Pembunuhan Wakar di Kelayan B Sudah Direncanakan, Pelaku Khilaf karena Luka Lama Debat Ke-2 Pilbup Tanbu: “Wakil Komitmen” HM Rusli Bikin Bingung Alpiya, Mila Karmila Speechless PN Martapura Putuskan Camat Aluh-Aluh Melanggar Netralitas ASN Kembali, Duta Zona Selatan Batola Memenangi Atak Diang Kawal Pilkada Serentak, Polda Kalsel Komitmen Tegakkan Netralitas

Kunjungi Kampung Tangguh di Tanbu, Kapolda Kalsel Ungkap 5 Strategi Penanganan Covid-19

- Apahabar.com Sabtu, 27 Juni 2020 - 15:05 WIB

Kunjungi Kampung Tangguh di Tanbu, Kapolda Kalsel Ungkap 5 Strategi Penanganan Covid-19

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan Irjen Pol Dr Niko Afinta, SIK, SH, MH bersama Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah melakukan kunjungan kerja ke Kampung Tangguh Banua, Kabupaten Tanah Bumbu. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan Irjen Pol Dr Niko Afinta, SIK, SH, MH bersama Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah melakukan kunjungan kerja ke Kampung Tangguh Banua, Kabupaten Tanah Bumbu, Rabu (25/6).

Ada dua Kampung Tangguh Banua yang dikunjungai oleh Kapolda Kalsel beserta rombongan, yakni di Desa Mekar Jaya dan Desa Batulicin Irigasi.

Kedatangan Kapolda Kalsel beserta rombongan yang terdiri dari Pejabat Utama Polda Kalsel, PLT Kepala BPBD Kalsel dan Asisten I Pemerintahan Setda Provinsi Kalsel Ir. H. Sugian Noorbah disambut langsung oleh Bupati Tanbu, Kapolres Tanbu, Dandim 1022/Tnb, Danlanal Kotabaru, Wakapolres dan Pejabat Utama Polres Tanbu serta Forkopimda Kabupaten Tanbu.

Dalam kunjungan kerja itu, Niko memberikan apresiasi kepada masyarakat Desa, TNI-POLRI, dan Pemda dalam pembentukan Kampung Tangguh Banua khususnya di Desa Mekar Jaya dan Desa Batulicin Irigasi.

Kapolda pun merasa bangga sebab semua warga masyarakat turut mendukung pelaksanaan Kampung Tangguh ini, sehingga semuanya dapat berjalan dengan luar biasa seperti Pemberdayaan masyarakat, ketahanan pangan, kesiapan kelengkapan Kampung Tangguh dengan harapan bisa menjadi contoh bagi kampung-kampung tangguh lainnya.

Dia mengingatkan pada warga bahwa yang terpenting dalam menangani Pandemi Covid-19 ini adalah ‘Disiplin’.

Orang nomor satu di Polda Kalsel ini pun menekankan bahwa kunjungan ini adalah untuk mendorong, memberikan petunjuk dan arahan pembentukan Kampung Tangguh dengan memperhatikan 5 (Lima) strategi penanganan Covid-19, di antaranya Peningkatan kapasitas PCR, Peningkatan kapasitas RS dan Balai Karantina, pembuatan Kampung Tangguh (Desa menjadi Garda terdepan dalam menghadapi Covid-19), operasi penegakan disiplin protokol kesehatan (Disiplin menjadi obat bagi kita) serta efisiensi anggaran untuk Covid-19.

Kapolda menegaskan pihaknya selalu mendorong dan mendukung setiap kegiatan dari Pemerintah dari tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota sampai Desa.

“Sebagaimana yang dilaksanakan hari ini, saya bersama Danrem dan Asisten I Provinsi Kalsel mengunjungi Desa-Desa yang berada di Kabupaten Tanah Laut dan Tanah Bumbu, kita melihat seluruh Desa sudah melaksanakan mekanisme terkait Kampung Tangguh dan prosedur penanganan Pandemi Covid-19,” tuturnya dalam ketarangan tertulis yang diterima apahabar.com, Sabtu (27/6).

Selain itu, Kapolda juga melihat kesiapan pangan yang ada di Desa tersebut dan berharap apa yang sudah di persiapakan dapat berjalan dengan baik, terlebih seluruh masyarakat ikut serta dalam program Kampung Tangguh tersebut.

“Saya berharap semua Desa di wilayah Kalsel ada Kampung Tangguhnya, sehingga dengan adanya Kampung Tangguh ini benar – benar menjadi basis kita semua untuk melawan maupun menghadapi dan menjaga diri kita dan masyarakat dari Virus Corona,” jelasnya.

Menurut Niko, Kampung Tangguh yang sudah terbentuk ini bukan sekedar ada penjagaan, cek suhu maupun lumbung pangan. Tapi, Kampung Tangguh harus benar–benar tangguh, baik di bidang sosial, ekonomi, keamanan maupun kesehatan.

Selain itu, Kampung Tangguh menjadi garda terdepan untuk memberikan pertolongan kepada masyarakat, sehingga angka kematian bisa dikurangi dan angka kesembuhan bisa ditingkatkan agar bisa menyongsong New Normal Life.

“Jangan sampai nanti ada warga desanya yang terkonfirmasi positif Corona diam–diam saja, tapi segera dimonitor melalui Kampung Tangguh ini agar segera ditangani dan diambil tindakan untuk perawatan,” pungkasnya.

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Lagi, Warga Kotabaru Geger Penampakan Buaya Raksasa
apahabar.com

Kalsel

KH Ma’ruf Amin Datang, 311 Personel Amankan Jalur Lalu Lintas
apahabar.com

Kalsel

Pansus DPRD Banjarmasin Godok Raperda Kemetrologian
apahabar.com

Kalsel

Update 4 April di Kalsel: PDP Covid-19 Berkurang 1 Orang
apahabar.com

Kalsel

Fokus Diversifikasi Pangan, Target Kurangi Konsumsi Beras
apahabar.com

Kalsel

Angker, Jalan Trans Kalsel-Kaltim Desa Kembang Kuning Tabalong Ternyata Pernah Makan Korban Jiwa
apahabar.com

Kalsel

Selepas Bahas 3 Raperda Usulan Wali Kota, DPRD Banjarbaru Segera Bentuk Pansus
apahabar.com

Kalsel

Menpan RB Tjahjo Kumolo Soroti Peserta Tes CPNS Gunakan Jimat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com