewan masjid, Kemenag, dan organisasi keagamaan menggelar rapat di Aula Benteng Tundakan, Selasa (02/06).

Dalam rapat yang dipimpin Bupati sekaligus Ketua Tim GTPP Covid-19 Balangan H Ansharuddin, beberapa poin menjadi bahan pertimbangan.

Salah satunya yakni pembukaan kembali masjid untuk menggelar salat wajib maupun salat Jumat.

“Jadi, intinya tempat ibadah seperti masjid yang sudah siap secara protokol kesehatan mulai Jumat (5/6) depan, kita persilakan untuk dibuka,” sebut Bupati Balangan H Ansharuddin.

Dia menuturkan tidak ada pihak yang bisa memprediksikan kapan pandemi Covid-19 berakhir. Karenanya, pemerintah menganggap new normal memang harus mulai dijalankan.

“Oleh karena itu, kita rapat bersama sebagai upaya untuk menjalani new normal. Salah satu yang kita bahas dan sepakati, yakni mengizinkan kembali pelaksanaan ibadah di masjid dan rumah ibadah lainnya dengan standarisasi protokol kesehatan yang harus dipatuhi,” katanya.

Berdasarkan protokol kesehatan yang berlaku, tempat ibadah yang dibuka pada masa kenormalan baru tetap harus dilengkapi dengan tempat cuci tangan, ada pemeriksaan thermo gun, hand sanitizer, diberi jarak antarjemaah, dan seluruh jamaah wajib menggunakan masker.

Rencananya, surat edaran bersama anatara Pemkab Balangan, MUI dan Kemenag Balangan juga akan segera dibuat.

Ketua MUI Balangan KH M Yusuf mengatakan pihaknya menyambut baik new normal dalam bidang keagamaan, ibadah, dan tempat ibadah. Salah satunya mengatur adanya pembatasan jumlah jemaah.

“Namun harus mengacu kepada protokol kesehatan yang sudah diatur pemerintah atau Tim TGPP Covid-19,” ujarnya.

Editor: Puja Mandela

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Balangan

Menjelang New Normal, Polisi di Balangan Gencarkan Patroli
apahabar.com

Balangan

Capai Kesepakatan, Perubahan APBD TA 2020 Dapat Segera Dilaksanakan
DPRD

Balangan

Paripurna DPRD Balangan Tetapkan Propemperda 2021
apahabar.com

Balangan

Plt Gubernur dan Tim Satgas Covid-19 Pemprov Kalsel Kunjungi Balangan
apahabar.com

Balangan

Deklarasi Damai Tolak Unjuk Rasa Anarkis di Balangan
apahabar.com

Balangan

Lagi, 5 Desa Dapat Fasilitas Internet Diskominfo Balangan
Dinkes

Balangan

Dinkes Balangan Survei Kualitas Air Minum Rumah Tangga
PGRI XXII

Balangan

Konferensi PGRI XXII, Bupati Balangan Memotivasi Peningkatan Mutu Pendidikan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com