Happy Wedding! Plt Gubernur Kalsel Resmi Nikahi Pramugari KH Miftachul Achyar Terpilih Jadi Ketua Umum MUI, Gantikan Ma’ruf Amin Misteri 2 Bocah Dibunuh Ibu Depresi di Benawa HST, Saksi Kunci Buka Suara! Oknum Simpatisan Terjerat Sabu di Kotabaru, FPI Bantah Anggotanya Cabuli Murid, Oknum Guru Olahraga di SD Banjarbaru Langsung Dipecat!

Komisioner dan Staf Bawaslu Banjarmasin Di-Rapid Test, Apa Hasilnya?

- Apahabar.com Senin, 29 Juni 2020 - 19:43 WIB

Komisioner dan Staf Bawaslu Banjarmasin Di-Rapid Test, Apa Hasilnya?

Komisioner dan Staf Bawaslu Banjarmasin di-rapid test. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Di tengah pandemi Covid-19, bentuk kesiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 wajib dimatangkan dengan menjalani rapid test.

Kali ini giliran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Banjarmasin menjalani rapid test di Puskesmas Terminal pada Senin (29/6).

Demi mengawasi tahapan Pilkada, sebanyak 15 orang yang terdiri dari komisioner dan staf ini memeriksa gejala virus Corona.

Kordiv Hukum, Humas, dan Datin Bawaslu Kota Banjarmasin, Munawar Khalil mengungkapkan rapid test ini adalah kewajiban bagi personel penyelenggara Pilkada Tahun 2020.

Di antaranya yang menjadi dasar kita adalah surat dari Ketua Bawaslu RI No0210/K.Bawaslu/TU.00.01/VI/2020 Perihal Penjelasan Tambahan Surat Edaran Ketua Bawaslu RI No 0207/K.Bawaslu/TU.00.01/VI/2020.

“Untuk hasilnya masih menunggu pemberitahuan resmi dari puskesmas yang menangani. Tapi hasil sementara semuanya negatif,” ujarnya.

Dia menjelaskan, rapid test merupakan semacam metode skirining awal untuk mendeteksi antibody yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus Corona.

Diketahui, selain dari jajaran Bawaslu, kewajiban rapid test tersebut berlaku bagi jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku penyelenggara pemilu.

Rapid test wajib sebelum melakukan tugas lapangan seperti dalam waktu segera ini, sesuai tahapan Pilkada 2020, melaksanakan verifikasi faktual atas dukungan warga masyarakat terhadap bakal pasangan calon perseorangan.

“Sebenarnya tidak hanya rapid test, petugas verifikasi dan pengawas juga wajib menerapkan protokol kesehatan, mulai memakai masker dan sarung tangan hingga memakai face shield dan membawa cairan sanitizer atau serta sesering mungkin mencuci tangan, juga selalu menjaga jarak dengan orang lain,” ungkapnya.

Editor: Syarif

Editor: Reporter: Bahaudin Qusairi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Siang ini, Hujan Intensitas Sedang hingga Lebat Bakal Guyur Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Tantang Paman Birin, Gerindra Kalsel Inginkan Julak Abidin
apahabar.com

Kalsel

Pekan Lingkungan Hidup Diikuti 10 Sekolah Adiwiyata di Balangan
apahabar.com

Kalsel

Kotabaru Siapkan Langkah Strategis Cegah Karhutla
apahabar.com

Kalsel

804 Pemasangan APK di Banjarmasin Diduga Melanggar Ketentuan, Kecamatan Ini Terbanyak
apahabar.com

Kalsel

Jika Pandemi Covid-19 Usai, Ini Tempat Wisata Rekomended di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

PDAM Bandarmasih Ngotot Jadi BUMD, Penyertaan Modal Jadi Ganjalan
apahabar.com

Kalsel

TGTPP Provinsi Monitoring dan Evaluasi Penanganan Covid-19 di Tanbu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com