Kondisi Seseorang Ditunda atau Gagal Vaksinasi Covid-19, Simak Penyebabnya SENGKETA Pilgub Kalsel, Eks Hakim MK: Paslon Suara Terbanyak Kedua Bisa Menang Temui AHY, Mantan Panglima GAM Muzakir Manaf Beri Dukungan Moril untuk Demokrat AJI Biro Banjarmasin Resmi Berdiri, Kasus Kekerasan Pers Jadi Atensi  2 Petani Tapin Terjerat Sabu 9 Kg, Polda Kalsel: Jaringan Besar

Kembali Pertahankan Opini WTP, Wabup HST: Jadikan Motivasi

- Apahabar.com Rabu, 17 Juni 2020 - 07:59 WIB

Kembali Pertahankan Opini WTP, Wabup HST: Jadikan Motivasi

Wabup Berry menandatangani berita acara penyerahan LHP BPK RI terhadap LKPD HST 2019 di Auditorium Kantor Bupati, Selasa (16/6). Foto-Prokom HST for apahabar.com.

apahabar.com, BARABAI – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST) kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada 2020 ini dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Opini WTP yang diraih itu berkat Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Anggaran 2019 yang dikelola serius oleh Pemkab HST.

Penyerahan LHP-LKPD dilakukan melalui video conference (vicon) oleh BPK Perwakilan Kalimantan Selatan (Kalsel) yang diikuti secara serentak oleh 13 kabupaten/kota se Kalsel, Selasa (16/6).

Wakil Bupati HST, Berry Nahdian Forqan mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen Pemkab yang telah bekerja keras mempertahankan predikat WTP pada 2020.

Dia meminta keberhasilan pencapaian itu dapat jadikan motivasi agar kinerja pemerintahan lebih baik dan harus bebas dari korupsi.

“Terus berusaha agar capaian ini terjaga dan kita perketat pengawasan dan sistem pengelolaan keuangan dengan benar agar tepat sasaran,” pesan Berry kepada ASN usai menandatangani berita acara penyerahan LHP-LKPD HST 2019 itu di Auditorium Setda HST.

Saat vicon, Kepala Perwakilan BPK RI Kalsel, Tornanda Syaifullah menyampaikan fokus audit LKPD 2019 adalah pemeriksaan kas, baik pada Kas Umum Daerah maupun Kas Dana BOS dan BLUD.

WTP juga diberikan kepada kabupaten/kota yang sudah sesuai dengan standar akuntansi pemerintah, kecukupan pengungkapan, efektifitas sistem pengendalian intern dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

“Sesuai dengan amanat undang-undang, diberikan waktu 60 hari sebagai masa aksi tindak lanjut atas temuan pemeriksaan,” tutup Tornanda.

Apahabar.com

Penyerahan LHP-LKPD dilakukan melalui vicon oleh BPK Perwakilan Kalsel, Selasa (16/6). Foto-Prokom HST for apahabar.com.

Dia berharap pemerintah di kabupaten tetap meningkatkan kualitas laporan keuangan, meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, meningkatkan PAD dan melepaskan ketergantungan pada pemerintah pusat.

Untuk diketahui, Pemkab HST satu-satunya kabupaten dari 13 kabupaten/kota se Kalsel yang tak meraih WTP pada 2018. Sebab LKPD pada 2017 hanya meraih Opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dari BPK RI.

Pada 2018, Pemkab HST menunjukkan keseriusannya dalam mengelola keuangan daerah. Hasilnya Opini WTP diraih pada 2019.

Turut hadir dalam kegiatan penyerahan LHP LKPD secara vicon, Ketua DPRD HST, Kepala BPKAD HST, Inspektur HST, Direktur RSUD H Damhuri Barabai dan SKPD terkait lainnya.

Editor: Puja Mandela

Editor: Reporter: HN Lazuardi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Menyongsong New Normal di HST, Sosialisasi Protokol Kesehatan Gencar Dilakukan
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Tri Pimpin Kadin, Berry Nahdian Minta Bangun Kebersamaan Majukan Ekonomi di HST
Alquran

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Bikin Bangga, 3 Pembaca Alquran di HST Diganjar Bupati Bonus Puluhan Juta
apahabar.com

HST

Kekuatan ‘B 654 M’ Bertambah, 5 Unit BPK Resmi Bergabung
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Ernawati Berharap Ada Inovasi Pada Harjad ke-61 HST
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Pemkab HST Gelar Bimtek RBA BLUD RS H Damanhuri
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Ainur Rafiq Harapkan Tokoh Muda Islam HST Peka Isu Sosial
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Kepiawaian Penari Sanggar Ading Bastari di Surakarta Pukau Bupati HST
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com