Tim Macan Kalsel Gerebek Wanita Buronan Kasus Penggelapan Kapal Indef: Setahun Jokowi-Ma’ruf Amin ULN Melonjak, Setiap Penduduk Warisi Utang Rp 20,5 juta Demo di Pelaihari Berbuntut Laporan Polisi, Sekda Tala Minta Maaf Harga Tiket Bioskop XXI Duta Mall Banjarmasin Turun, Simak Daftar Lengkapnya Kedai Terapung, Unggulan Wisata Baru di Barito Kuala

Kemarau Diprediksi Awal Juli, Pemkab Banjar Bersiap Hadapi Karhutla

- Apahabar.com Rabu, 17 Juni 2020 - 07:50 WIB

Kemarau Diprediksi Awal Juli, Pemkab Banjar Bersiap Hadapi Karhutla

Apel pengecekan pasukan sarana dan prasarana penanggulangan Karhutla di halaman Polres Banjar, Senin (15/6). Foto-istimewa.

apahabar.com, MARTAPURA – Musim kemarau diprediksi bakal tiba awal Juli mendatang. Pemkab Banjar bersama Forkopimda mulai bersiap menghadapi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Jika berkaca pada karhutla yang terjadi pada 2019, kasusnya mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun 2018.

Untuk itu, tim gabungan penanggulangan Karhutla dari Polres Banjar, Kodim Martapura, BPBD, Damkar, Manggala Agni, dan PMI menggelar apel kesiapsiagaan Karhutla 2020 di halaman Mapolres Banjar, Senin (15/6).

“Kita masih punya waktu untuk mengevaluasi lagi Karhutla tahun lalu,” ujar Sekda Banjar HM Hilman usai memimpin apel.

Apel tersebut sekaligus penegecekan sarana prasarana (sarpras) penanggulangan Karhutla.

Hilman mengatakan apel digelar untuk membangun soliditas dan sinergisitas sekaligus wujud kesiapan pasukan untuk cepat tanggap dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan.

Juga untuk mengetahui jumlah kekuatan dan sarana prasarana yang digunakan serta mengecek keterampilan dan penguasaan peralatan.

Hilman berpesan untuk terus meningkatkan lagi kewaspadaan, serta terus berupaya melakukan pencegahan terhadap potensi kebakaran yang akan mungkin terjadi.

“Semua pihak harus berperan aktif dalam mencegah hal yang dapat memicu timbulnya bencana dengan cara melakukan penyuluhan, sosialisasi, kampanye, termasuk memastikan kekuatan pasukan dan penguasaan peralatan yang digunakan dalam penanganan karhutla,”ucap Sekda Banjar.

Sementara Kapolres Banjar, AKBP Andri Koko Prabowo menyiapkan sebanyak 600 personil anggotanya yang dilengkapi 74 unit kendaraan roda dua dinas yang modifikasi dengan mesin pompa air.

“Kita sudah jauh hari telah menyiapkan pasukan dan sarpras untuk penanggulangan karhutla di tahun ini, bahkan motor dinas sudah kami modifikasi dengan tambahan selang saluran air untuk penyemprotan,”jelas Kapolres Banjar.

Dandim 1006/Martapura, Letkol Arm Siswo Budiarto, menjelaskan pihaknya menyiapkan semua personil TNI sebanyak 350 orang yang nanti disebar di dua wilayah, yakni Kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru.

“Kita sudah memiliki data dan mengetahui beberapa kendala sesuai evaluasi tahun lalu. Semuanya akan dimaksimalkan untuk menanggulangi Karhutla,” kata Dandim.

Sementara Kepala BPBD Banjar, HM Irwan Kumar akan menyiapkan posko pusat bencana untuk memudahkan para personil gabungan dalam berkoordinasi dalam penanggulangan Karhutla.

“Ya pihak kita sudah menyiapkan personel maupun relawan dan nantinya juga akan disiapkan posko pusat dan posko lainnya untuk memudahkan para personil gabungan, juga relawan dalam berkoordinasi tentang penanggulangan karhutla di wilayah kabupaten Banjar,” pungkasnya.

Editor: Puja Mandela

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kabupaten Banjar

Rapat Paripurna Penyampaian LKPj, Bupati Banjar Paparkan Prestasi Tahun 2019
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Darurat Corona, Pemkab Banjar Gelar Rapat Dadakan
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Buku Saku Covid-19 Bahasa Banjar Sudah Tersedia di Aplikasi iMartapura
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Bupati Banjar Serahkan BLT Dana Desa Covid-19 Secara Simbolis
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Doa Guru Khalil untuk Almarhum Nadjmi Adhani
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Hasil Verfak Belum Keluar, KPU Banjar Sebut Dukungan Calon Perseorangan ‘Rontok’ di Vermin
apahabar.com

Kabupaten Banjar

20 Persen Warga Kabupaten Banjar Tak Paham Protokol Covid-19
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Dispersip Banjar Boyong 4 Piala Lomba Bercerita Tingkat Provinsi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com