Misteri 2 Bocah Dibunuh Ibu Depresi di Benawa HST, Saksi Kunci Buka Suara! Ketuanya Buron, Joko Pitoyo Ambil Alih Nasdem Tanah Laut Laporan Denny Rontok di Bawaslu Pusat, Tim BirinMu Endus Motif Lain Inalillahi, 2 Bocah di Batu Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi Alasan Mencengangkan Disdik Mengapa Anak SMP di Banjarmasin Harus Sekolah Tatap Muka

Maklumat Polri Tentang Kerumunan Dicabut, Bagaimana Penerapannya di Kabupaten Banjar?

- Apahabar.com Senin, 29 Juni 2020 - 11:07 WIB

Maklumat Polri Tentang Kerumunan Dicabut, Bagaimana Penerapannya di Kabupaten Banjar?

Kabag Humas Polres Banjar, Iptu H Suwarji. Foto-Istimewa.

apahabar.com, MARTAPURA – Kapolri Jendra Indham Azis mencabut maklumat terkait larangan dan upaya pembubaran terhadap kerumunan orang banyak terkait pencegahan Covid-19.

Pencabutan Maklumat itu setelah dikeluarkannya surat telegram nomor STR/364/VI/OPS.2./2020 tanggal 25 Juni 2020 tentang Perintah Kepada Jajaran Mengenai pencabutan Maklumat Kapolri dan Upaya Mendukung Kebijakan Adaptasi Baru/New Normal.

Lantas, bagaimana penerapannya di daerah. Kapolres Banjar AKBP Andri Koko Prabowo melalui Kabag Humas Polres Banjar, Iptu H Suwarji menerangkan pihaknya sudah mendapatkan surat tentang pencabutan maklumat tersebut.

Suwarji menyebut hal itu berlaku di seluruh daerah. “Dengan dicabutnya Maklumat Kapolri, tugas Polri tetap menghimbau dan mengingatkan kepada masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” ujar Suwarji kepada apahabar.com, Senin (29/6).

Hal ini, lanjut Suwarji, untuk mendukung menerapkan tatanan baru atau New Normal, beradaptasi dengan Covid-19.

“Yaitu selalu mengunakan masker, sering cuci tangan dengan sabun di air mengalir, tetap menerapkan physical distancing atau jaga jarak aman,” ungkapnya.

Ia menambahkan, kendati maklumat sudah dicabut tetapi usaha memutus mata rantai penularan virus Corona tetap dilakukan.

Sebelumnya, Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Argo Yuwono menjelaskan melalui keterangan resmi, Polri mengeluarkan surat telegram no STR/364/VI/OPS.2./2020 tanggal 25 Juni 2020.

Argo menuturkan bahwa dalam telegram itu, setiap anggota kepolisian tetap diminta untuk melakukan pengawasan dan pendisiplinan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Meski demikian, selama pandemi ini, aparat kepolisian tetap diminta untuk menjalin kerja sama lintas sektoral dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Bagi daerah-daerah yang masih menerapkan PSBB/daerah yang masih dalam kategori orange dan merah tetap lakukan pembatasan kegiatan masyarakat sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” kata Argo seperti dikutip dari cnnindonesia.com.

Sebagai informasi, dalam maklumat terdahulu, Kapolri memerintahkan jajarannya agar menindak tegas pihak yang masih membuat acara dan melibatkan banyak orang di tengah wabah Virus Corona.

Kala itu, Idham menyatakan bahwa langkah tersebut akan dilakukan guna memberikan perlindungan terhadap masyarakat secara umum.

Terlebih, pemerintah pusat dan daerah pun telah mengeluarkan kebijakan penanganan virus corona, sehingga Polri akan turut mengambil peran.

“Apabila dalam keadaan mendesak dan tidak dapat dihindari, kegiatan yang melibatkan banyak orang dilaksanakan dengan tetap menjaga jarak dan wajib mengikuti prosedur pemerintah terkait pencegahan Covid-19,” tutur Idham.

Dalam maklumat itu, tercantum bahwa Kapolri meminta agar tidak diadakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak, baik di tempat umum maupun di lingkungan sendiri, yaitu:

1) pertemuan sosial, budaya, keagamaan dan aliran kepercayaan dalam bentuk seminar, lokakarya,
sarasehan dan kegiatan lainnya yang sejenis;
2) kegiatan konser musik, pekan raya, festival, bazaar, Pasar malam, pameran, dan resepsi keluarga;
3) kegiatan olahraga, Kesenian, dan Jasa hiburan;
4) unjuk rasa, Pawai, dan karnaval; serta
5) kegiatan lainnya yang menjadikan berkumpulnya massa.

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Reporter: Hendra Lianor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Perkantoran Rawan Jadi Kluster Covid-19, IDI Keluarkan Imbauan
apahabar.com

Kalsel

Waspadai Hujan Lokal dan Berpetir Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

Menyelisik Ritual Pemakaman Adat Dayak Meratus: Hamburkan Beras Kuning Agar Keburukan Tak Menyertai Peserta Ritual
apahabar.com

Kalsel

Curi Gear Box Klotok, Pria Mantuil Dibekuk Polisi
apahabar.com

Kalsel

Ubah Pola Kerja Petani Banjar, Begini Cara Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Lakukan
apahabar.com

Kalsel

Hendak Transaksi Sabu, Pria di Pelambuan Diringkus Polisi
apahabar.com

Kalsel

DPRD Kalsel Kawal Penyelesaian Pertanahan Desa Ambawang
apahabar.com

Kalsel

Jalan Santai Harlah NU ke 94, Haris Makkie: Olahraga Pakai Sarung Pun Bisa
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com